Close Up Interview

photo1Halo, halo, masih dalam rangka Ultah BBI ke-2 di bulan April 2013 ini, hari ini dijadwalkan posting CUI. Apa itu CUI? CUI adalah Close Up Interview yang bertujuan untuk saling mendekatkan para member BBI, karena dari sekian banyak anggota BBI tentu saja ada yang belum saling mengenal walaupun ada yang sudah sering berbagi komentar saat blogwalking.

Awalnya aku iseng saja mengikuti event CUI ini, tapi begitu tahu yang menjadi target interview-ku Sabrina, yang belum pernah aku ajak interaksi sama sekali, aku langsung panik. Sabrina itu yang mana ya? Orangnya seperti apa? Blognya apa? #dikeplak *jarang blogwalking soalnya*

Atas info dari Mbak Desty, aku dengar Sabrina lagi stay di Melbourne untuk ambil kuliah di sana. Waks, apakah diriku harus ikut terbang ke Melbourne untk meng-interview dia? Hadewh, berat di ongkos! Pake Webcam? Err, aku kan pemalu ssama orang baru, kayanya nggak deh. So, akhirnya diputuskan untuk interview via email saja. Setelah mendapat info akun twitter Sabrina dari Mas Tezar, aku mention-lah dia di twitter untuk sekedar say hi dan memperkenalkan diri sebagai calon interviewer dia. Mention-an berbalas, sinyal bagus nih untuk segera melakukan CUI. Namun ternyata inspirasi untuk membuat pertanyaan CUI itu lumayan susah. Bingung mau nanyain apa gitu.

Akhirnya setelah seminggu lebih aku menunda CUI ke Sabrina, akhirnya di Minggu malam, 21 April 2013 aku resmi mengirimkan sejumlah pertanyaan kepada Sabrina. Aku mention dia juga via twitter, dia bilang ok, akan segera dijawab.

Hari berganti hari, kok email balasan dari Sabrina belum juga kuterima ya? Akhirnya aku mention dia lagi dan dia langsung kaget, dikiranya posting bareng CUI-nya itu tanggal 26 April 2013, padahal kan jadwalnya hari Kamis, 25 April 2013. Gyahahaha, langsung deh Rabu malam kemarin email balasannya dikirim disertai mention di twitter minta maaf kalau ada salah-salah kata yang perlu diedit.

Kamis pagi tadi aku buru-buru cek email sekalian melanjutkan peer dari Teh Chacha yang datang mendadak H-1 untuk kujawab sebagai bahan CUI dia yang sampai saat ini belum kubalas ulang karena riweuh posting CUI ini dan kerjaan kantor juga *maaf teh Chacha*

photo

The CUI Target

Sooo, here come the interview’s record with Sabrina (http://sabrinazheng.blogspot.com/)

1. Tell me about yourself! (Semacam biodata nih, lahir dan besar dimana, dari berapa saudara, dan asal dari mana, status? :D)
Fiuhhh… *nervous*
Namaku Sabrina Sebastiani Tedja. Tapi biasa sih cukup dipanggil dengan Sab saja. Aku lahir di Bandung, 30 Agustus 1989. Aku besar di Bandung dan nggak pernah pindah-pindah sampai akhirnya kuliah di Singapura. Aku anak sulung dan punya satu adik perempuan dan satu adik laki-laki. Status ya? Hahaha… Aku masih belum nikah pastinya, masih muda begini😄

2. Sejak kapan sih kamu tertarik untuk membaca buku dan kenapa?
Sejak kapan ya? *lah malah nanya balik* Sudah genetik sepertinya. Orang tuaku dua-duanya suka baca dan mereka punya koleksi buku sendiri. Dari kecil, Mamaku suka beliin buku cerita. Mungkin dari situ aku mulai suka sama segala macam cerita. Aku membaca segala macam buku yang ada di rumah dan rasanya aku selalu punya tumpukan buku yang ingin dibaca. Apalagi sejak aku dikasih uang jajan. Tiap bulan selalu saja ada buku yang dibeli atau sewa di perpustakaan dekat rumah. Lama-lama membaca jadi kebiasaan yang nggak bisa dilepas. Aku paling nggak bisa kalau nggak bawa buku di dalam tasku. Minimal harus ada satu. Bahkan aku suka lupa tempat, lupa waktu kalau baca. Dan novelku sering disita sama guru karena aku paling males merhatiin pelajaran di kelas dan aku kurang pinter menghindar nih. Kalau udah tenggelam dalam cerita, guru ada di sebelahku juga nggak bakal sadar. *pengakuan teeheee* Buatku, buku itu adalah teman juga terapi. Aku tipe orang rumahan dan aku lebih suka baca buku sendirian daripada jalan-jalan ke mal (kecuali ke toko buku tentunya). Dan kalau moodku lagi jelek, aku cukup baca buku. Semua masalah pun langsung beres, hehe…

3. Mulai aktif jadi anggota BBI sejak kapan sih? Dan kenapa tertarik bergabung di dalamnya?
Aktif BBI sejak November 2011. Sebenernya sih aku ga pernah tau ada BBI. Aku bikin blog buku buat mengeluarkan semua uneg-uneg dan rasa sukaku ke buku yang baru kubaca. Aku bahkan ga pernah mikir buat mempromosikan blogku sama sekali. Tapi pada satu titik aku sadar kalau blogku mulai ada beberapa orang yang kasih comment. Aku sih pikir itu normal saja. Mungkin blogku keluar di search engine atau apalah. Tapi beberapa hari kemudian di bagian chatbox ada message dari Om Tanzil. Aku disuruh follow twitter BBI. Kupikir apa pula BBI ini… Dan ternyata aku sudah ada di list BBI nomor 89 (sekarang sih nomor 77). Tanpa pikir panjang, aku langsung follow twitter BBI dan jadi anggota BBI sampai sekarang. Yah, aku percaya nomor urut 89 itu suatu pertanda. Karena itu sama seperti tahun kelahiranku, pasti aku sudah ditakdirkan menjadi anggota BBI. *uhuk-uhuk takdir* haha… *abaikan saja kalimat terakhir*

4. Kalau lihat profil di blogmu, genre bacaan kita mirip nih, terutama untuk romance, fantasy, dan hisrom. (Aku juga suka bgt sma an Offer from a Gentleman-nya Julia Quinn *lovestruck*) Nah, genre bacaan yang paliiing kamu favoritin itu yang mana? ​
Yay! Genre favorit kita sama. Haha… Aku ini sucker buat fairytale dan Offer from Gentleman itu buku paling sempurna yang pernah kubaca. Itulah yang bikin aku mengoleksi semua karya Julia Quinn. Genre favoritku suka ganti-ganti tergantung mood dan buat sekarang sih aku lagi suka fantasi. Tapi bukan berarti aku nggak baca yang lain. Yah, yang jelas aku lebih suka fiksi, kecuali horror karena takut ga bisa tidur . Tapi kalau mau mengeneralisasikan seleraku, aku suka cerita yang penuh drama dan dialog yang menarik. Hehe… Aku suka cerita yang dramatis dan lebay dengan deskripsi dan diksi yang bagus. Apalagi yang bisa bikin nangis😄

5. Sebutin dong buku-buku favorit dari masing2 genre & kenapa memilih buku2 tersebut?
Dari genre fantasi, aku suka Hunger Games (Suzanne Collins) dan Iron Fey series(Julie Kagawa). Hunger Games, aku suka konsepnya dan sepertinya aku memang suka jenis-jenis dystopia begitu. Iron Fey… aku suka banget deskripsi penulis akan dunia faery. Rasanya hidup banget dan tentu saja ada Robin “Puck” Goodfellow. Hehe…

Hisrom favoritku jelas An Offer from Gentleman (Julia Quinn), Dreaming of You (Lisa Kleypas) dan Whitney, My Love (Judith Mcnaught).  An Offer from gentleman… anything about fairytale is good for me. Dreaming of You… aku suka tokoh Derek yang complicated dan tortured. Whitney, My Love… aku suka karena apa ya? Banyak adegan yang bikin gemes dan kesel kali ya haha…

6. Oh ya, kamu kan lagi ambil s-2 Pathology di Melbourne, penasaran nih, kamu dulu ambil s-1 dmana, dan kenapa akhirnya bisa memutuskan mengambil kuliah di kota tersebut?
Aku bukan ambil s-2 sih. Aku ambil sertifikat Pathology di Melbourne. Aku pengen mencoba jadi Pathology Collector, tukang ambil sample… Atau bahasa sederhananya, aku mau coba jadi vampire yang ambilin darah orang hehe… Sebelumnya aku kuliah di Singapura, ambil Bachelor of Honours in Biomedical Science. Alasan aku memilih Singapura karena aku memang berencana ingin kuliah di luar negeri dan mencoba tinggal mandiri di negara lain. Kebetulan Singapura itu paling dekat dan aku punya saudara di sana.

7. Ceritain dong suka dukanya tinggal di negeri orang, suka homesick nggak? Biasanya apa sih yg dikangenin dari Indonesia?
Tinggal di negeri orang jelas sangat menyenangkan. Suasana baru, orang-orang baru, makanan baru haha… Awalnya aku homesick sih. Sampai nangis sendiri gara-gara inget rumah. Tapi setelah setengah tahun, aku sudah terbiasa sendiri malah. Asyik sendiri dengan buku bacaan dan lupa sama homesicknya. Begitu menemukan rutinitas, homesick-nya hilang. Tapi aku tetap kangen Indonesia. Semua keluargaku ada di sana. Bagaimanapun rumah dan keluarga tidak bisa dikalahkan dengan apapun. Dan aku suka sekali dengan rendang padang. Aku tidak bisa nemuin rendang seenak itu di negara manapun. Haha…

8. Ntar kalau sudah lulus, rencananya mau kerja dimana? Balik ke Indo atau stay di Aussie?​
Setelah lulus, mungkin aku akan coba kerja di Aussie dulu. Kerja sambil ambil s-2.  Aku tidak tahu bagaimana ke depannya. Di antara Indo sama Aussie… aku ga bisa milih haha… Dua-duanya punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Jadi, let it flow saja deh…

9. Siapa penulis Indonesia yang kamu favoritkan? Kalau suatu kali mendapat kesempatan untuk bertemu penulis tersebut, apa yang kamu lakukan?
Jujur, aku suka Agnes Jessica. Soalnya dia penulis Indonesia pertama yang saya baca karyanya. Sentimental reason gitulah. Lagipula waktu aku masih SMP dan SMA, aku suka banget koleksi buku-bukunya gitu. Kalau suatu saat dapat kesempatan buat bertemu dia, yah pastinya aku kenalan dan minta tanda tangan dong.😄

10.  Kalau disuruh milih, Lisa Kleypas vs julia Quinn? Sandra Brown vs Linda Howard? Harry Potter vs Twilight vs the Hunger Games?

  • Lisa Kleypas vs Julia Quinn, aku sih milih Julia Quinn. Soalnya dia paling pinter bikin dialog witty dan bikin aku ketawa.
  • Sandra Brown vs Linda Howard, aku tetap lebih milih Sandra Brown karena dari novel-novel dialah aku belajar menulis.
  • Harry Potter vs Twilight vs Hunger Games…
    Aku nggak suka Twilight, walau anehnya aku suka buku keduanya yang jelas paling tidak disukai (gara-gara Bella-nya ditinggal Edward kali ya? XD). Aku suka Harry Potter lebih karena aku tumbuh dewasa bersama seri itu dan memang imajinasi JK Rowling itu luar biasa. Tapi aku tetap pilih Hunger Games karena lebih nyesek dan kasian gitulah sama tokoh-tokohnya.

11.  Dari sekian banyak buku Sandra Brown, judul mana yang menjadi favoritmu? Kenapa?
Haha… Aku paling suka The Silken Web. Ga tau kenapa aku punya kecenderungan suka novel romance yang punya dua fase: hubungan masa lalu yang putus karena salah paham dan pertemuan kembali di masa depan. Tapi semua karya Sandra Brown sih rata-rata aku suka. Hehe…

12.  Dari daftar serial TV favorit, aku lihat ada Smallville dan TVD, nah, couple favoritmu dari masing2 serial itu siapa saja nih? Kenapa?

  • Smallville… aku suka Chloe, sahabatnya Clark Kent. Beneran setia banget sampai akhir gitu. Kalau couple di film itu sih kan cuma si Clark sama Lana Lang/Louis Lane yang menurutku biasa saja hehe…
  • TVD sudah pasti suka sama Klaus dan aksennya hahahaha… Aku suka banget hubungan dia dengan Caroline. Seperti biasa, aku jarang suka dengan tokoh utama.

13.  Suka drama/film Jepang? Ada judul favorit nggak?
Drama Jepang yang kutonton cuma Hana Yori Dango dan Hana Kimi. Dua-duanya bagus, walau aku tetap lebih suka the classic F4 haha… Aku lebih suka nonton drama Taiwan sih, lebih fast pace ceritanya.

14.  Sekarang kan sedang demam K-Wave, termasuk K-drama & K-Pop. Kamu terkena imbasnya nggak nih? Kalo ya, K-drama favoritnya apa? Boyband/gir band favoritnya?
K-Wave… Aku ga suka K-drama. Kurang cocok dengan selera gitu. Terlalu lambat jalan ceritanya dan kurang banyak adegan dramatisnya hehe… Tapi aku suka Save The Last Dance For Me, nyesek banget ceritanya. Aku kurang suka K-pop dan boyband/girlband korea. Tapi aku suka lagu-lagu mellownya, terutama yang dari serial dramanya. Aku memang punya kecenderungan aneh suka dengan lagu-lagu patah hati yang liriknya bikin depresi gitu. Wkwkwkwkwk….

15.  Kulihat Harry Potter ada dlm daftar film favoritmu namun tidak ada di daftar buku favorit? Kenapa, lebih suka filmnya ya?
Soalnya yang bikin aku tertarik baca Harry Potter itu filmnya. Aku sempat baca tiga bab awal buku pertama Harry Potter dan berhenti karena bosan. Tapi karena nonton filmnya, jadilah aku tertarik baca.

16.  Kalau boleh disuruh milih menceritakan kembali sebuah lagu dalam bentuk cerpen/novel, lagu apa yang akan kamu pilih? Kenapa?
Wah, aku belum pernah mikir soal ini. Tapi ada satu lagu judulnya “Leonie” by Arjan Brass. Aku sempat punya ide pengen bikin tokoh bernama Leonie yang meninggal gitu dan dikenang apalah… Secara lagunya tentang orang patah hati gitu hahaha…

17.  Pilih ebook atau buku cetak? Kenapa?
Jelas buku cetak. Sakit mata kalau baca ebook. Buku cetak juga punya wangi kertas yang membius melebihi narkotik. *jiah lebay*

18.  Siapa tokoh fiksi dalam buku yang paling berkesan buatmu dan kamu harap benar-benar ada di kehidupan nyata? Kenapa?
Jane Eyre dong. Soalnya dia itu hebat banget. Hidup sendirian dan dianggap rendah di mana-mana, tapi dia tetap memegang teguh prinsip hidupnya. Menurutku, tokoh ini sangat inspirasional. Apalagi aku paling suka melanggar aturan seenaknya demi kenyamanan diri sendiri.

19. Seperti kebanyakan anggota BBI lainnya, apakah kamu punya dosa berupa timbunan buku? Setinggi apa/seberapa banyak buku yang kamu timbun dan belum dibaca?
Dosaku sangat besar kalau soal timbunan. Saat ini ada 211 buku yang belum kubaca. Dan karena aku slow reader, gataw kapan beresnya itu. Kecepatan beli buku lebih besar dari kecepatan membaca

20.  Apa kesan-kesannya selama menjadi anggota BBI dan harapan untuk kemajuan BBI?
Kesan paling menonjol selama menjadi anggota BBI adalah timbunan buku makin tinggi dan daftar book wishlist pun makin panjang. Aku malah berusaha keras untuk tidak membaca review orang-orang saking takutnya nambah wishlist (yang sayangnya gagal total, tetap tambah terus). Harapan saya adalah BBI makin dikenal banyak orang dan anggota makin banyak juga tetap berhubungan baik satu sama lain. Cheers!

Nah, sudah 20 pertanyaan dan 20 jawaban dalam CUI dengan Sabrina. Dan jawaban diakhiri Sabrina dengan…

Hehe… Thanks for the interesting questions. Nice to know you, Danee🙂

Salam, Sabrina

—–

Fyuh, sudah ditunaikan semua kewajibanku mem-posting hasil CUI dengan Sabrina. Semoga teman-teman BBI semuanya jadi lebih tahu tentang Sabrina seperti juga diriku yang baru tahu bahwa selera baca dan tontonan serial TV kami lumayan mirip, hahahaha. Jadi CUI kali ini sukses!😀

*sekarang saatnya melanjutkan peer dari Teh Chacha *pasangikatkepalasambilmenangisdarahdisela2kesibukankantor*

23 thoughts on “Close Up Interview

  1. Wah mba Sabrina, kita banyak yg sama nih serial TV, karakter, genre favorit!! Aku juga suka Klaus dia hot bgt kyaaaa >.<

    Kita harus lebihs ering ngobrol mba😀

  2. Sabrinaaa ternyata kamu udah di melb aja ya!! pernah ketemu sabrina pas kopdar di bandung, dan ternyata kita satu almamater sma hahaha…sukses ya di melb, jgn nimbun buku terussss ;p

  3. Ooowww Sabrina udah di Melbourne skr. Aku jg baru tahu ttg pathology collector. Selama ini pikirnya yg kayak gitu tuh spesialis pathology anatomy ato pathology klinik aja.
    Kapan2 cerita lagi ttg profesinya dong, sab

  4. wah hebat, kerjaannya berhubungan ama darah nih (diri sendiri gak kuat liat darah)
    Ternyata suka Iron Fey juga, tumben suka sama Puck, kebanyakan sukanya Pangeran Ash yg dingin.
    Selera hisromnya rupanya tipe yg slap & kiss😛

    *toss* ketemu lagi klan penimbun buku *dilempar*
    suka lagu depressi, boiben 90-an banyak yg lagunya enak tuh

  5. Halo mbak mbak…🙂 Saya dyta…
    Pathology collector itu beda yo sama analis atau PK ? weleh keren sekali… :O

Leave a Reply

