The Hound of the Baskervilles

3689566Detail buku:
Penulis: Arthur Conan Doyle
Adaptasi: Patrick Nobes
Editor: Jennifer Bassett, Tricia Hedge
Penerbit: Oxford University Press
Tebal: 144 hlm
Cetakan I, Oktober 2007
ISBN: 978-0-19-479174-8

Sinopsis:

Dartmoor. A wild, wet place in the south-west of England. A place where it is easy to get lost, and to fall into the soft green earth which can pull the strongest man down to his death. A man is running for his life. Behind him comes an enormous dog – a dog from his worst dreams, a dog from hell. Between him and a terrible death stands only one person – the greatest detective of all time, Sherlock Holmes.

Resensi:

The Devils does his work when the world is dark. pg. 42

Buku ini menceritakan tentang bagaimana hal supranatural di sebuah estat membawa pengaruh sangat besar untuk sebuah tindak kriminal yang tersamarkan.

Alkisah, Keluarga Baskervilles mempunyai legenda turun temurun tentang kutukan yang menghantui setiap kepala keluarga tersebut yang terkait dengan keberadaan seekor anjing pemburu yang disebut-sebut sebagai anjing setan. Masing-masing dari para kepala kelaurga itu mengalami nasib naas dan meninggal tidak lama setelah memperoleh kedudukan tersebut. Sherlock Holmes dan Dr. Watson mendapat kesempatan untuk memecahkan misteri anjing setan dan penyebab kematian para kepala keluarga Baskerville untuk menyelamatkan nyawan sang kepala keluarga yang baru, Sir Henry Baskerville.

Karena satu dan lain hal, Holmes tidak bisa menyertai kunjungan Watson ke Baskerville Hall, namun dia tetap meminta kabar terbaru dari sahabatnya tersebut dengan bantuan kurir pengirim pesan. Sepanjang Watson tinggal di kastil megah tersebut, dia mengalami beberapa keanehan di sekitarnya, mulai dari suara-suara tengah malam, kelakuan mencurigakan kepala pelayan di rumah tersebut.

Pertemuan Watson dengan beberapa orang penduduk sekitar Baskerville Hall memberinya pencerahan, terutama terkait dengan masa lalu mereka yang memberikan banyak pencerahan untuknya dan Holmes. Bantuan dari sang Sahabat datang tanpa diduga, membantu Watson memecahkan misteri di balik tragedi keluarga Baskerville dan anjing setan yang legendaris.

Buku setebal 104 halaman ini merupakan versi singkat dari karya asli Sir Arthur Conan Doyle, salah satu penulis cerita misteri terkenal sepanjang masa. Walaupun kurang puas karena singkatnya penuturan cerita, namun kejutan yang disajikan masih cukup dapat kurasakan sebagai klimaks akhir cerita.

Sensasi rasa seusai baca: 3/5

Sir Arthur Conan Doyle

Sir Arthur Conan Doyle

Tentang Penulis:
Sir Arthur Ignatius Conan Doyle (22 Mei 1859 – 7 Juli 1930) adalah seorang ahli fisika dan penulis berkebangsaan Skotlandia yang sangat terkenal dengan karya fenomenalnya tentang seorang detektif nyentrik, Sherlock Holmes. Selain genre misteri, Doyle juga menulis cerita fantasi, science fiction, drama, romances, puisi, non-fiksi, dan juga novel-novel sejarah.

Karir menulisnya diawali dengan diterbitkannya novel Sherlock Holmes pertamanya yang menarik perhatian, A Study in Scarlet di tahun 1886. Tokoh dektektif  yang terkenal dengan keahliannya menyamar dan analisis berdasarkan fakta di tempat kejadian ini terinspirasi dari dosen Doyle semasa kuliah, Joseph Bell.

Sherlock Holmes yang ditemani sahabatnya, Watson dalam memecahkan berbagai misteri di sekitarnya mereka ditampilkan Doyle dalam 66 cerita pendek dan 4 novel. Doyle sempat ‘membunuh’ Sherlock bersama musuh bebuyutannya, Profesor Moriarty sebelum memunculkannya kembali dalam The Hound of the Baskervilles.
sumber: http://en.wikipedia.org/wiki/Arthur_Conan_Doyle, http://en.wikipedia.org/wiki/Sherlock_Holmes

Sekilas kata:
Salah satu episode dalam komik Detektif Conan sepertinya terinsipirasi dari cerita ini, yaitu tentang kutukan anjing yang menghantui sebuah keluarga dengan banyak anak yang saling memperebutkan warisan. Namun tentu saja Aoyama Gosho sensei tidak begitu saja menyadur mentah-mentah ide tentang anjing api tersebut, namun beliau juga menambahkan beberapa elemen khasnya terkait nama anak-anak keluarga korban yang memberikan petunjuk penting dalam memecahkan misteri dalam cerita tersebut.

Buku ini aku beli dari tokbuk online seorang teman karena aku penasaran dengan judul karya Sir Arthur Conan Doyle yang masuk ke dalam 1001 Books You Must Read Before You Die ini. Buku ini aku masukkan ke dalam Books in English 2013 yang diadakan Mbak Peni

6 thoughts on “The Hound of the Baskervilles

  1. Pingback: A Reading Challenge on Mystery | Melihat Kembali

  2. Pingback: Book in English Reading Challenge 2013 | Melihat Kembali

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s