Dracula

source

Detail buku:
Penulis: Bram Stoker
Penerjemah: Ny. Suwarni A.S.
Tebal: 528 halaman
Penerbit: PT. Gramedia Pustaka Utama
cetakan III, 2010
ISBN: 978-979-22-2866-3

Sinopsis:

Selama berabad-abad ia memerintah gerombolan serigala, tikus, dan makhluk-makhluk kegelapan yang tak bisa mati. Ia bisa berubah menjadi kelelawar, bayangan, ataupun sinar bulan. Ia merusak orang-orang yang tak bernoga dan menghancurkan mereka yang tak berdaya. Ia datang dalam mimpi dan menyiksa jiwa. Kini ia berniat menguasai dunia dan mengisap darah penghuninya selamanya.
Kuangkat tutup peti mati itu, dan apa yang kulihat membuat jiwaku menggigil oleh rasa takut.

Count itu terbaring di situ, tapi ia seperti telah mendapatkan kembali separo masa mudanya, karena rambut dan kumisnya yang sudah putih berubah menjadi kelabu kehitaman. Bibirnya berlumuran darah segar yang menetes dari sudut-sudut mulutnya, dan mengalir ke dagu dan lehernya. Makhluk mengerikan itu boleh dikatakan memuntahkan darah. Ia terbaring bagaikan seekor lintah yang keletihan karena kekenyangan. Senyum mengejek yang terbayang di wajahnya yang membengkak itu membuatku amat marah.

Inilah makhluk yang sedang kubantu kepindahannya ke London, ke tempat selama berabad-abad yang akan datang ia akan memangsa orang-orang tak berdaya. Kusambar sebuah sekop, lalu kuhantamkan mata sekop ke wajah menjijikkan itu. Waktu itu kulakukan, kepala makhluk itu berpaling dan matanya mengarah tepat kepadaku, membelalak dengan sangat mengerikan. Aku terpaku. Sekop itu terlepas dari tanganku.

Yang terakhir kulihat adalah wajah yang bengkak, berlumuran darah, dan dihiasi senyum jahat yang agaknya akan tetap dibawanya sampai ke neraka jahanam.

Resensi:
17238Buku ini diawali dan diakhiri dengan tulisan R.L. Fisher, seorang notaris yang menceritakan sekilas tentang kehidupan Bram Stoker sejak awal sebelum dia menjadi penulis hingga akhirnya meninggal yang diduga karena sifilis. Fisher juga menyebutkan beberapa pandangannya tentang Bram Stoker yang menurutnya termasuk penulis yang tidak terlalu beruntung karena karir menulisnya selalu dibayang-bayangin oleh sahabatnya, Harry Irving, dan juga tokoh fiksi ciptaannya, Dracula.

“Denn die Todten reiten schnell”
Karena yang sudah mati cepat larinya. p.27.

Adalah Jonathan Harker, seorang notaris yang datang dari Inggris ke Transylvania untuk menggantikan Mr. Hawkins, atasannya untuk bertemu dengan Count Dracula, seorang bangsawan yang hidup sendirian di sebuah puri megah di tempat terpencil. Count Dracula meminta John untuk membantu kepindahannya ke Inggris, namun sementara itu John harus tinggal di puri tersebut sampai tiba saatnya mereka berangkat ke Inggris.

Selama tinggal di puri, John menemukan banyak keganjilan misterius yang membuatnya penasaran dan hampir saja merenggut nyawanya. Bahkan akhirnya John harus dirawat beberapa lama karena shock yang dideritanya sementara Sang Count Dracula berhasil menyeberang ke Inggris.

17245Sementara itu tunangan John, Mina, tengah dengan cemas menanti kepulangan tunangannya tersebut sementara dia menjalin hubungan erat dengan temannya, Lucy. Lucy adalah seorang gadis cantik dengan banyak penggemar, dimana dua di antaranya adalah bersahabat dekat, Seward, dan Arthur. Sebuah peristiwa aneh membuat Lucy yang punya kebiasaan berjalan sambil tidur mulai mengalami sakit yang tidak wajar.

Seward yang masih terus memperhatikan Lucy pun berusaha menolongnya sampai-sampai dia memanggil gurunya, Abraham Van Hellsing, untuk membantunya menyembuhkan Lucy. Van Hellsing yang menemukan banyak keanehan pada penyakit Lucy kemudian mulai mengadakan eksperimen dan menyatakan bahwa ada seseorang yang ingin melihat Lucy menderita. Ketika akhirnya Lucy meninggal, Seward dan Van Hellsing bergabung untuk menyelidiki penyebab berubahnya Lucy menjadi makhluk penghisap darah. Mereka berdua mengajak serta Arthur Holmwood-tunangan Lucy- dan Quincey Morris.

“Hati-hati. Jangan sampai luka. Di negeri ini, luka lebih berbahaya daripada yang Anda duga.” p. 48

Para pemburu vampir tersebut berhasil mengembalikan jasad Lucy seperti seharusnya, namun bahaya lain mengancam Mina yang menjadi sasaran selanjutnya Count Dracula. Dracula memanfaatkan Mina untuk memata-matai semua kegiatan Van Hellsing dan anak buahnya sehingga pada akhirnya Mina harus mempertaruhkan nyawanya pada pertempuran terakhir melawan sang makhluk penghisap darah tersebut.

33532Bagaimana akhir cerita ini? Apakah Dracula berhasil menghimpun pasukan makhluk fana seperti yang diinginkannya? Ataukah Van Hellsing dan anak buahnya berhasil mengalahkannya? Ada baiknya anda membaca sendiri buku ini untuk menemukan kengerian penuh muslihat yang ditampilkan oleh sang penulis, Bram Stoker.

Sebagai buku yang menceritakan tentang hal misterius dan di luar nalar, tentu saja diceritakan berbagai hal mistis sepertikepercayaan bangsa setempat tentang malam St. George yang jatuh pada tanggal 4 Mei dimana tepat pada tengah malam pada tanggal tersebut, semua yang jahat di dunia akan bebas merdeka. Kekuatan simbol salib, bawang putih, hosti (roti altar), mawar liar, dan abu gunung sebagai penangkal makhluk jahat juga disebutkan.

Penjelasan tentang Transylvania dan suku-suku yang tinggal di sana dijelaskan dengan detail, menunjukkan riset yang mendalam dari penulisnya. Bahkan sekilas sejarah tentang keluarga bangsawan Dracula yang menguasai daerah Transylvania pun sempat diceritakan. Beberapa tradisi penyimpangan kekuasaan rupanya sudah pula dipraktekkan pada zaman dahulu dimana ada kebiasaan memberi uang lebih untuk mendapatkan informasi yang diinginkan dari seseorang, seperti yang beberapa kali dilakukan oleh Jonathan Harker.

2132280Satu hal yang mengusikku tentu saja tentang trasnfusi darah yang dilakukan Van Helling untuk menolong Lucy. Mungkin zaman itu memang belum diketahui ilmu tentang golongan darah sehingga Seward, Arthur, dan Van Hellsing bisa dengan bebas melakukan transfusi darah untuk Lucy. Kalau cerita ini dibuat pada masa sekarang, sudah pasti akan mengalami caci maki karena kesalahan besar tersebut.

Seberapa pantas buku ini menjadi salah satu buku dalam daftar 1001 buku yang harus dibaca sebelum mati? Aku rasa sangat pantas buku ini termasuk di dalamnya karena ceritanya yang kelam, penuh misteri, dan kekejaman seorang Count Dracula tergambar dengan baik dan membekas dalam ingatan. Ide cerita tentang kehidupan abadi dengan pengorbanan besar untuk bertahan hidup dengan meminum darah manusia selamanya di buku ini telah mengilhami banyak cerita tentang drakula atau vampir di kemudian hari. Walaupun memang harus diakui gaya bahasa di buku ini termasuk bertele-tele dan cukup berbelit sehingga cenderung memuat bosan pembaca yang tidak menyukai alur lambat.

Sensasi rasa untuk buku ini: 3,5/5

Film adaptasi

source

Beberapa film adaptasi dari novel Dracula karya Brom Stoker ini telah dibuat, yang pertama pada tahun 1979. Pada tahun 1992, sutradara Francis Ford Coppola membuat film adaptasi Dracula dengan memasang bintang-bintang tenar seperti Gary Oldman, keanu Reeves, Winona Ryder, dan Anthony Hopkins untuk bermain dalam film Dracula karyanya dan bisa dibilang ini film adaptasi novel Dracula milik Bram Stoker yang sukses. Akting Gary Oldman sebagai Count Dracula membekas dalam ingatanku, selain karena kekejaman yang berhasil ditampilkannya, juga karena kostum dan penampilannya yang selalu menarik dan termasuk fashionable di film tersebut.

Sementara itu untuk versi lainnya, Dracula (2000) termasuk film gagal karena cerita dan akting para pemainnya kurang kuat, walapun di film ini pemeran Dracula terbilang tampan, jauh dari kesan seram seperti deskripsi asli.

Sekilas kata:

  • Sebenarnya review ini diniatkan akan terbit pada akhir Agustus sebagai proyek baca bareng 1001 buku yang harus dibaca sebelum mati, namun karena terlalu mepet bacanya dan terhadang jadwal pekerjaan yang mendadak gubrak di hari-hari terakhir bulan tersebut, akhirnya buku ini baru selesai di awal September dan reviewnya baru sempat aku sempurnakan bulan November ini *getokdirisendiri*😀
  • Review ini aku ikutkan dalam “2012 End of Year Book Contest” yang diadakan oleh Oky dengan memenuhi satu syarat yang ada: Ada huruf  A pada judul buku.resize*Berdoa semoga menang, amiiin \(^0^)/

5 thoughts on “Dracula

  1. Pingback: Name In A Book Challenge 2012 | Melihat Kembali

  2. Pingback: [Wrap Up Post] Name In A Book Challenge 2012 | Melihat Kembali

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s