Sense and Sensibility

3335356Detail buku:
Penulis: Jane Austen
Adaptasi: Clare West
Editor: Jennifer Bassett, Tricia Hedge
Penerbit: Oxford University Press
Tebal: 104 hlm
Cetakan I, Maret 2008
ISBN: 978-0-19-479233-2

Sinopsis:
Sometimes the Dashwood girls do not seem like sisters. Elinor is all calmness and reason, and can be relied upon for practical, common sense opinions. Marriane, on the other hand, is all sensibility, full of passionate and romantic feeling. She has no time for dull common sense-or for middle-aged men of thirty-five, long past the age of marriage.
True love only can be felt by the young, of course. And if your heart is broken at the age of seventeen, how can you aver expect to recover from the passionate misery that fills your life, waking, and sleeping?

Resensi:
Salah satu karya Jane Austen yang terkenal ini aku kenal terlebih dahulu melalui VCD versi mini seri yang ditayangkan tahun 2008 oleh BBC. Tidak lama kemudian aku baru tahu bahwa ada versi film lainnya yang telah dibuat pada tahun 1995 dan diperankan oleh aktor-aktris papan atas Inggris seperti Emma Thompson, Kate Winslet, Alan Rickman, dan Hugh Grant. Potongan-potongan adegan dari versi film Sense and Sensibility tahun 1995 itulah yang digunakan untuk memberikan sedikit ilustrasi dalam buku Sense and Sensibility terbitan Oxford University Press yang kubaca kali ini.

Sense and Sensibility menceritakan tentang bagaimana Elinor dan Marianne, kedua anak perempuan keluarga Dashwood yang telah memasuki usia siap menikah harus menghadapi intrik kehidupan abad 18 di Inggris yang sangat kental dengan nuansa perjodohan, harta warisan, dan kehidupan sosial yang rentan skandal dan harus selalu sempurna di mata masyarakat. Saat itu kehormatan seseorang dinilai dari harta, status sosial yang tinggi, dan juga kebanggaan akan suatu kedudukan tinggi yang seringkali diwariskan secara turun temurun.

Elinor, Marianne, beserta ibu dan adik mereka, Margaret terpaksa meninggalkan rumah yang selama ini mereka tinggali setelah ayah tiri mereka, Henry Dashwood meninggal dunia dan mewariskan rumah tersebut untuk John, putera satu-satunya dari istri pertama Henry. Walaupun John sebenarnya tidak keberatan dengan keberadaan ibu tiri dan adik-adik tirinya tersebut, namun sang Istri tidak menyukai keberadaan mereka sehingga turut andil dalam menyingkirkan saudara tiri suaminya itu.

Walaupun harus pindah ke cottage sederhana dan harus hidup dalam kekurangan, si Sulung Elinor berhasil menyikapinya dengan bijak, tidak terlalu mempermasalahkan keadaan mereka yang tanpa pelayan, kereta kuda, dan segala kemewahan yang pernah mereka dapatkan. Namun tidak demikian dengan ibunya dan Marianne yang merasa tersia-sia dan selalu mengeluhkan kondisi mereka tersebut.

Dalam kondisi itulah Elinor dan Marianne mengalami kisah cinta yang saling bertolak belakang, dimana Elinor yang cenderung pendiam, berpikir logis, dan tertutup tidak suka mengumbar perasaannya, sehingga saat dia jatuh cinta tidak ada seorang pun yang tahu. Sementara itu Marianne yang lebih muda selalu mengekspresikan perasaan seperti layaknya buku terbuka dan sempat menimbulkan skandal karena hubungannya dengan seorang pemuda. Marianne bahkan tidak menyadari bahwa ada seseorang yang selama ini diam-diam mencintainya sepenuh hati karena dia terlalu fokus dengan keberadaan pemuda yang lebih menarik tersebut.

Elinor yang diam-diam memupuk perasaan mendalam kepada seorang pemuda yang selama ini dianggap tidak terlalu berharga oleh keluarga pria tersebut harus menerima kenyataan buruk ketika perkenalannya dengan seorang gadis mengungkapkan kebenaran pahit yang menyakitkan hatinya. Namun demikian, Elinor tidak terlalu mempermasalahkannya dan menyimpannya rapat-rapat. Berbeda halnya dengan Marianne yang saat patah hati membuat khawatir orang-orang di sekitarnya. Ketika sebuah kebenaran terungkap dan Elinor terpaksa memperlihatkan perasaannya yang sebenarnya, Marianne baru menyadari bahwa selama ini kakaknya itu hidup dalam siksaan cinta.

Karakter para wanita di buku ini seperti karakter wanita lainnya di buku karya Jane Austen lainnya, terlihat kuat dan menonjol, baik dalam arti positif dan juga arti negatif yang cukup berimbang. Dalam urusan percintaan, Elinor yang selalu berpikir logis ternyata sama lemah dan kurang beruntungnya dengan Marianne yang selama ini meledak-ledak dan hidup dalam mimpi dan keyakinannya tentang cinta yang harus diekspresikan.

Sedangkan para prianya menurutku diceritakan dengan kesan yang tidak terlalu kuat dan cenderung mematuhi para wanita di sekitar mereka yang dianggap lebih tua/dihormati. Walalupun karakter para pria ini juga kutemukan dalam banyak kisah historical romance yang sering kubaca, namun biasanya para tokoh utama mempunyai sisi liar/pemberontak yang cukup mendobrak tatanan saat itu. Hal inilah yang tidak kutemukan dalam sosok Mr. Willoughby, Mr. Edward Ferrars, dan juga Colonel Brandon yang terlibat dalam kehidupan Elinor dan Marianne.

Karya pertama Jane Austen ini kemudian menjadi sebuah karya klasik yang telah berulang kali dibuat versi adaptasi filmnya.

Sensasi rasa seusai baca: 3/5

Tentang Penulis:
Jane Austen (16 December 1775 – 18 July 1817) adalah salah satu penulis karya sastra klasik berkebangsaan Inggris yang lahir dari sebuah keluarga besar yang terdiri dari kedua orang tua, 6 saudara laki-laki, dan seorang saudara perempuan. Karya-karyanya yang terkenal adalah Sense and Sensbility, Pride and Prejudice, Mansfield Park, Emma, dan Persuasion.

Karya fiksi romance yang ditulis Austen menonjolkan karakter para wanitanya yang lebih tegas dalam menyikapi pernikahan dan punya pendapat teguh tentang sebuah prinsip yang mereka pegang, terutama terkait dengan masalah harta yang sangat sensitif di abad 18.

Kisah cinta Austen sendiri telah difilmkan pada tahun 2007 dengan judul Becoming Jane, dimana akhirnya dia memang tidak pernah menikah hingga dia meninggal pada tahun 1817 karena sakit.
(sumber: http://en.wikipedia.org/wiki/Jane_Austen)

Film adaptasi:

Sense & Sendibility Movie (1995)

Sense & Sendibility Movie (1995)

Dari sekian banyak film adaptasi novel Sense and Sensibility ini, yang paling terkenal adalah yang disutradari oleh Ang Lee di tahun 1995 yang dibintangi oleh Emma Thompson, Kate Winslet, Alan Rickman, dan Hugh Grant. Film ini masuk dalam 7 nominasi di 68th Academy Awards dimana Emma Thompson memperoleh penghargaan Academy Award for Best Adapted Screenplay. Film ini meraih 12 nominasi BAFTA di 49th British Academy Film Awards dan berhasil meraih piala untuk Best Film, Best Actress in a Leading Role dan Best Actress in a Supporting Role. Selain itu, film ini memenangkan Golden Bear di 46th Berlin International Film Festival.

Fakta menarik lainnya dari film ini adalah Emma Thompson, pemeran Elinor Dashwood, akhirnya menikah dengan Greg Wise, pemeran Willoughby di tahun 2003🙂

Sense & Sensibilty TV Mini Series (2008)

Sense & Sensibilty TV Mini Series (2008)

Sense and Sensibilty versi mini seri TV yang ditayangkan oleh BBC mendapat kritikan dari the Jane Austen Society karena dianggap memasukkan unsur seksualitas yang dinilai menodai karya sastra murni. Namun begitu mini seri ini meraih penghargaan seperti Best Television Film Director award di 14th Shanghai Television Festival untuk John Alexander selaku sutradara dan Best Performance by an Actress in a Television Film untuk Hattiie Morahan, pemeran Elinor Dashwood.

sumber:
http://en.wikipedia.org/wiki/Sense_and_Sensibility_(film), http://en.wikipedia.org/wiki/Sense_and_Sensibility_(2008_TV_serial)

Sekilas kata:
Resensi ini dibuat dalam rangka tema baca bareng Sastra Eropa di bulan Juni bersama BBI dan juga Book in English Reading Challenge.

3 thoughts on “Sense and Sensibility

    • yg ni versi singkatnya, mbk, tpi mmg gak banyak dialog, bkin mata cpet minta ditutup tiap kali baca😦

      PnP-ku malah tertunda euy, pdhal dlu dah dpt feelnya pas baca tpi trus ktunda krna nyelip ntah kmana, hiks

  1. Pingback: Book in English Reading Challenge 2013 | Melihat Kembali

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s