Prophecy of the Sisters

10809874

Indonesian Cover

Detail buku:
Judul asli: Prophecy of the Sisters
Penulis: Michelle Zink
Penerjemah: Ida Wadji
Tebal: 359 halaman
Penerbit: Penerbit Matahati
Cetakan I, 2011
ISBN: 978-602-8590-26-6

Sinopsis:

Sepeninggal sang ayah, serangkaian kejadian aneh menimpa Lia Milthorpe dan saudara kembarnya, Alice.

Diawali munculnya sebuah tanda di pergelangan tangan Lia dan berubahnya sikap Alice, mereka baru sadar terlibat ramalan kuno yang menyebabkan mereka menjadi musuh satu sama lain.

Dengan bantuan dua sahabatnya, Sonia dan Luisa, Lia mempelajari isi ramalan kuno dan baru menyadari malapetaka yang dapat ditimbulkannya. Mereka harus mencari empat Kunci yang dapat mencegah malapetaka itu. Dan Lia harus segera bertindak, sebelum Alice merintanginya….

Resensi:
Sebuah ramalan dari the Book of Chaos tentang saudara kembar yang nantinya berseteru menjadi ide utama buku ini. Ramalan itu mengenai Sang Gerbang dan Sang Garda dimana keduanya berperan besar terhadap kembalinya Malaikat yang sekaligus iblis dan pemimpin para roh yang tersesat, Samael.

Sang tokoh utama, Lia, sejak awal sudah terlihat berkarakter lebih baik daripada saudara kembarnya, Alice yang di mata Lia menjadi semakin aneh semenjak kematian ayahnya. Lia pun selangkah lebih maju daripada Alice dalam urusan asmara karena dia sudah memiliki kekasih, James, yang beberapa waktu terakhir sempat dipergoki Lia sedang digoda oleh Alice. Namun apakah semua seperti yang terlihat? Benarkah Alice memang semisterius itu?

Kemunculan simbol di pergelangan tangan Lia dan beberapa kesamaan yang ditemukannya dengan tidak sengaja pada dua orang teman seangkatannya di sekolah, Sonia dan Lucia membuat Lia semakin terpacu untuk memecahkan misteri simbol tersebut. Terlebih semenjak dia menyadari bahwa dunia antara hidup dan mati itu benar adanya melalui beberapa pengalaman mistisnya.

Lia yang tidak tahu apa-apa dan masih menerka-nerka tentang apa yang sebenarnya terjadi harus menghadapi kenyataan bahwa Alice, sang saudara kembar berada di atas angin karena sudah mengetahui segala ramalan itu sejak masih kecil. Sungguh ironis.

Namun yang lebih ironis lagi adalah dihadirkannya sebuah twist di pertengahan cerita dimana peran Lia dan Alice sebenarnya tertukar karena faktor interupsi dokter yang membantu kelahiran keduanya. Jadi bisa dibayangkan bagaimana Sang Garda yang seharusnya menjaga kedamaian di bumi malah memilih mengambil peran Sang Gerbang yang sebenarnya enggan membuka jalan bagi para roh tersesat untuk kembali ke bumi.

Buku pertama ini diakhiri dengan pencarian ‘kunci’ yang sebenarnya sudah dibahas sejak pertengahan cerita untuk segera ditemukan karena menjadi salah satu elemen penting dalam terwujudnya ramalan Dua Saudari tersebut. Terlebih dengan kenyataan bahwa Alice lebih memilih berpihak kepada Iblis daripada membantu saudara kembarnya, Lia.

Saat menyelesaikan buku ini komentarku hanya satu: “Kok hanya segini?” Buku pertama ini benar-benar hanya menyajikan sepenggal kisah dasar yang terasa hanya seperti prolog untuk buku selanjutnya yang tidak sabar untuk kubaca.

Beberapa hal yang cukup menggangguku adalah sudut pandang Lia yang mau tidak mau mengajak kita untuk memandang negatif kepada Alice yang diceritakan selalu bersikap misterius. Pun ketika beberapa misteri tentang simbol terkuak dan Lia menuduh Alice, aku merasa hal itu terkesan terlalu hitam putih. Mengapa sejak awal Alice menjadi tersangka utama Sang Gerbang? Untunglah twist di pertengahan cerita yang sudah kutebak sebelumnya cukup menyelamatkan buku ini dari kesan hitam lawan putih yang terlalu terang-terangan.

Hal lain yang cukup menggangguku adalah betapa tak kusadari bahwa setting buku ini berada di New York pada tahun 1890-an. Mungkin itu semua karena bahasa yang digunakan terkesan modern dan deskripsi settingnya banyak mengingatkanku pada perdesaan kecil di Inggris. Apalagi aku baru menyadarinya di akhir-akhir cerita. Sungguh terlalu.

Sensasi rasa untuk buku ini: 3/5

2 thoughts on “Prophecy of the Sisters

    • terlalu banyak materi yang ingin disajikan jadi rasanya padat banget. cukup bingung dengan ramalan dan petunjuk tetang kunci karena semua berasa ujug2 muncul saja😛

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s