Catatan Musim

16051240Detail buku:
Judul: Catatan Musim
Penulis: Tyas Effendi
Penerbit: Gagas Media
Tebal: 280 hlm
Cetakan I, Oktober 2012
ISBN: 979-780-4712

Sinopsis:
https://www.goodreads.com/book/show/16051240-catatan-musim

Resensi:

Cerita buku ini sangat sederhana, tentang seorang gadis bernama Tya yang diam-diam memendam rasa kepada Gema, pemuda yang dia juluki Rain Man yang beberapa kali berteduh bersamanya di sebuah shelter di dekat kampus mereka. Romantisme menunggu hujan reda yang selalu dihentikan oleh dentang lonceng Gereja Katedral Bogor itu berkembang menjadi hubungan pertemanan yang baru seumur jagung ketika sebuah peristiwa terpaksa memisahkan mereka.

Pertemanan singkat itu rupanya sangat berarti bagi Tya, sehingga membuatnya nekat untuk menyusul Gema yang. Tya nekat mengajukan beasiswa ke Perancis dengan kemampuannya yang pas-pasan. Hal ini mungkin bisa menjadi salah satu contoh usaha keras dan kenekatan anak muda sekarang dalam bertindak, namun ketika dia juga nekat melamar menjadi penerjemah di sebuah penerbitan dan diterima begitu saja, menurutku hal itu terlalu ‘mudah’. Kebanggaan masyarakat Perancis dengan bahasa ibu mereka itu terkenal sangat tinggi, jadi ketika kutemukan dialog para tokoh utama cukup banyak menggunakan bahasa Inggris, rasanya menjadi semakin salah tempat.

Aku kurang tahu apakah memang ada tradisi harus mau tidur seranjang dengan lawan jenis hanya untuk membuktikan bahwa orientasi seksual seseorang dikatakan ‘normal’ di Perancis-atau negara lain mungkin-, namun aku merasa penggambarannya terlalu berlebihan dan ‘mentah’ kalau hanya untuk memaksa Gema melakukan tindakan penyelamatan kepada Tya.

Penyebab timbulnya fobia Gadis, kakak Gema terhadap lukisan terasa kurang pas ketika karakternya dikatakan menjadi sangat keras sepeninggal kekasihnya dan cenderung tangguh dibandingkan adiknya yang sejak awal sudah terlihat rapuh, mudah galau, dan gampang putus asa walaupun akhirnya kondisi fisik keduanya sama-sama tidak sempurna.

Keberadaan sahabat semasa kecil yang di kemudian hari muncul rupanya masih diggunakan Penulis untuk menghadirkan konflik dalam hubungan tidak jelas antara Tya dengan Gema. Mengapa aku katakan tidak jelas? Karena masing-masing dari kedua tokoh ini aku rasa terlalu sibuk dengan masalah masing-masing tanpa sempat berinteraksi secara lebih mendalam.

Sebenarnya ada beberapa hal unik yang menjadi nilai tambah dalam buku ini, seperti kebiasaan sepasang sahabat untuk saling bertukar cangkir dan menyukai sajian teh yang tidak biasa, kecintaan Tya pada pohon, dan pemunculan ca epidermoid sebagai penyebab Gema kehilangan kesempurnaan tubuhnya. Namun eksekusinya yang tidak terlalu mulus dan tebaran kata-kata puitis tidak mampu membuatku setidaknya menikmati cerita yang dihadirkan oleh buku bersampul bagus ini.

Mungkin untuk para penggemar cerita romance, terutama karya-karya anak negeri terbitan Gagas Media, buku ini menjadi salah satu karya yang ditunggu-tunggu. Sedangkan untuk pembaca umum, buku ini tidak akan menjadi prioritas utama mereka.

Sensasi rasa seusai baca: 2,5/5

Tentang penulis:
8653a3427bbf56a5b5b778322ba0624aTyas Effendi adalah seorang penulis kelahiran Malang. Novel pertamanya yang berjudul Izinkan Aku Bersujud beredar di Indonesia dan Malaysia. Novel keduanya berjudul Catatan Musim, diterbitkan GagasMedia, 2012. Novel ketiganya berjudul Life After You, diterbitkan Media Pressindo, 2013. Sekarang sedang mengembangkan bisnis online shoe shop berlabel Et Florentine dengan saudara kembarnya. Tyas juga sedang menyelesaikan pendidikan Sastra Inggris di Universitas Brawijaya.
Sumber: http://effendityas.wordpress.com/about-tyas/

Sekilas kata:
Resensi dibuat dalam rangka memenuhi kewajiban kepada Sang Pemberi Buntelan, Mbak Desty. Mbak, ternyata nama kita berdua tercantum di dalam buku ini ya, hahahaha #kepedean B-)

One thought on “Catatan Musim

  1. Pingback: New Authors Reading Challenge 2013 – Wrap Up | Melihat Kembali

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s