Gone With The Wind-Part III

Bagian ketiga Gone With The Wind masih mengambil setting di Atlanta pada tahun 1864. Para penduduk kota tersebut tidak pernah merasa kawatir akan serangan para yankee karena mereka percaya pada kepemimpinan Jenderal Johnston. Namun kenyataan berkata lain ketika akhirnya pihak konfederasi harus terpukul mundur oleh serangan Yankee. Atlanta pun tidak lolos dari serangan mereka dan segera saja kota itu lumpuh.

Scarlett sendiri sebenarnya ingin pulang ke Tara, namun kondisi Melly menjelang kelahiran anaknya tidak memungkinkannya untuk meninggalkan saudara iparnya itu begitu saja. Dokter dan orang-orang yang direncanakan membantu pada proses persalinan Melly ternyata berhalangan datang sehingga mau tidak mau Scarlett lah yang harus membantu Melly melahirkan, dibantu oleh Prissy, budak remaja yang memiliki sifat tidak terlalu berbeda dari Scarlett.

Sebuah ironi bagi Scarlett, dimana dia sangat membenci Melly karena telah merebut cinta pertamanya namun dia akhirnya harus membantu wanita itu untuk melahirkan puteranya dan Ashley tepat pada hari serangan para Yankee ke atlanta.

Dengan susah payah Scarlett merencanakan kepulangannya ke Tara sehingga dia meminta Prissy untuk meminta Rhett Buttler untuk mengantar mereka. Di pemberhentian terakhir mereka, Rhett dan Scarlett berselisih sehingga Rhett meninggalkan wanita pujaannya itu untuk bergabung dengan tentara perang, satu hal yang selama ini sangat dibencinya.

Dengan harga diri yang masih tersisa, Scarlett pulang ke Tara untuk menemukan bahwa ayahnya, Gerald menjadi sedikit linglung dan mengabarkan bahwa ibunya, Ellen meninggal sehari sebelumnya karena wabah typhus yang melanda daerah sekitar Tara. Kedua orang saudara Scarlett, Suellen dan Careen pun menderita penyakit yang sama dan belum sembuh total ketika Scarlett datang. Kondisi Tara sepeninggal Ellen menjadi kacau balau, keseluruhan perabot dan cadangan makanan sudah habis dibawa para yankee, yang tersisa hanyalah beberapa ekor babi, sapi, dan ayam, serta ubi dan makanan lain yang nantinya akan diambil manfaatnya oleh Scarlett karena keterbatasan sumber makanan yang tersedia di rumahnya.

Beberapa waktu kemudian perjuangan Scarlett untuk mengembalikan kondisi Tara mulai menampakkan hasil, perlahan Tara kembali ‘hidup’ setelah Scarlett turun langsung bekerja memetik kapas dan melakukan berbagai pekerjaan yang di masa lalu pasti tidak akan pernah dia lakukan. Demi Tara apapun Scarlett lakukan karena tanah itulah satu-satunya miliknya saat ini.

Keberadaan Tara sebagai salah satu rumah bangsawan yang berhasil bertahan pasca perang membuatnya cukup populer sebagai rumah singgah untuk merawat para prajurit yang terluka. Banyak di antara mereka yang kemudian meninggal, namun ada segelitnir yang selamat dan salah satunya adalah Will Benteen yang kemudian ikut tinggal di Tara.

Kedatangan Ashely ke Tara di akhir bagian ketiga ini membuat Scarlett merasa sangat gembira, namun entah darimana Will tahu tentang perasaannya kepada Ashley sehingga pria itu memperingatkannya untuk tidak mengganggu kebahagiaan Ashley dan Melly.

Kekeraskepalaan Scarlett ternyata sangat berguna pada saat dia mengalami masa kelam pasca kepindahannya ke Tara dari Atlanta. Dia harus berjuang mati-matian untuk menghidupi banyak orang yang bergantung padanya, termasuk para budak kulit hitamnya yang masih setia mengabdi padanya sepeninggal Ellen dan hilangnya akal sehat Gerald. Namun berbagai persoalan lain harus dihadapi Scarlett untuk mempertahankan keberadaan Tara sehingga sifat keras kepala dan akal liciknya masih terus diuji di kemudian hari.

One thought on “Gone With The Wind-Part III

  1. Pingback: Lalu Bersama Angin | Melihat Kembali

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s