Hear hear, I’m Your Secret Santa

Kehebohan tebak menebak siapa Secret Santa (SS) masing-masing di akhir event SS kemarin menyisakan satu tugas untukku, yaitu membuka identitas diriku kepada si X yang aku kirimi buku. Hmmm, sebenarnya enggan membuka diri juga karena ternyata asyik juga ya menyembunyikan identitas dan membuat orang lain menebak-nebak siapa SS-nya. Namun karena itu sudah peraturan dari event SS, maka mau tidak mau aku harus membuka jati diriku yang sebenarnya.

Who’s my target?
Ndari
(yang tidak lain adalah salah satu host event kali ini bersama Oky)

How did it happen?
Jujur, waktu tahu kalau X yang harus aku kirimi buku itu Ndari aku langsung panik. Bagaimana tidak panik karena pertama walaupun Ndari masih SMA, namun genre bacaannya masyaallah keren-keren pisan dan berbobot! Aku mengaku kalah *tiarap*

Yang kedua, saat diumumkan siapa X-nya, aku belum menambahkan Ndari dalam daftar pertemanan di Goodreads sementara akun dia di-setting private sehingga mau tidak mau aku harus mengirimkan permintaan agar di-approve sebagai teman agar bisa melihat isi raknya. Hal ini membuatku ketar ketir karena bisa membuka identitasku sendiri bahkan sebelum aku sempat mengirimkan paket bukunya *tepokjidat* Untunglah saat itu aku juga belum menambahkan beberapa orang teman BBI di akun goodreads sehingga langsung sekalian aku kebut menambahkan mereka dalam waktu bersamaan agar niatku mengecek rak whislistnya Ndari terealisasi dan identitasku tetap aman😀

Tak lama Ndari merespon permintaanku dan segera saja aku bisa melihat rak wishlist-nya yang ternyata memang amboiii, bukunya bagus-bagus dan cukup susah untuk dicari *panik* Langsung deh aku ublek-ublek tokbuk onlen untuk mendapatkan informasi ketersediaan buku yang ada di daftar tersebut. Memang sebagian besar buku yang diinginkan Ndari sudah out of stock yang mana sempat juga membuatku cukup stress untuk memilihnya. Namun aku tak putus asa sehingga akhirnya berhasil mendapatkan buku yang ternyata sangat diinginkan Ndari, Bumi Manusia.

Pengakuan saja nih, sebenarnya buku yang awalnya aku beli untuk Ndari itu bukan Bumi Manusia loh. Saat aku sedang bingung mau membeli buku apa, kebetulan Pak Ahmad yang agen Matahati mengirim SMS kepadaku. Cukup kaget juga waktu itu karena memang aku tidak pernah meng-SMS dia, namun aku ingat dulu Alvina sempat menawariku menghubungi langsung agen tersebut saat melakukan pemesanan paket segede gaban untuk teman-teman BBI Solo-Jogja.

Iseng aku bertanya buku apa saja yang masih tersisa dari Matahati dan segera dijawab Pak Ahmad dengan daftar beberapa judul buku yang di antaranya memuat salah satu buku yang ada di wishlist Ndari. Langsung saja aku iseng memesan beberapa judul buku yang sepertinya bagus itu termasuk satu buku yang ada dalam list Ndari tadi. Tak lama paket bukunya tiba dan aku sudah senang saja tinggal membuat riddle-nya yang sempat membuatku pusing karena bingung mau dibuat seperti apa.

Namun semua tidak berjalan seperti yang kurencanakan karena ternyata Ndari merombak wishlist-nya dengan membuat rak khusus Secret Santa di goodreads yang tidak mencantumkan judul buku yang sudah terlanjut aku beli itu. Walah, bagaimana ini? Kembali aku tekuni daftar di rak baru itu dan menemukan Bumi Manusia di dalamnya. Entah mengapa saat itu aku langsung memutuskan untuk memberikan buku karya Pramoedya Ananta Toer itu ke Ndari kalau memang bisa kutemukan buku tersebut di Toga Mas Solo.

Syukurlah di awal Desember 2012 lalu stok Tetralogi Buru-nya Pram masih ada tiga judul dengan jumlah yang cukup banyak. Langsung saja aku ambil Bumi Manusia dan iseng mencari judul-judul buku yang ada di wishlist Ndari yang memang hasilnya nihil saking langkanya. Namun gara-gara mengintip rak Ndari itu pula aku ikut membawa pulang buku Istana Mimpi-nya Ismail Kadare karena entah mengapa mupeng saja *melirik buku tertuduh di timbunan*

The Riddle
Nah, buku untuk si target sudah di tangan, tinggal dibungkus rapi dan dikirimkan saja. Namun tunggu dulu, bagaimana dengan riddle-nya? Hmm, karena sejak awal aku ingin memasukkan unsur nama, tempat tinggal, dan sedikit info tentang blogku, maka setelah berkali-kali menyusun kata dan memadupadankan kalimat *halah* akhirnya jadilah riddle untuk Ndari itu. Jujur lagi nih, aku sempat merasa down setelah menerima riddle keren-nya Mbak Desty as my SS beberapa hari sebelum mengirimkan paket ke Ndari. Namun karena tidak ada waktu lagi akhirnya dengan nekat dan sok pede akhirnya kutuliskan riddle sok puitisku itu dengan tulisan cakar ayamku ke Ndari.

Di hari kuhembuskan napas ke dunia,
harapan akan kebaikan hati disematkan Ayahanda
Namun Venus mengutukku dengan batuan hijau,
menjebak jiwaku di istana para arwah leluhur purba

Walau tak mampu berkelana ke mana-mana,
Jiwaku tetap menorehkan cerita di dalam kungkungan istana

Kayuhan waktu membawa purnama pertamaku di dunia maya
dalam bayang-bayang ramalan akhir dunia
Mata keempat pun menjerumuskanku
hingga ku tak kuasa untuk mengulang warsa

Singkapkan selubung kata penuh makna,
Niscaya kau ‘kan temukan jiwa asliku yang terpenjara

Err, actually aku nggak pede dengan riddle ini, lebaaaay xD
Tapi karena ada permintaan dari Mbak Dewi untuk menngungkapkan asal muasal riddle tersebut, maka akan aku bongkat rahasia di balik riddle ini *halah*

Di hari kuhembuskan napas ke dunia,
harapan akan kebaikan hati disematkan Ayahanda –> check my last name Hayuningtyas (dalam bahasa Jawa Hayu=cantik, ning=dalam, tyas=hati) ya ya ya, karena tidak mau narsis akhirnya aku sedikit modifikasi saja arti namaku itu😛

Namun Venus mengutukku dengan batuan hijau, –> aku lahir di bulan Mei yang dinaungi Dewi Venus dengan batu kelahiran zamrud😀

menjebak jiwaku di istana para arwah leluhur purba –> Solo the Spirit of Java <– manusia purba ditemukan di Sangiran, yang berjarak 15 km ke utara dari Surakarta di lembah Sungai Bengawan Solo, di pulau Jawa🙂

Walau tak mampu berkelana ke mana-mana,
Jiwaku tetap menorehkan cerita di dalam kungkungan istana –> secara administrasi aku berada di Solo sejak lahir, TK, SD, SMP, SMA, sampai kuliah pun aku selalu di Solo, bahkan hingga akhirnya jadi abdi negara lokal disitu yang notabene tidak boleh pindah sebelum mengabdi selama 8 tahun😐

Kayuhan waktu membawa purnama pertamaku di dunia maya
dalam bayang-bayang ramalan akhir dunia –> iseng memberi kata kayuh untuk hobiku bersepeda dan ternyata memberi pencerahan kepada Ndari dengan mengarahkan dugaan SS-nya ke Mbak Lila😀 Namun aslinya selain clue sepeda, ini juga memberi info tentang waktu pertama kali aku membuat blog buku loh. Purnama pertama=Januari, bayang-bayang ramalan akhir dunia=tahun 2012

Mata keempat pun menjerumuskanku
hingga ku ‘tak kuasa untuk mengulang warsa –> mata keempat=tanggal 4, mengulang warsa=ulang tahun, jadi tanggal 4 Januari 2012 adalah hari ulang tahun blog bukuku🙂

Singkapkan selubung kata penuh makna,
Niscaya kau ‘kan temukan jiwa asliku yang terpenjara –> silakan dipecahkan itu clue di setiap kalimat bermakna ganda, maka akan ketahualah siapa diriku yang sebenarnya😀

Well, sepertinya Ndari tidak punya petunjuk sama sekali selain kata kayuhan ya? Namun karena Ndari nitip pesen buku ke aku di awal Januari lalu akhirnya terbongkar deh identitasku karena tulisanku yang katanya mirip dengan tulisan di riddle tadi. Sebenarnya aku sudah ragu-ragu saat hendak mengirim paket titipan buku itu karena khawatir kalau tulisa tanganku tertebak, namun karena dulu membungkusnya buru-buru sebelum berangkat kerja akhirnya aku terpaksa lupa mengganti gaya tulisanku😀

Setengah selamat untuk Ndari yang sudah berhasil menjadikanku terduga kedua untuk SS-nya😀 Terimakasih untuk ide menyelipkan riddle di setiap paket buku di event SS yang membuat event ini menjadi semakin seru. Lanjutkan kerja keras kalian, Teman-teman! *cambukin para member Divisi Event😀

9 thoughts on “Hear hear, I’m Your Secret Santa

  1. Pingback: Secret Santa 2013 – Reveals My Own Riddle | Melihat Kembali

Leave a Reply

