Prince of Persia

8587017Detail buku:
Judul asli: Prince of Persia
Pencipta: Jordan Mechner
Penulis: A.B. Sina
Gambar: LeUyen Pham dan Alex Puvilland
Pewarnaan: Hilary Sycamore
Penerjemah: Mirna Yulistianti
Penerbit: PT. Gramedia Pustaka Utama
Tebal: 204 hlm
Cetakan I, Juli 2010
ISBN: 978-979-22-5883-7

Sinopsis:
https://www.goodreads.com/book/show/8587017-prince-of-persia

Resensi:
Membaca graphic novel (gravel) yang satu ini ternyata tidak semudah yang aku bayangkan. Cerita yang disajikan di dalam gravel ini terasa meloncat-loncat sehingga cukup membuatku kesulitan memahami jalan cerita sejak awal. Aku terpaksa mencari beberapa referensi untuk kemudian baru memahami inti ceritanya: kisah tentang dua orang pangeran yang hidup di dua zaman, abad ke-9 (Old Palace) dan ke-13 (New Palace). Masing-masing dari mereka harus menghadapi konflik politik, intrik, dan juga kisah cinta dengan wanita-wanita yang mereka kasihi.

Gaya penceritaannya gravel ini terasa khas Amerika, dimana gambar-gambar disajikan dalam garis-garis tegas. Setiap halaman dimanfaatkan semaksimal mungkin dengan panel komik yang cukup padat sehingga tidak ditemui halaman kosong tanpa arti. Pilihan warna yang digunakan di setiap halamannya cenderung cerah dan berani, semakin memperkuat tema aksi fantasi yang disajikan dalam cerita ini.

Perpindahan cerita dari masa lalu ke masa depan sejak awal cukup membingungkanku sebelum akhirnya aku menyadari ada beberapa penanda perpindahan masa penceritaan. Penanda-penanda itu antara lain bola mata, burung merak, dan juga panel-panel penggambar suasana tempat di masing-masing masa tersebut.

Visualiasi cerita aksi fantasi gravel ini memuat banyak adegan kekerasan dan cukup sadis yang kurang pantas untuk anak-anak. Hal ini semakin memperkuat bahwa gravel dan komik tidak hanya untuk konsumsi anak-anak saja, namun juga untuk orang dewasa.

Di akhir gravel ini disajikan penutup berupa sejarah singkat kemunculan game Prince of Persia dan proses kreatif sang Pencipta game, Jordan Mechner. Gravel ini sendiri menjadi pelengkap franchise Prince of Persia setelah versi game-nya meledak sejak tahun 1980-an, hingga akhirnya dibuat film dengan judul Price of Persia: the Sand of Time yang dibintangi oleh Jake Gyllenhaal  yang sayangnya belum sempat aku tonton.

“Buku, seperti sebuah pintu, yang akhirnya harus ditutup.” hlm.190

Buku ini menjadi koleksi wajib bagi para penggemar Prince of Persia dan juga penggemar gravel. Namun untuk para pembaca komik dan gravel yang kurang menyukai gaya gambar dan tema cerita gravel ini, cukup membacanya dengan meminjam dari teman atau menumpang baca di toko saja.

Sensasi rasa seusai baca: 2,5/5

Sekilas kata:
Gravel ini kudapatkan dengan harga hanya Rp.35.000,- saja dari harga asli sekitar Rp.90.000,- di pameran Gramedia Solo di awal bulan November 2013 ini. Sungguh harga yang cukup murah untuk sebuah gravel full color dengan kertas bagus. Hal ini juga membuktikan bahwa sebagus apapun kemasan sebuah buku/gravel, apabila ceritanya kurang mampu menarik pembaca, buku/gravel tersebut akan mengalami hal sama seperti Prince of Persia ini.

5 thoughts on “Prince of Persia

  1. *lirik Mas Tez* Aku sudah mainin game-nya (PS2) dan sudah nonton filmnya. Versi game lebih sadis dan berdarah-darah dibanding film. Jadi penasaran sama gravel ini.😐

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s