Abandon – Yang Terpilih

Indonesian Cover

Detail buku:
Judul asli: Abandon (Abandon Trilogy #1)
Penulis: Meg Cabot
Penerjemah:
Tebal: 320 halaman
Penerbit: PT. Gramedia Pustaka Utama
Cetakan I, 2012
ISBN: 978-979-22-875-85

Sinopsis:

Pierce Oliviera tahu rasanya mati

Pasca kecelakaan, yang membuatnya nyaris mati, Pierce Oliviera berusaha membuka lembaran baru. Namun, bahkan setelah Pierce pindah ke kota kecil dan masuk ke sekolah baru, John Hayden selalu saja muncul. Kemunculan cowok itu tak pernah bisa diduga, tapi selalu terjadi tepat ketika Pierce amat membutuhkannya.

Dua hal yang diketahui Pierce dengan pasti: John tak mudah ditolak, dan dia bukan makhluk biasa.

Dan jika membiarkan diri jatuh cinta pada John, Pierce mungkin bakal melewatkan keabadian di suatu tempat yang tak ingin ia datangi lagi. Dunia tempat roh-roh singgah sebelum melanjutkan perjalanan mereka. Dunia John: Underworld.

Resensi:
Buku dengan sosok seorang wanita berbaju putih terbaring di sampul depan yang didominasi warna hitam dan hiasan sulur bunga warna emas gelap ini mengambil tema cinta beda dunia. Bukan dunia vampir-manusia, juga bukan dunia werewolf-manusia, namun dunia manusia-dewa kematian.

Adalah seorang Pierce yang sejak kecil sudah bisa melihat keberadaan John, seorang dewa kematian yang di kemudian hari

menyelamatkannya dari kematian di usia 16 tahun. Sebagai bayaran atas kebangkitannya kembali Pierce harus menemani John di underworld, namun karena belum siap dengan konsekuensi tinggal di undeworld, Pierce melarikan diri dan bangkit dari kematian dengan membawa cinderamata, kalung berbandul berlian yang kata John bisa melindunginya dari pengaruh roh jahat.

Alternative Cover

Ketika akhirnya Pierce dan ibunya pindah ke Island of Bones, Pierce menghadapi kenyataan bahwa di tanah kelahiran ibunya inilah

salah satu letak underworld berada dan dia bertemu kembali dengan John yang menuntut haknya sebagai balasan membebaskan Pierce dari kematian. Hal ini tentu saja membuat panik Pierce yang memang ingin menjauh dari segala hal yang berbau mistis di sekitarnya, termasuk seorang pria asing dari dunia yang seakan tak nyata.

Selain fokus cerita tentang John yang membayangi hidup Pierce, dikisahkan juga kehidupan Pierce semenjak pindah ke kota kelahiran ibunya. Sebagai salah satu anggota keluarga Oliviera cukup dikenal di kota itu, segala tingkah laku Pierce seperti diawasi, terlebih setelah sebelumnya dia menimbulkan banyak masalah di sekolah lamanya yang sebetulnya terkait juga dengan keberadaan John.

Pierce ditempatkan di gedung khusus untuk anak-anak bermasalah sehingga terjadi kesenjangan dengan anak-anak populer yang memandang sebelah mata kepada mereka. Namun sebuah tradisi di Island of Bones membuat Pierce cukup diterima dalam pergaulan anak-anak populer tersebut yang nantinya cukup membuat saudara sepupu Pierce marah kepadanya.

Kematian salah seorang yang dikenalnya membuat Pierce harus benar-benar menerima kenyataan bahwa dirinya dalam bahaya sejak bertemu kembali dengan John. Sebuah kejutan lain pun harus dihadapi Pierce setelah akhirnya dia mengetahui rahasia underworld dan keberadaan Fury, musuh John yang mengejarnya karena dia terhubung dengan John. Kalung yang semula dihindarinya ternyata memberi perlindungan seperti yang dijanjikan oleh pria itu, bahkan kalung itulah yang akhirnya membuat Pierce mampu membedakan siapa musuh dan siapa kawan.

Karena buku ini merupakan buku pertama dari sekian buku berikutnya yang akan terbit, kisah Pierce terpaksa harus terputus dengan cerita yang cukup menggantung di akhir buku ini, membuat pembaca tidak sabar menantikan buku keduanya karena masih banyak misteri yang belum terungkap terkait dengan keberadaan John dan Pierce di kemudian hari.

Di bagian akhir buku diceritakan bahwa Meg Cabot, penulis buku ini mengambil ide cerita Abandon dari legenda Yunani, Hades-Persephone, jadi ya bisa dikatakan ini adalah Hades-Persephone versi modern yang tentu saja dikembangkan dengan baik oleh sang penulis.

Sensasi rasa untuk buku ini: 3/5

Sekilas kata:
Buku ini cukup menjadi selingan ampuh di saat aku bosan dengan buku bergenre historical romance yang banyak bertebaran di toko buku dan rental buku langganan.

3 thoughts on “Abandon – Yang Terpilih

  1. Aku baru baca buku ini. Suka! Lumayan beda dari buku fantasi lain yang biasanya tentang cinta segitiga, trus tokoh utamanya tadinya biasa-biasa aja, nggak tau kalo dia spesial, dsb dsb… Endingnya ngambang banget.

    • awalnya agak bete sama galau-nya si Pierce, tpi harap maklum masi SMAšŸ˜› mana si John juga tanpa warning nyelametinnya sih, terus konsekuensi tinggal di underwolrd itu…*hmpfh*

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s