Letters to Sam

12139422Detail buku:
Judul asli: Letters to Sam: A Grandfather’s Lessons on Love, Loss, and the Gifts of Life
Penulis: Daniel Gottlieb
Penerjemah: Windy Ariestanty
Editor: Ninus D. Andarnuswari
Proofreader: Christian Simamora
Penata letak: Nopianto Ricaesar
Desain Sampul: Dwi Anissa Anindhika
Penerbit: Gagas Media
Tebal: 232 hlm
Cetakan I, Juli 2011
ISBN: 978-979-7805104

Sinopsis:

Aku tak sanggup memikirkan hal ini, tetapi aku tahu, satu hari nanti, kau akan mendengar seseorang berkata, ‘Dia autis.’ Kalau hal itu terjadi, aku khawatir, kau akan menyadari bahwa ketika orang melihatmu, mereka tak melihat seorang Sam. Mereka melihat sebuah diagnosis. Sebuah masalah. Sebuah pengelompokan. Bukan seorang manusia.

Dalam kekhawatiran dan ketidakpastian itulah, Daniel Gottlieb memutuskan untuk menulis surat-surat kepada Sam, cucunya. Bagi sang Kakek, Sam adalah sahabat sejiwanya karena dia sendiri mengalami kelumpuhan akibat kecelakaan.

Sang Kakek ingin membagi pandangan tentang menjadi berbeda, bagaimana menghadapi ketakutan, merajut harapan, dan mengambil hikmah dalam setiap rencana Tuhan. Inilah kisah yang dibagi Daniel Gottlieb untuk Sam dan untuk kita semua—tentang menjadi manusia.

…Berterimakasihlah kepada siapa pun yang datang… karena setiap tamu dikirimkan dari atas sana sebagai pemandumu.—Jalaluddin Rumi

Resensi:

151382Sudah lama aku ingin membaca buku ini, namun selalu tertunda karena belum berkesempatan membelinya. Ketika akhirnya kutemukan buku ini di salah satu rental buku ternama di Solo, segera saja kuambil buku ini dari rak pajang dan buru-buru membacanya di rumah.

Buku yang berisi ungkapan perasaan Daniel Gottlieb, seorang kakek kepada Sam, cucunya yang ‘berbeda’ dari lingkungan sekitarnya ini sangat inspiratif. Gottlieb yang mengalami kelumpuhan karena kecelakaan mencoba menjalin hubungan spesial dengan cucunya yang didiagnosis menderita autisme sehingga cenderung tenggelam dalam dunianya sendiri.

11730817Sang Kakek merasa bahwa dia dan cucunya terhubung dengan segala kekurangan yang mereka miliki. Dia menulis buku ini dengan harapan agar Sam bisa memahami bahwa kondisi mereka yang berbeda dari orang-orang sekitar mereka bukanlah halangan untuk menjalani hidup yang lebih baik dan meraih cita-cita. Keputusasaan tentu saja tidak luput menghampiri Gottlieb, terutama saat dia merasa bahwa hidupnya sia-sia. Namun sikap pantang menyerah dan kasih sayang orang-orang di sekitarnya membuatnya bangkit kembali dan kehadiran Sam membuatnya lebih bersemangat.

Separuh pertama buku ini sangat membuatku terharu, namun entah mengapa separuh sisanya hanya bisa kubaca selintas saja. Mungkin karena emosi sang Penulis benar-benar kurasakan sejak halaman pertama, sehingga ketika akhirnya emosi tersebut benar-benar terkuras di pertengahan buku, akhirnya aku malah jadi merasa sedikit hampa ketika mengakhiri membaca buku ini.

Buku ini sendiri menurutku adalah sebuah buku yang bagus, menginspirasi kita bahwa dalam segala kekurangan fisik setiap orang tetap dapat berprestasi dan meraih kebahagiaan mereka sendiri.

Sensasi rasa yang tertinggal: 3,5/5

Tentang penulis:

Daniel Gottlieb adalah seorang psikolog yang memulai praktek pada tahun 1969 dan mempunyai kehidupan sempurna dengan istri dan kedua anak perempuannya. Namun kecelakaan mobil fatal yang dialamunya di tahun 1979 menyebabkan kelumpuhan dari dada ke bawah. Kehidupannya berubah 180 derajat, dimana dia harus mengalami depresi dan keputusasaan karena kelumpuhannya tersebut. Pukulan berat juga dialami Gottlieb ketika sang Istri meninggalkannya dan meninggal dunia beberapa tahun kemudian, disusul kematian saudara perempuan dan juga orang tuanya.

Selain mengasuh sebuah acara di radio lokasl, Daniel Gottlieb juga menulis kolom di Philadelphia Inquirer berjudul “Inside Out,” (1993-2008)  yang merefleksikan pemikirannya tentang segala hal yang terjadi di sekitar kita dan bagaimana menanganinya. Gottlieb juga sibuk memberikan berbagai ceramah pencerahan

Kakek dari Sam ini telah menerbitkan empat buku lainnya, yang terbaru berjudul “The Wisdom of Sam: Observations on Life from an Uncommon Child,”. Penjualan buku tersebut didoansikan untuk kesejatheraan anak-anak.

Untuk mengenal lebih lanjut tentang Daniel Gottlieb, silakan mengunjungi websitenya di http://www.drdangottlieb.com/

Sekilas kata:
Resensi buku ini aku ikutkan dalam Finding New Author yang diadakan oleh Ren.

3 thoughts on “Letters to Sam

  1. Pingback: New Authors Reading Challenge 2013 | Melihat Kembali

  2. Pingback: New Authors Reading Challenge 2013 – Wrap Up | Melihat Kembali

  3. Pingback: What’s In a Name Reading Challenge 2013 – Wrap Up | Melihat Kembali

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s