Apartemen 666

17661364Detail buku:
Judul: Apartemen 666
Penulis: Sybill Affiat
Editor: Triani Retno A.
Proofreader: Tikah Kumala
Penerbit: Stiletto
Tebal: 394 hlm
Cetakan I, Januari 2013
ISBN: 978-602-7572-10-2

Sinopsis:
https://www.goodreads.com/book/show/17661364-apartemen-666

Resensi:

“Sekali lagi, Samara, baik ataupun buruk, semua tindakan adalah hasil pemikiranmu sendiri. Hasil keputusanmu. Begitulah sifat manusia. Selalu mencari pembenaran atas perbuatannya sendiri dengan mencari-cari kesalahan di luar dirinya.” hlm.186

Cerita dalam buku ini diawali dengan kesialan beruntun yang menimpa sang tokoh utama, Samara. Setelah kematian ibunya, Samara juga harus kehilangan pekerjaan dan tempat tinggalnya. Samara sempat hidup serba kekurangan, namun tidak berapa lama kemudian dia diterima di sebuah perusahaan bernama DJL. Untuk alasan kelancaran pekerjaan, Samara harus menempati sebuah apartemen mewah yang disediakan oleh perusahaan bonafid yang ternyata telah berdiri selama sekitar satu abad.

Sejak kepindahannya ke apartemen mewah tersebut semua kesialan Samara seakan sirna dan hidupnya dilimpahi kemewahan. Namun berbagai keanehan seakan mengiringi kepindahannya tersebut, dia dihantui oleh sesosok wanita renta yang semakin hari semakin membuatnya ketakutan. Ketika akhirnya Samara bisa berkomunikasi dengan sosok tersebut, sebuah rahasia kelam masa lalu keluarganya membuat Samara terhenyak. Ternyata seluruh hidupnya tidak seperti yang dia kira, garis keturunan mistis mendarah daging di dirinya dan semuanya dikendalikan oleh para leluhurnya. Saaat Smara memilih jalan yang menurutnya terbaik untuknya dan suaminya, dia harus menghadapi tantangan besar dari trah keluarga besarnya tersebut.

Pembaca dewasa menjadi target Apartemen 666 karena tema yang diangkat cukup sensitif, mengadung unsur mistis, klenik, seks, dan juga kekerasan yang cenderung memerlukan pemahaman lebih dan pikiran terbuka. Perkembangan karakter Samara sendiri terbilang cukup cepat dan terasa di sepanjang cerita, dimana awalnya dia adalah mantan karyawan yang putus asa, menjadi pendendam karena merasa dicampakkan, dan ketika mengetahui kebenaran yang ada dia dicekam rasa takut yang sangat hebat.

Seperti layaknya cerita misteri lainnya, buku ini tidak memberikan akhir kisah yang jelas, apakah akhir yang bahagia ataukah akhir yang sedih. Akhir kisah yang terbuka (open ending) menjadi pilihan yang tepat karena akan semakin menguatkan kesan misterius di buku ini.

Bagi para penggemar misteri, tidak ada salahnya membaca buku yang cukup menjadi alternatif bacaan yang mengangkat tema misteri dan horor ini. Walaupun sebenarnya ceritanya tidak terlalu menakutkan, namun aku sendiri mengurungkan niat untuk membacanya di malam hari dan menundanya hingga keesokan paginya, he he he.

Sensasi rasa seusai baca: 3/5

Tentang penulis:
295246_128972077249251_376946948_n
Ibu dari dua orang anak ini lahir di Jakarta pada tanggal 13 Januari. Menyelesaikan pendidikan S1 Komunikasi di Universitas Prof. Dr. Moestopo, Jakarta, dan saat ini bekerja dalam lingkup Corporate Communications di sebuah perusahaan telekomunikasi ternama, operator telepon berbasis teknologi CDMA. Penggemar film adaptasi novel karya Stephen King ini sejak kecil memiliki hobi menulis cerita dan komik. Saat ini penulis telah melahirkan dua buku; Soulmate (2005) dan Apartemen 666 (Stiletto Book, 2013).
sumber

 

4 thoughts on “Apartemen 666

  1. Pingback: New Authors Reading Challenge 2013 | Melihat Kembali

  2. Pingback: New Authors Reading Challenge 2013 – Wrap Up | Melihat Kembali

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s