33 Pesan Nabi: Jaga Mata, Jaga Telinga, Jaga Mulut

11350177Detail buku:
Penulis: Vbi Djenggotten
Penerbit: Zaytuna
Tebal: 128 halaman
Cetakan VI, Mei 2012
ISBN: 978-602-91590-0-4

Sinopsis:

Satu cara baru belajar Islam dengan asyik dan menyenangkan. Butir-butir hadis yang diriwayatkan Bukhari dan Muslim, diterjemahkan dalam bahasa komik yang segar, dalam kisah yang kontekstual dalam kehidupan masyarakat Indonesia sekarang, meliputi segi sosial, politik, maupun budaya.

Resensi:
Komik sebagai salah satu media visual seringkali menjadi pilihan tepat untuk menyampaikan pesan kepada masyarakat umum. Hal inilah yang sepertinya dipikirkan oleh sang penulis, atau lebih tepatnya disebut sang komikus, Vbi Djenggotten. Dikenal sebagai seorang ilustrator dengan goresan tangan yang punya ciri khas, Vbi berhasil memberi kesan mendalam dalam menyajikan berbagai pesan berupa hadis-hadis pada buku setebal 128 halaman ini.

Membaca buku ini tentunya akan memberi pencerahan kepada diri kita karena setiap kisah dalam kumpulan komik singkat ini terinspirasi dari kejadian nyata sehari-hari yang diolah sedemikian rupa untuk menginspirasi kita. Cerita yang cenderung berakhir lucu membuat kita setidaknya tersenyum-senyum sendiri selepas membacanya kemudian mengamini kebenaran hadis yang disematkan di setiap akhir cerita.

Salah satu pesan yang paling berkesan bagiku adalah tentang pembagian daging kurban yang diceritakan menyebabkan baku hantam dan keributan. Trenyuh sekali membacanya, dimana niat baik seorang anak yang ingin membahagiakan ibunya harus pupus lantaran melihat keganasan orang-orang rakus yang tidak ingin ketinggalan pembagian daging kurban tersebut. Kejadian ini nyata adanya dimana sudah beberapa tahun terakhir ini banyak terjadi keributan karena penyelenggaraan pembagiandaging kurban, sembako gratis, dan semacamnya yang berakhir dengan kericuhan.

Sungguh sebuah bacaan yang menyegarkan pikiran dan harus dibaca orang-orang yang ingin mengenal berbagai ajaran Islam dalam kehidupan sehari-hari lebih jauh melalui komik ini.

Sensasi rasa seusai baca: 4/5

Sekilas kata:
Sebenarnya sudah lama aku mengetahui keberadaan buku ini dari berbagai status teman di goodreads yang rata-rata mengatakan bahwa buku ini keren, namun entah kenapa aku belum tergerak untuk mencarinya di toko buku. Nah, akhir Februari kemarin saat iseng belanja buku *halah, iseng?* aku menemukan buku ini ada di tokbuk diskon langgananku. Karena ternyata harganya cukup terjangkau apalagi ditambah bantuan diskon khusus para abdi negara lokal Solo, akhirnya aku memutuskan untuk membelinya beserta beberapa buku lainnya. Tidak menyesal aku membelinya karena memang bukunya keren!😀

4 thoughts on “33 Pesan Nabi: Jaga Mata, Jaga Telinga, Jaga Mulut

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s