The Angel at No. 33 – Rumah No. 33

Indonesian cover

Indonesian cover

Detail buku:
Judul asli: The Angel at No. 33
Penulis: Polly Williams
Penerjemah: Barokah Ruziati
Editor: Primadona Angel
Kover: Fiona Franny
Penerbit: PT. Gramedia Pustaka Utama
Tebal: 480 hlm
Cetakan I, Mei 2013
ISBN: 978-979-22-9534-4

Sinopsis:
Pada suatu malam, Sophie ditabrak bus. Tapi, dia tidak bisa—belum bisa—meninggalkan orang-orang yang dicintainya. Suaminya, Ollie, akan berantakan tanpa dia. Freddie, putra mereka, masih terlalu kecil. Dan sahabatnya, Jenny? Jenny harus mengetahui sesuatu sebelum segalanya terlambat…

Resensi:

Original cover

Original cover

Ketika kematian mendadak merenggut nyawa seorang ibu muda yang meninggalkan seorang anak laki-laki yang manis dan seorang suami yang ganteng, maka saat itulah kisah ini dimulai. Walaupun telah meninggal, ternyata arwah Sophie tidak langsung pergi ke alam baka, melainkan bergentayangan di sekitar orang-orang dekatnya. Dia mengamati bagaimana kondisi orang-orang terdekatnya mengalami kedukaan mendalam dan bagaimana akhirnya kematiannya tersebut membuat segala hal yang terlihat sempurna itu berubah seketika.

Selain Ollie, suaminya yang mendadak menjadi incaran para ibu muda dan Freddie, anak laki-laki kesayangannya, orang yang paling merasa kehilangan Sophie adalah Jenny, sahabatnya sejak kuliah. Walaupun Sophie dan Jenny bertolak belakang dalam penampilan dan sifat, namun persahabatan yang mereka jalin sejak kuliah sangat kuat. Pun ketika Jenny mengalami dilema karena tidak segera menikah dengan tunangannya.

Turkish cover

Turkish cover

Dalam kesedihannya itulah Jenny bertemu dengan sisi lain kehidupan Sophie: para tetangga Sophie yang gemar bergosip dan memuja kehidupan sempurna pasangan Sophie-Ollie. Namun tiada yang sempurna di dunia ini karena Jenny tanpa sengaja menemukan banyak rahasia di balik keceriaan Sophie yang cukup membuatnya terkejut.

Bersama dengan para tetangga Sophie, Jenny turut serta dalam Proyek Bantu Ollie untuk membantu pria itu melewati masa kelam sepeninggal Sophie. Namun semuanya tidak berjalan sebagaimana mestinya karena banyak intrik yang terjadi di kemudian hari terkait memperebutkan perhatian Ollie yang memang sejak lama telah menjadi idola para ibu muda di lingkungan sekitarnya.

Jenny sendiri kemudian berada di tengah kebimbangan setelah tunangannya mendadak melamarnya karena pria itu menuntutnya untuk menjauhi keluarga Sophie yang dianggapnya mengalihkan perhatian Jenny dari dirinya. Dalam kebimbangannya itulah, Jenny akhirnya menyadari apa yang sebenarnya dia inginkan dalam hidupnya yang selama ini terasa membosankan.

Alternative cover

Alternative cover

Pada paruh awal, penceritaan buku ini cenderung lambat dan membuat bosan, namun di pertengahan cerita berjalan cukup cepat dengan memunculkan beberapa tokoh baru yang turut andil dalam pengembangan cerita. Arwah gentayangan Sophie sendiri tidak bisa berinteraksi langsung dengan orang-orang di sekitarnya sehingga keberadaannya hanya sebagai salah satu narator cerita yang turut memberikan gambaran apa yang sebenarnya terjadi selain dari sudut pandang Jenny.

Walaupun akhir ceritanya sudah dapat kutebak sejak awal, namun tetap saja proses menuju akhir tersebut lah yang membuatku bertahan membacanya. Namun bagiamana dengan nasib Sophie? Well, setelah tahu bahwa semua orang yang dikasihinya bahagia tentu saja dia dengan senang hati melanjutkan “perjalanan”-nya🙂

Berbagai versi kover buku The Angel at No. 33 terlihat menarik dan catchy dengan kesan feminin yang lembut mendominasi, menunjukkan siapa sasaran utama buku ini🙂

Sensasi rasa seusai baca: 3/5

Tentang penulis:
Polly Williams adalah seorang penulis dan wartawan yang memutuskan untuk menjadi penulis setelah kelahiran anak pertamanya. Buku pertamanya adalah The Rise and Fall of a Yummy Mummy dan saat ini akan segera meneritkan Husband, Missing.

Selain menjadi penulis novel, Williams juga menulis untuk The Sunday Times, The Guardian, The Telegraph, The Daily Mail, You magazine dan Red. Ingin mengenal lebih jauh Polly Williams, silakan meluncur kemari http://www.pollywilliams.com

Sekilas kata:
Resensi ini aku sertakan dalam Finding New Author RC yang diadakan oleh Ren.

4 thoughts on “The Angel at No. 33 – Rumah No. 33

  1. Pingback: New Authors Reading Challenge 2013 | Melihat Kembali

  2. Pingback: New Authors Reading Challenge 2013 – Wrap Up | Melihat Kembali

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s