Halloween Giveaway 2013

HalGAHai, hai, akhirnya aku sempat juga meng-update blog ini setelah memposting meme di awal bulan ini. Ya, hanya satu meme dan belum ada resensi sama sekali di bulan Oktober *selfkeplak* Nah, di penghujung bulan Oktober 2013 ini aku menyiapkan kejutan untuk para pembaca setia blog ini. Kejutannya tentu saja dalam bentuk Giveaway dalam rangka menyambut Halloween Day.

Apa itu Halloween?

Tradisi Halloween berasal dari festival Samhain yang dirayakan orang Kelt zaman kuno. Festival Samhain merupakan perayaan akhir musim panen dalam kebudayaan orang Gael, dan kadang-kadang disebut “Tahun Baru Kelt”. Orang Kelt yang menganut paganisme secara turun temurun menggunakan kesempatan festival untuk menyembelih hewan ternak dan menimbun makanan untuk persiapan musim dingin. Bangsa Gael kuno percaya bahwa tanggal 31 Oktober, pembatas dunia orang mati dan dunia orang hidup menjadi terbuka. Orang mati membahayakan orang hidup dengan membawa penyakit dan merusak hasil panen. Sewaktu merayakan festival, orang Gael menyalakan api unggun untuk membakar tulang-tulang dari hewan yang mereka sembelih. Orang Gael mengenakan kostum dan topeng untuk berpura-pura sebagai arwah jahat atau berusaha berdamai dengan mereka

Halloween/Hallowe’en adalah tradisi perayaan malam tanggal 31 Oktober, dan terutama dirayakan di Amerika Serikat, dan merupakan kependekan dari All Hallows’ Even (eve dan even sama-sama berarti petang/malam) yang berarti malam sebelum hari raya All Hallow yang sekarang disebut Hari Raya Semua Orang Kudus (All Saints Holy Day).

Halloween identik dengan simbol kematian, keajaiban, dan tentu saja makhluk-makhluk menyeramkan dari kebudayaan Barat seperti setan, monster, iblis, manusia labu, makhluk angkasa luar, penyihir, goblin, zombie, mumi, tengkorak, drakula, Frankenstein, dan manusia serigala. Hitam dan oranye dianggap sebagai warna tradisional Halloween, walaupun sekarang banyak juga barang-barang Halloween berwarna ungu, hijau dan merah.

more about Halloween here: http://en.wikipedia.org/wiki/Halloween

Nah, untuk Giveaway kali ini, 1 orang yang beruntung akan mendapat 1 paket berisi 2 (dua) buku dari seri Need terbitan Atria, yaitu Need & Captivate by Carrie Jones. Hadiah ini disponsori oleh Mbak Maria Hobby Buku dalam rangka Birthday Giveaway Special di bulan April-Mei 2013 lalu yang diadakan bersama Ally & Stefanie.

8586755  10194512

Nah, tertarik untuk mendapatkan kedua buku tersebut? Ini dia syarat-syaratnya:

  1. Peserta giveaway tinggal di Indonesia,
  2. Menjawab pertanyaan di kolom komentar di post ini,
  3. Mengisi form pada Google Docs di bawah ini,
  4. Bersedia membuat review buku yang menjadi hadiah giveaway dalam waktu maksimal 3 (tiga) bulan setelah buku diterima,
  5. Follow blog ini melalui WordPress atau email,
  6. Jangan lupa untuk sharing tentang giveaway ini kepada teman-teman (via twitter, blog, ataupun facebook),
  7. Event ini akan berlangsung pada 24 – 31 Oktober 2013,
  8. Pengumuman Pemenang: 1-2 November 2013.

Dan jawab pertanyaan ini:

  1. Karakter monster/setan/iblis/makhluk gaib apa sih yang menurutmu paling menyeramkan? Kenapa? 
  2. Jika punya, ceritakan pengalaman menyeramkan/mistis yang pernah kamu/orang terdekatmu alami.

Yak, itu saja syarat dan ketentuan Giveaway ini, selamat merapal mantra dan jampi-jampi menjelang Halloween yaaa😀

16 thoughts on “Halloween Giveaway 2013

  1. 1. Dari dulu aku paling takut sama yang namanya zombie. Bukan vampir apalagi vampir bling2. Pengalaman nonton film Night of the Living Dead yang settingnya masih jadul itu bikin filmnya terasa makin merinding. Apalagi ngebayangin mereka gentayangan siang-siang jalan tersaruk2 untuk mencari dan mengigit otak manusia yang masih segar. Hiyyy. Beberapa malam yang lalu, saya juga mimpi tentang zombie, ini enelan. Zombienya ketok2 pintu rumah hiyyy

    2. Pengalaman mistis: DI belakang rumah saya ada Candi kuno, namanya Candisari. Saya masih ingat, waktu itu saya masih kelas 4 SD. Saya bersama adik lakilaki dan ayah saya pulang dari nonton jathilan jam 11 malam. Nah pas sampe depan candi, liat sesosok putih melayang di depan pintu candi. AYah bilang tenang saja jgn takut, kalo takut ntar malah dikejar. Baru kemudian saya tahu kalo itulah yg disebut wedon, hantu jawa yang konon kalo diliat terus malah akan semakin membesar dan berubah dari …errr pocong. Cara terbaik untuk menghindarinya adalah tetap tenang, kalem, jangan diliatin terus, abaikan saja. Trus kalu udah sampe rumah atau tempat yg aman langsung ambil wudu dan baca doa. Lebih bagus lagi kalo langsung beribadah. Karena kalo ngak kuat biasanya orang yg diweruhi akan kena sakit, tapi kalo kuat malah dpt rezeki. Begitu hehehe

  2. 1. Paling takut sama suster ngesot. Iya. beneran, sama yang ngesot gitu takutnya bukan main. mana kalau rambutnya jatuh ke depan semua, mukanya setengah ngga kelihatan. settingnya di rumah sakit, pisan. tempat yang paling ngga aku suka. huwah. .__.

    2. pengalaman mistis ya? hmm…
    dulu pernah ikut rukyah, itu semacam pengusiran jin yang ada dalam diri kita. katanya kalau dibacakan ayat-ayat tertentu, maka jinnya bisa keluar dari diri kita. Nah, waktu itu masih SMA, trus karena aku orangnya kepo, akhirnya coba coba lah. iya sih di akunya ngefek, nangis nangis ketawa ga jelas gitu kata si Ustadzah. tapi bukan itu yang serem, yang serem waktu ada orang lain juga yang dirukyah, dan jin dalam diri dia itu ‘bandel’nya bukan main. dibacain ayat, eh dia malah ngikutin baca, coba. sambil ketawa ketawa mengerikan gitu. disuruh keluar dari tubuh si dia, eh nggak mau. kayaknya itu hal kedua yang paling seram yang pernah aku liat langsung di depan mata kepala sendiri .__.

  3. 1. setan Indo emang ga ada matinye. jujur aja, gak berani nonton misteri2 indo yg di bioskop2 itu kalo nonton sendirian, mistisnya kerasa banget -____-

    2. kejadiannya udah lama banget, pas aku masih kecil. di perjalanan ke kota Garut, tiba-tiba aku ngelirik ke kaca spion mobil samping, dan ternyata di spion itu ada sosok yg menyeramkan -____- waktu itu gelap banget, sempet ragu juga itu apaan, tp yg jelas ga seperti orang. terdengar seperti khayalan atau salah lihat? entahlah, soalnya aku yg ngerasain sendiri keanehan itu

  4. 1.Menurut ku Karakter monster yang paling menyeramkan itu “Zombie”. Karna dari film yg pernah aku tonton, zombie itu susah bangett dimusnahin (dibunuh). Pkoknya zombie tu serem bangettt…

    2.Kalau pengalaman menyeramkan/mistis ini pernah dialami temen ku : dia pernah cerita gini, waktu itu sekitar jam Sembilan malem dia disuruh ke warung bwt beli minyak goreng. Nah, rumahnya kn deket kuburan… pas temenku balik dari warung mau pulang kerumah… dia liat sesosok bapak-bapak pakai baju putih di dalam area kuburan, bapak-bapak itu ngeliat kearah temenku sambil nglambai-lambaiin tangan seperti minta dihampirin…. Karna takut temenku langsung kabur masuk kerumahnya…. Gk kebayang dah takutnya gimana… aku aja yg diceritain takut… wktu aku main kerumahnya,,, aku gk berani ngelirik kekuburannya…hahaha Sekian cerita pengalaman mistis yg dialami temen aku….😀

  5. 1. Susah banget milih yang paling serem! Kayaknya amit-amit banget deh kalau harus liat salah satu selain lewat film, hih! Tapi, kalau emang harus milih banget, aku paling ngeri sama yang badannya ancur2 gitu, mungkin seperti Frankestein, yang raksasa dan mengerikan itu? Geli aja bayanginnya @-@

    2. Pernah sih, ada sekali. Yaitu pas aku masih tinggal di asrama. Aku dan temenku masih bangun, tinggal kita berdua sedangkan temen2 sekamar yang laen udah tidur. Terus kita denger ada yang buka pintu lemari, sampe denger ada suara kuncinya. Eh pas kita nengok, enggak ada siapa2. Kita lanjut ngobrol, eh ada suara kunci diketok2 ke kaca nako gitu, aku sama temenku buru2 tidur.Biasanya yang punya kebiasaan begitu kepala asramaku, eh ternyata dia lagi enggak dateng pas hari kejadian itu.

    Meski demikian, aku sih lebih serem sama penjahat yang keliatan daripada yang ‘tak kasat mata’. Yah, teteplah, gak mau banget ketemu yang jahat2 xD

  6. 1. saya paling takut sama Kuntilanak, dan sumpah menulis namanya pun bikin merinding. karena dia mengincar darah, ibu hamil dan bayi-bayi yang tidak berdosa. tentu saja sebagai perempuan saya (perlu) merasa takut.

    2. Pernah, sewaktu saya mandi saya mendengar orang berteriak menyuruh saya untuk bergegas keluar, maka saya pun bergegas menyelesaikan mandi saya (hehe) tapi begitu keluar, saya menanyakan satu persatu orang yang berada di rumah, tidak ada yang pernah merasa melakukan hal tersebut, setelahnya saya kapok mandi malam.

  7. 1. Karakter monster/setan/iblis/makhluk gaib apa sih yang menurutmu paling menyeramkan? Kenapa?
    Semuanya menyeramkan .__. Apalagi “monster” versi Indonesia *huaaa* Makanya aku nggak pernah berani nonton film horror. Rame-rame sih berani, tapi pasti kepikiran pas udah sendiri di kamar. Pokoknya ngeri sama yang begituan x_x Maaf ya jadinya nggak bisa milih u.u

    2. Jika punya, ceritakan pengalaman menyeramkan/mistis yang pernah kamu/orang terdekatmu alami.
    Pernah waktu kelas 6 SD. Waktu itu pulang les di sekolah, pas sampai di rumah, aku mau pipis. Baru masuk banget ke kamar mandi, mama ku manggil. Jadi, nyamperin mama ku dulu. Ini nggak tau mistis atau akunya yang lupa, pintu kamar mandi yang tadinya kebuka tertutup dengan sempurna. Tapi, aku yakin banget, sebelum nyamperin mama, pintu kamar mandinya nggak aku tutup .__. Nggak jadi pipis deh😄 Tapi, kalau ingat sampai sekarang, pasti takut sendiri ke kamar mandi u.u

  8. 1. POCONG. Soalnya itu nyata banget ada di kehidupan kita. Dulu, kalo ada saudara/tetangga/teman yang meninggal, suka keinget-inget wajahnya. Lucunya, kalo gak ikut sampai ke pemakaman, malah kebawa mimpi. Jadi, harus ikut sampai dimasukkan ke liang lahat. Nah, semenjak mama meninggal, kebalikannya. Kalo nganterin jenazah ampe pemakaman, kalo gak ‘bersih-bersih’ alias kayak harus mandi, ganti semua pakaian yang dipakai, langsung besoknya sakit. Kalo kata orang Jawa, ini namanya kena sawan. Ini gak cuma dialami sekali dua kali.

    2. Ada dua nih:
    Pengalamanku:
    Pernah mengalaminya di perpustakaan kampus, tempat aku pernah bekerja. Kejadiannya siang bolong, kebetulan saat itu jam istirahat. Berhubung lagi tanggung menuntaskan pekerjaan, aku gak ikut turun untuk istirahat. Posisi perpustakaan berada di lantai dua. Saat itu, aku hanya berdua dengan seorang rekan yang juga pustakawan. Ada suara ramai anak-anak kecil seperti tampak bernyanyi, aku nanya ama dia apa mendengar suara itu. Ternyata dia juga dengar. Karena penasaran, aku melongok ke luar. Baru sadar, kampus belakangnya adalah rawa dan sawah yang terhampar luas. Dari manakah suara anak-anak tadi?!? @_@

    Pengalaman saudara:
    Aku jadi ingat seorang sepupu yang memiliki indera keenam. Awalnya dia pernah mati suri saat SD, sejak saat itu dia memiliki tiga kelebihan; bisa meramal nasib orang lewat tangan, menyembuhkan sakit seseorang dengan pijatannya, dan bisa melihat yang tak terlihat. Nah, bagian bisa melihat yang tak terlihat inilah yang lumayan merepotkan. Sewaktu SMA, musim-musimnya main jelangkung di sekolahnya. Yang terakhir, hantu yang diundang itu gak mau balik. Membuntutinya sampai lulus SMA! Gak hanya di sekolah, di rumah pun terkadang hantu itu menampakkan wujudnya. Kata sepupu, hantu itu terlihat separo, bahkan terkadang mukanya rata, hiyyyyy…. >__<

    Sekarang sepupuku itu sudah terbiasa dengan penampakan-penampakan yang hanya orang tertentu bisa dikasih kesempatan untuk melihat. Sebenarnya semua orang punya bakat seperti itu. Seperti pisau, mau diasah atau dibiarkan tumpul.

  9. Aku paling takut sama yang namanya RANGDA, tokoh ‘jahat’ dalam Calonarang. Sedikit mirip sama pertunjukan debus kalau di Jawa, bedanya Calonarang ini ada ceritanya tentang pertentangan kebaikan dan kejahatan. Nah, seremnya di ahirnya biasanya ada pemain yang ‘kerasukan’ nusuk-nusuk keris ke badannya ke lehernya; bahkan kadang ada penonton yang ikutan nari-nari, nanyi-nyanyi sampai main tusuk diri juga. Di penghujungnya semua pemain/penonton yang ‘kerasukan di bawa ke makam.
    Hiiii, cukup sekali itu aja aku nonton calonarang, setelah itu nonton di teve pun langsung ganti channel.

    share:

    http://crescentonivy.blogspot.com/2013/10/list-giveaway-buku-indonesia-oktober.html

  10. 1.Menurut ku Karakter monster yang paling menyeramkan itu “Zombie”. Karna dari film yg pernah aku tonton, zombie itu susah sekali dimusnahin (dibunuh). Pkoknya zombie tu serem bangettt…

    2.Kalau pengalaman menyeramkan/mistis ini pernah dialami temen ku : swaktu smp dia pernah cerita gini, waktu itu sekitar jam Sembilan malem dia disuruh ke warung bwt beli minyak goreng. Nah, rumahnya kn deket kuburan… pas temenku balik dari warung mau pulang kerumah… dia liat sesosok bapak-bapak pakai baju putih di dalam area kuburan, bapak-bapak itu ngeliat kearah temenku sambil nglambai-lambaiin tangan seperti minta dihampirin…. Karna takut temenku langsung kabur masuk kerumahnya…. Gk kebayang dah takutnya gimana… aku aja yg diceritain takut… wktu aku main kerumahnya,,, aku gk berani ngelirik kekuburannya…hahaha Sekian cerita pengalaman mistis yg dialami temen aku….😀

  11. 1. Saya sangat takut pada semuanya .. Why ? Karena saya tdk suka mendegar ataupun melihat hal-hal yang menyeramkan seperti itu.
    2. Ceritanya saat itu anggota osis mengikuti LDK di sebuah tempat yang katanya angker #yang usul kurang waras. setelah mengadakan kegiatan kami semua berniat untuk istirahat. tapi istirahat kami terganggu oleh penampakkan, dan kesurupan adik kelas maupun panitia LDK. rasanya merinding lagi akunya

  12. 1. Pocong. Kenapa ya? Bisa jadi karena setiap orang dari aku kecil, bilangnya “hati2 ada setan pocong kalo kamu pulang malam” dan begitu banyaknya film-film Indonesia yang mengangkat pocong sebagai peran utama mereka. yang mukanya hancurlah, yang loncat-loncat. tapi yang paling nyeremin pas adegan di ranjang dan pocongnya jadi guling. Udah deh, nggak bakal tidur seminggu.. -______-

    2. Pengalaman mistisnya nggak langsung ketemu face to face sama hantunya. ini pengalaman orang tua waktu kakekku meninggal. kebiasaan di desa, kalau ada yang meninggal, jenazahnya ditaruh di rumah dulu sambil menunggu semua kerabat kumpul. kali ini, jenazah kakekku ditaruh di peti di ruang tamu. malam kedua setelah kematian kakekku, semua orang sibuk mengurus makanan untuk acara dukacita dan berkumpul di dapur/belakang rumah. tiba-tiba saat suasana agak sepi karena saking sibuknya, ada yang berteriak dan membanting pintu dari arah depan. karena kaget, semua orang langsung ke ruang tamu untuk memastikan siapa yang datang. tapi yang ada, tidak ada siapa-siapa disana dan pintu masih tertutup rapat. kalau bahasa orang tua, kakekku pamit.

  13. 1. Makhluk gaib paling gak pengen saya temuin adalah pocong (etapi, gak mau ketemu sama yang lain juga ding >.<). Soalnya kalo nonton film hantu gitu kan si pocong suka tetiba ikutan tidur di sebelah, pura-pura jadi guling itu. Iih..padahal kan saya suka pake guling kalo pas tidur. Jadi kalo ada tv yang lagi nayangin film berbau pocong, pasti langsung saya ganti.

    2. Pengalaman menyeramkan:
    satu: pas masih kecil, SD lah. malem-malem maen petak umpet, di dalam rumah sih. Trus ngumpet di bawah meja, eh..tau-tau mati lampu. Waktu itu posisi mejanya berhadapan sama magic com. Trus waktu itu liat magic comnya ada warna merah bulet, yang penanda "warm" itu loh. Biasa aja. Eh, pas udah nyala lampunya baru keinget, "eh, tadi kan mati lampu, yang harusnya lampu magic comnya juga mati. Trus tadi apaan dong?"
    Huwaaa..langsung ngeri sendiri.

    dua: baru-baru aja sih. Pas tengah malem, tiba-tiba anak (15 bulan) bangun, trus dia nunjuk-nunjuk langit-langit sambil bilang, "hiiiyy…hiyy…". Nah lo, apa yang diliat sama si anak. Langsung menghibur diri dengan bilang, "Nak, liat apa? sarang laba-laba ya? ato cicak? udah yuk, bobo lagi".

  14. 1. Semua hantu Indonesia. Soalnya selain kerjaannya bikin merinding disko, di film-film mereka pasti ngebunuh yang masih hidup. Bandingkan dengan vampir atau werewolf yang kadang masih memberi beberapa keuntungan: bentuk tubuh jadi oke, kemampuan olah tubuh jadi wow, dan (ini yang disukai nyaris semua orang) memperpanjang umur!

    Oh dan satu alasan lagi. Alasan yang sangat sederhana. Alasan yang harusnya lebih terdengar serius ketimbang alasan-alasan sebelumnya: karena hantu itu ada di Indonesia. Jadi, kalau kita ngomongin mereka, entah bagaimana timbul (setidaknya pada diriku) sensasi seolah mereka mendengar dan akan menunjukkan eksistensi mereka. Makanya aku jarang sekali menyebut nama-nama mereka.

    Ya, kecuali hantu-hantu “baru” kayak Oma gayung, opa cangkul, perawat push-up, dan lain-lain. (Kalau disebutin semua takutnya malah spacenya nggak cukup)

    2. Dulu sekali, saat masih zaman Unicorn gigit besi (emang ada ya?), sekitar 5-6 tahun lalu, ketika aku masih duduk di bangku sekolah menengah atas, aku punya kebiasaan cuci baju sehabis Maghrib. Untuk diketahui, di Nganjuk, kamar mandi itu terpisah dari rumah dan letaknya selalu di belakang dan biasanya hanya diterangi oleh lampu pijar kecil.

    Kebayang dong betapa creepy suasananya?

    Lalu suatu sore, beberapa menit setelah bilal kelar mengumandangkan Iqamah sholat Maghrib, indera pendengaranku menangkap suara tawa seorang wanita dari arah belakang kamar mandi.

    Aku tahu ada yang aneh dengan suara wanita itu. Terdengar jauh, tapi aku yakin sumber suaranya berada dekat. Terdengar lembut, tapi seakan sanggup merobek gendang telingaku—nyaris seperti retihan papan tulis ketika benda berujung runcing menggoresnya.

    Bulu kudukku sontak meremang.

    “Siapa di sana?” tanya sebuah suara seperti orang yang lehernya tercekik. Yang kemudian kusadari sebagai suaraku.

    Alih-alih menjawab, wanita itu berhenti sejenak, mungkin untuk membersihkan tenggorokannya, sebelum kembali terkekeh. Kali ini suaranya jauh lebih jernih dan jelas di telingaku. Tapi jauh lebih pelan dari sebelumnya.

    Saat itulah aku mendongakkan kepalaku ke atas kamar mandi, ke arah dahan sebuah pohon besar yang telah lama menjadi penghuni kebun belakang. Saat itulah aku mulai sadar siapa, atau tepatnya apa, yang sedang tertawa.

    Aku berteriak memanggil kakekku. Tapi suaraku tertahan. Seakan-akan ada sumbat di tenggorokanku. Seakan-akan suara itu telah mengubah lidahku menjadi kelu. Sementara suara tawa itu semakin lembut. Semakin lembut. Semakin lembut.

    Kujatuhkan pakaian (atau mungkin celana dalam? Aku tak ingat pasti) yang sedang kukucek, dan aku pun berlari ke dalam rumah. Masih dengan mulut berusaha memanggil kakekku.

    Bagaimana nasib cucianku? Tentu saja aku tetap menyelesaikannya. Tapi, dengan ditemani oleh kakekku. Dengan senyum tercetak di bibirnya. Jelas dia tak percaya dengan ceritaku. “Bertahun-tahun kakek tinggal di rumah ini, belum pernah tuh kakek dengar suara-suara. Apalagi suara wanita.”

    Aku berharap aku seberuntung kakek.

    Aku ingin saja percaya bahwa mungkin saja apa yang kualami adalah imajinasi berlebih akibat dari nonton film horor Indonesia. Tapi…

    Dua hari kemudian pamanku, yang punya mata batin, berkunjung untuk menengok adiknya (tanteku), membenarkan apa yang kualami. Katanya, “Pohon itu memang ada penghuninya.”

    Btw, email yang aku gunakan untuk follow dan data di google doc berbeda. Email yang kugunakan untuk follow: linuxrush [at] live.com dan Google Form: email yg sama yang aku gunakan untuk komen ini.

    Unn… Happy Halloween!😀

Leave a Reply

