Five on Treasure Island – Di Pulau Harta

200008111

Indonesian Cover

Detail buku:
Judul asli: Five on Treasure Island (Famous Five #1)
Penulis: Enid Blyton
Penerbit: PT. Gramedia Pustaka Utama
Tebal: 240 halaman
Cetakan XIV, September 2004
ISBN: 978-979-605-589-9

Sinopsis:

Petualangan PERTAMA mereka yang seru dan mengasyikkan!

Ada bangkai kapal tua muncul di Pulau Kirrin!
Tapi di manakah gerangan harta karunnya? Lima Sekawan mengikuti semua petunjuk yang ada – tapi ternyata mereka tidak sendirian!
Ada orang lain yang ikut memburu harta karun…

Resensi:

Dulu aku selalu menyangka lebih senang jika melakukan segala-galanya seorang diri, tapi ternyata lebih asyik jika bersama-sama Julian dan adik-adiknya. hlm.63.

Kisah petualangan Lima Sekawan diawali dengan keunjungan tiga bersaudara Julian, Dick, dan Anne ke rumah Paman Quentin dan Bibi Fanny di Pulau Kirrin. Di tempat itulah mereka berkenalan untuk pertama kalinya dengan Georgina, puteri tunggal paman dan bibi tersebut yang lebih suka dipanggil George karena merasa lebih tangguh dari anak laki-laki di sekelilingnya. Sikap penyendiri dan pemarah George semapt menjadi kendala mereka dalam menjalin persahabatan, namun seiring berjalannya waktu, George melunak dan mau bermain dengan ketiga sepupunya tersebut.

5960067Sebagai seorang anak tunggal, George sering merasa kesepian sehingga dia diam-diam memelihara anjing yang dititipkannya kepada seorang anak nelayan kenalannya. George tidak berani memeliharanya sendiri karena ayahnya tidak  mengizinkannya dengan alasan khawatir dengan keributan yang ditimbulkan oleh Timmy, nama anjing tersebut.

Timmy selalu ikut bermain bersama George, Julian, Dick, dan Anne kemanapun mereka berpetualang di musim panas, termasuk mengunjungi Puri di Pulau Kirrin yang diklaim George sebagai miliknya. George juga menunjukkan bangkai kapal karam yang menurut desas-desus, di dalam kapal karam tersebut tersimpan harta karun.

Pada suatu hari, badai yang melanda menyebabkan naiknya bangkai kapal karam tersebut, sehingga menimbulkan kegemparan. Keempat sepupu tersebut buru-buru menyelinap ke dalam kapal dan menemukan sebuah peti yang akhirnya mereka bawa ke rumah. Namun sayang sekali, karena satu dan lain hal, keberadaan peti tersebut diketahui oleh Paman Quentin yang menyitanya dengan paksa. Untung saja Julian banyak akal sehingga menyelinap diam-diam untuk menyalin peta yang ada di dalam peti. George dan sepupunya pun merencanakan untuk berburu harta karun setelah mereka memecahkan misteri yang ada di dalam peta.

Namun lagi-lagi semua tidak berjalan sesuai rencana. Paman Quentin telah melakukan transaksi jual beli peti  berisi peta tersebut dan tak lama ada penawaran untuk membeli pulau tempat puri milik George berada. Ketika sikap menentang George dan ketiga sepupunya tidak digubris oleh Paman Quentin, akhirnya keempat sepupu tersebut nekat menempuh bahaya untuk merebut hak mereka dari orang jahat.

14060667Membaca buku pertama dalam seri Lima Sekawan yang terkenal ini membuatku seakan kembali ke masa lalu, dimana semasa duduk di bangku SD aku sangat ingin berpetualang karena kebanyakan membaca buku-buku seperti ini. Aku dulu seperti George yang merasa bahwa lebih enak kalau jadi anak laki-laki yang bisa bebas bermain kesana-kemari. Namun saat membaca ulang aku merasa kok George ini keras kepala sekali ya? Namun aku cukup maklum karena dia adalah anak tunggal dan ayahnya sendiri sangat keras mendidiknya.

Sementara itu Julian diceritakan sangat bijaksana sesuai umurnya yang paling tua di antara ketiga saudaranya, sedangkan Dick yang hobi makan sekarang mengingatkanku pada Ron Wealsey *uhuk* Sifat Anne yang terlalu lembut dan gampang membongkar rahasia cukup membuatku kesal, namun pada dasarnya sifat-sifat keempat anak tersebut mencerminkan sifat anak-anak pada umumnya.

Pada buku pertama ini belum tercetus pemberian nama Lima Sekawan. Apakah untuk buku selanjutnya mencantumkan penyebutan nama khusus tersebut? Mari membaca buku seri selanjutnya🙂

Sensasi rasa seusai baca: 3,5/5

Tentang penulis:
220px-Enid_BlytonEnid Mary Blyton (11 August 1897 – 28 November 1968) adalah seorang penulis cerita anak-anak yang juga dikenal dengan nama Mary Pollock.

Buku-buku karyanya telah diterjemahkan ke dalam 90 bahasa, termasuk bahasa Indonesia. Beberapa judul serial yang telah diterbitkan oleh PT. Gramedia Pustaka Utama antara lain adalah Noddy, Sapta Siaga, Malory Towers, St. Claire, dan juga Lima Sekawan

Sumber: http://en.wikipedia.org/wiki/Enid_Blyton,

Film adaptasi:
Saking terkenalnya seri Lima Sekawan ini, maka dibuatlah versi serial televisinya pada tahun 1978-1979 yang terbagi menjadi 26 episode dalam tiga season. Pada tahun 1995-1997 sebanyak 32 episode. Di tahun 2012, Famous Five dibuat versi filmnya oleh Jerman dan terbagi menjadi 18 bab pada versi DVD-nya. Film ini diundang untuk ditayangkan pada TIFF Kids International Film Festival di Toronto di tahun 2012.

Sumber: http://www.imdb.com/, http://en.wikipedia.org/wiki/Famous_Five_(film)

Sekilas kata:
fye-buttonAku lupa apakah dulu pernah membaca buku pertama ini atau tidak karena dulu hanya cumi koleksi tetangga dan perpustakaan sekolah. Namun beberapa waktu terakhir ini aku putuskan untuk mengoleksi satu persatu seri Lima Sekawan ini sekaligus untuk mengenang kembali kesukaanku membaca buku berbau petualangan dan misteri.

Buku ini aku sertakan dalam FYE, dan aku rasa buku ini cocok dibaca oleh anak berusia 8 tahun ke atas.

One thought on “Five on Treasure Island – Di Pulau Harta

  1. Dulu aq paling suka sama Dick dan George, apalagi klo mereka bertengkar haha, soalnya masa kecilnya suka main bareng saudara-saudaraku yang semuanya cowok, jadi kebayang ramenya😀 Thanks for joining this event mbak😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s