Coba Tunjuk Satu Bintang

18042956Detail buku:
Judul asli: Coba Tunjuk Satu Bintang
Penulis: Sefryana Khairil
Editor: Mita M. Supardi
Proofreader: Jumali Ariadinata
Penerbit: GagasMedia
Tebal: 210hlm
Cetakan I, 2013
ISBN: 978-979-780-647-7

Sinopsis:
https://www.goodreads.com/book/show/18042956-coba-tunjuk-satu-bintang

Resensi:
Buku ini mencoba tampil beda dengan mengambil ilmu astronomi sebagai tema besar cerita. Mulai dari desain sampul dalam dan luar, sampai sketsa pergantian antar bab. Dio dan Marsya dipersatukan dengan kecintaan mereka dengan bintang-bintang setelah sekian lama diam-diam saling memendam rasa. Namun ketika Dio mencoba mewujudkan mimpinya, Marsya harus ditinggalkan dan keduanya pun berpisah walaupun masih saling mencintai. Sebuah pertanyaan besar muncul, mengapa Dio begitu mudahnya melepas Marsya yang sangat mendukung semua mimpi-mimpinya sementara saat itu mereka juga tengah mempersiapkan pernikahan?

Jawaban yang diberikan di pertengahan cerita terasa kurang pas sementara berbagai fakta yang ada seharusnya tidak membuat Dio memutuskan hubungan dengan Marsya begitu saja. Jerman yang menjadi tempat tujuan mimpi Dio merupakan negara maju yang bisa teknologi komunikasinya sangat canggih. Internet dan handphone bukan lagi barang langka sehingga sepasang kekasih tidak perlu khawatir akan putus komunikasi begitu saja walaupun berbeda negara.

Lagipula seharusnya pernikahan tetap bisa dilangsungkan karena orangtua Dio tidak disebut-sebut menghalangi hubungan keduanya. Jika tidak kuat menjalan hubungan jarak jauh, Marsya bisa menyusul Dio di kemudian hari dan melanjutkan kegiatannya selama ini sebagai pelukis. Memang kematian ayah Marsya menyebabkan gadis itu dirundung kedukaan, namun menurutku itu bukan sebuah alasan besar untuk memutuskan hubungan yang sudah di menjelang pernikahan.

Ketika pertemuan Dio dan Marsya terjadi lagi atas prakarsa kedua sahabat karib mereka, Rama dan Kimmy, yang terjadi adalah sikap kekanakan yang ditunjukkan keduanya, dimana Dio ngotot berbaikan dengan Marsya sementara gadis itu ngambek sepanjang acara.

Satu hal yang cukup menggangguku adalah kemunculan Andro di tengah kegalauan Marsya di pusat gravitasi bumi…di sebuah pantai tak jauh dari Jakarta. Aku kaget, apakah tempat itu memang dikenal dengan sebutan semacam itu? Tanpa penjelasan berarti pula… Atau mungkin aku yang terlewat membacanya? Entahlah. Pertemuan Marsya dengan Andro di tempat itu sepertinya dirancang sang Penulis untuk menghadirkan konflik baru dimana ide semacam ini sangat klise. Kehadiran orang ketiga yang membuat tokoh utama, dalam hal ini Marsya menjadi bimbang dengan keputusannya kelak.

Akhir dari cerita yang sejak awal terasa datar ini cukup tertebak dengan menggunakan formula andalan kisah-kisah romance standar lainnya. The hero gets the girl, no matter what happens, even when the past made them apart long time ago because of the errr, lame reasons. *oops* Bahkan adegan di bandara terasa sangat klise, sudah banyak penulis lain yang memakainya untuk mengakhiri cerita. Tema menarik tentang astronomi, konstelasi bintang, dan segala kutipan-kutipan indah di dalamnya menjadi kurang berarti karena kedataran cerita tersebut.

Bagi yang ingin membaca kisah romance ringan yang nyaris tanpa rasa gregetan karena terbawa alur cerita, silakan mencoba membaca buku ini. Namun bagi yang ingin membaca kisah romance yang membuat hati deg-degan dan membuat pembaca larut dalam jalinan cerita di dalamnya, sebaiknya siap-siap mencari bacaan lain.

Sensasi rasa yang tertinggal: 2/5

7 thoughts on “Coba Tunjuk Satu Bintang

  1. Pingback: New Authors Reading Challenge 2013 | Melihat Kembali

  2. Pingback: New Authors Reading Challenge 2013 – Wrap Up | Melihat Kembali

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s