Orang-Orang Tanah

18250158Detail buku:
Penulis: Poppy D. Chusfani
Editor: C. Donna Widjajanto
Sampul dan ilustrasi: Anne M. Oscar
Penerbit: PT. Gramedia Pustaka Utama
Tebal: 200 hlm
Cetakan I, Agustus 2013
ISBN: 978-979-22-8398-3

Sinopsis:
http://www.goodreads.com/book/show/18250158-orang-orang-tanah

Resensi:

Kenyataan tergantung di mana kau berada. hlm.123

Awalnya aku mengira buku ini adalah buku untuk anak-anak-terutama dari kovernya-namun ternyata aku salah. Walaupun beberapa tokoh utama di beberapa cerita di dalamnya adalah anak-anak, namun beberapa deskripsi kekerasan dan misteri yang tersimpan di balik cerita-cerita yang ada lebih cocok dibaca mulai usia remaja.

Terdapat 9 cerita pendek yang ditulis tahun 2010-2012 dan masing-masing menyajikan cerita berbau fantasi, mistis, dan horor, yang dikemas menarik dengan ending yang cukup unpredictable. Kesembilan cerita tersebut adalah:

  1. Jendela
    Dinah yang sejak kecil menyaksikan ibunya disiksa Bang Darwin akhirnya menemukan sebuah jalan keluar yang dia percaya akan membuat mereka berdua bahagia.
  2. Pelarian
    Lara, seorang gadis dengan kekuatan lebih harus menerima banyak kejutan ketika akhirnya sang Ratu yang ambisius mengungkapkan jati diri Lara yang sebenarnya. Konflik yang terjadi kemudian memaksa Lara memutuskan jalan terbaik baginya dan sang Ibu.
  3. Pondok Paling Ujung
    Siera mencari inspirasi menulis di sebuah pondok di hutan. Semua berjalan lancar sampai muncul teror yang akhirnya nantinya membayangi hidup penulis tersebut selamanya
  4. Bulan Merah
    Sebuah sekte dan berbagai kepercayaan yang mereka miliki diceritakan dengan
  5. Dewa Kematian;
    Seorang Venus yang berada di puncak ketenarannya pun tak luput dari rasa tak terpuaskan. Ketika kenikmatan dari ambrosia dia temukan, kenikmatan dunia yang dijanjikan tak luput membawa petaka baginya.
  6. Pintu Kembali
    Kiran yang ditemani seekor anjing basset hound dalam perjalanannya menemukan pintu untuk melarikan diri dari seekor serigala jahat yang mengancam nyawa keduanya.
  7. Lelaki Tua dan Tikus
    Cerita ini diawali dengan kisah tentang seorang gadis yang mencari pekerjaan untuk meninggalkan masa lalu yang kelam, namun di pertengahan cerita muncul sebuah kejutan yang nantinya menjadi salah satu alternatif pemecahan masalah yang dihadapi para penghuni apartemen yang ditinggali gadis tersebut
  8. Sang Penyihir
    Kekuatan orang-orang tertentu di dalam masyarakat dalam membuat keputusan yang terkait dengan hidup orang lain sangat kental terasa dalam cerita ini. Suara mayoritas dan ketakutan para minoritas untuk bertindak benar akhirnya membawa akibat yang cukup fatal bagi masyarakat tersebut.
  9. Orang-Orang Tanah
    Takhayul tentang keberadaan orang-orang tanah yang memakan umpan di bawah pohon besar telah dibuktikan kebenarannya oleh Alia, gadis kecil yang menolak menerima keberadaan seorang wanita teman ayahnya di rumah baru mereka. Bagi Alia itulah jawaban doanya selama ini.

Dari sembilan cerita tersebut, favoritku adalah Pondok Paling Ujung, Lelaki Tua dan Tikus, dan Orang-Orang Tanah. Ketiga cerita itu cukup membuatku merasa merinding saat membacanya karena deskripsi tentang berbagai misteri di dalamnya.

Membaca buku ini layaknya menonton penggalan kisah-kisah misteri, lagi-lagi inilah pertanda bahwa kumpulan cerita Orang-Orang Tanah berhasil menarikku tenggelam dalam dunia misteri yang diciptakan sang Penulis.

Sensasi rasa seusai baca: 4/5

Tentang penulis:

Poppy D. Chusfani awalnya dikenal sebagai seorang penerjemah dan editor sebelum akhirnya menjadi seorang penulis. Kecintaannya pada dunia yang diciptakan J.R.R. Tolkien-ya, dia cinta mati dengan Lord of the Ring beserta segala macam budayanya-membuat Poppy gemar menulis cerita yang tidak jauh-jauh dari dunia fantasi tersebut. Selain Orang-Orang Tanah, 5 buku karyanya telah diterbitkan kesemuanya oleh GPU, seperti The Bookaholic Club,  Mirror, Mirror on the Wall… , Nocturnal, The Bookaholic Club: Hantu-Hantu Masa Lalu, Sell Your Soul!

Untuk mengenal lebih jauh Poppy yang tinggal di Bogor bersama suami dan seorang putera, silakan follow akun twitternya @pdchusfani atau mengunjungi akun facebooknya di facebook.com/pdchusfani.

Sekilas kata:

  • Resensi ini dibuat dalam rangka Posting Bareng Sastra Indo/buku yang ditulis penulis Indonesia
  • Resensi ini aku sertakan dalam Finding New Author RC yang diadakan oleh Ren

4 thoughts on “Orang-Orang Tanah

  1. Pingback: Baca Bareng BBI Januari – Desember 2013 | Mia membaca

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s