I’ve Found You

2013-08-02 21.56.06Detail buku:
Penulis: Santia Inda O.
Editor: Anin Patrajuangga
Desainer cover: Lisa Fajar Riana
Penata isi: Yusuf Pramono
Penerbit: PT. Grasindo
Tebal: 128 hlm
Cetakan: I, 2013
ISBN: 978-979-08-1971-9

Sinopsis:

“Adakah cinta pertama yang menjadi cinta terakhir?”

Lcaudia Tyra selalu berpikir akan kebenaran itu, ia hanya gadis biasa yang sama sekali belum pernah engetahui arti cinta dan belum mempunyai pasangan. Satu hal yang menjadi hamabtan untuknya yaitu “sang Mama yang selalu menganggapnya anak kecil dan belum cukup umur untuk mengal lelaki.”

Hingga suatu saat ia bertemu dengan Gladio Carlen Anggara, lelaki yang lebih tua 3 tahun darinya dan menjadi pacar pertamanya. Semua tantangan pun mereka mulai, secara diam-diam tanpa sepengetahuan Mama. Masih banyak tantangan lain yang membuat Tyra semakin mengerti tentang hubungan cinta.

Resensi:
Membaca sekilas sinopsis di atas, aku langsung tahu bahwa buku pilihanku dalam paket ketiga buku gratis dari Mbak Yudith ini adalah buku untuk para ABG. . Sebenarnya hal itu bukan masalah untukku apabila memang ceritanya bagus dan menarik, namun hal itu tidak terjadi dalam buku ini. Mulai dari ide cerita I’ve Found You yang sudah jamak, karakter yang tidak berkembang, alur yang terkesan melompat-lompat, inkonsistensi cerita, dan tentu saja ending yang sangat klise.

Sebuah kekecewaan tersendiri bagiku karena tidak menduga akan menemukan banyak sekali kekurangan dalam buku terbitan Grasindo. Sejak halaman pertama sudah kutemukan typo yang langsung membuatku berhenti membaca untuk sejenak melihat ke data buku untuk mencari tahu buku ini ada editornya atau tidak-yang ternyata ada sehingga membuatku menghela napas karena sepertinya sang Editor melewatkan typo sejak halaman pertama cerita?!.

Selain itu aku langsung merasa dejavu dengan adegan pembuka cerita dari buku ini dimana Tyra, sang tokoh utama dibangunkan dari tidurnya oleh sang Mama. Sepengetahuanku, adegan pembuka seperti ini sangat klise, dan semakin membuatku mendapat firasat buruk karena aku pernah membaca adegan yang mirip pada sebuah novel yang pertama kali sukses membuatku merasa tidak punya otak tidak prima.

Inkonsisten penyebutan cowok dan lelaki membuatku mengerutkan kening berkali-kali karena merasa tidak nyaman. Konfliknya nanggung dimana ketidaksetujuan sang Mama tidak terjabarkan dengan baik pun demikian, bahkan sebuah kejutan di akhir cerita tidak didukung sedikitpun petunjuk di setiap bab cerita yang seperti penggalan adegan yang tidak terjalin dengan baik. Ketabahanku untuk melanjutkan membaca sampai akhir ternyata memang tidak terbayar dengan cerita yang runtut, sehingga yang ada akhirnya aku bisa menghela nafas lega ketika berhasil menyelesaikannya hanya dalam waktu kurang dari satu jam saja. *fyuh*

Tanpa bermaksud mematahkan semangat para penulis baru, ada baiknya sang Penulis lebih banyak membaca berbagai jenis buku untuk menambah wawasan dan referensi agar bisa mengeksplor ide-ide baru untuk kemajuan karyanya berikutnya.

Selain itu, penerbit sekelas Grasindo yang merupakan tergabung dalam kelompok Kompas Gramedia sebaiknya juga lebih selektif dalam menerbitkan naskah-naskah baru dan memaksimalkan peran editor yang tidak semata-mata meminimalkan typo, namun juga membatnu mengembangkan naskah para penulis pemula tersebut.

Sensasi rasa seusai baca: 1,5/5

Tentang Penulis:
Penulis bernama langkap Santia Inda Octaviani ini lahir di Pangkal Pinang, Bangka Belitung, cinta fotografi dan travelling. Buku ini sepertinya menjadi karya perdananya yang diterbitkan. Silakan intip twitternya di @santiainda🙂

Sekilas kata:
Teman-teman BBI lainnya yang mendapatkan buku gratis untuk di-review bersamaan denganku rata-rata mengeluhkan hal yang sama: buku yang mereka dapat memiliki banyak kekurangan, terutama untuk buku-buku karya penulis baru, dan ada pula yang berupa fanfic! Well, ke depannya kalau boleh sih Mbak Yudith membagikan buku-buku yang lebih bagus lagi😀

2 thoughts on “I’ve Found You

  1. Menurut pengamatanku, justru penerbit gede yang sering typo error. Gramedia, GagasMedia.. mungkin karena kebanyakan naskah masuk kali yaa jadi kejar setoran juga ngeditnya? *Sotoy*

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s