Her Only Desire – Hasrat Terpendam

16097460

Indonesian cover

Detail buku:
Judul asli: Her Only Desire
Penulis: Gaelen Foley
Penerjemah: Ratih Dwi Astuti
Tebal: 488 halaman
Penerbit: Dastan Books
cetakan I, Oktober 2012
ISBN: 978-602-247-022-9

Sinosis:
https://www.goodreads.com/book/show/16097460-her-only-desire

Resensi:
Sejak halaman pertama, buku ini telah membuatku tak mampu melepaskannya. Deskri538430 psi yang mendetail namun tetap enak dinikmati tentang secuplik kisah di India ini menjadi salah satu daya tarik utama buku setebal 488 halaman ini, selain tentu saja chemistry yang kuat di antara kedua tokoh utama.

Rasa ketertarikan Ian kepada Georgina yang jauh lebih muda memang sudah diceritakan sejak awal pertemuan. Namun demikian, komitmen sang Diplomat itu untuk memperjuangkan perdamaian di wilayah konflik di India membuatnya berusaha menepiskan perasaan tersebut. Di tengah konflik itulah hubungan keduanya berkembang menjadi tidak sekedar hubungan tuan rumah dan tamu dari negara yang sama, namun menjadi hubungan romantis yang lebih mendalam.

Ketika Ian harus bernegosiasi politik dengan kerajaan yang saling berperang, Georgina tidak tinggal diam, apalagi hal itu menyangkut nasib seorang teman baiknya yang menjadi selir salah satu raja yang berkonflik. Namun sebuah tindakan ceroboh dari Georgia membuat nyawanya, Ian, dan kedua kakak Georgina terancam dan menimbulkan pertikaian antar kerajaan kecil di India tersebut.

839594Georgia akhirnya kembali ke tanah leluhurnya di Inggris setelah berhasil selamat dari konflik di India, namun hubungan romantisnya dengan Ian tidak berjalan lancar karena kisah masa lalu sang Diplomat yang dirahasiakan. Mulai dari sini cerita berjalan standar seperti kisah historical romance dimana salah satu pihak bersikukuh untuk tidak mengakui perasaannya karena trauma masa lalunya. Akhir kisahnya tentu saja sesuai pakem hisrom lainnya, the live happily ever after.

Sebagai salah satu novel dari genre hisrom, buku ini termasuk banyak menyajikan detail tentang budaya India di masa lalu, mulai dari kewajiban para janda untuk ikut membakar diri bersama jenazah suami, sampai kewajiban menggunduli rambut dan menyepi bagi wanita yang dikucilkan. Hal ini cukup menjadi nilai plus karena tidak melulu menceritakan tentang budaya Inggris seperti buku hisrom lainnya.

Oh iya, aku cukup suka dengan kover versi terjemahnnya yang didominasi warna putih. Tidak terlalu buruk lah untuk kover terjemahan dari penerbit Dastan yang jarang mengeluarkan buku dengan kover yang elegan😛

Catatan kecil untuk penerjemah:
Kutemukan beberapa detail yang ternyata cukup menggangguku seperti:

  • Di halaman 13 mendadak muncul nama Ravi yang ternyata adalah bawahan Ian yang sejak awal tidak disinggung sama sekali. Atau memang aku yang kelewatan waktu membacanya ya? Hmm…
  • Di halaman 162 terdapat kata amati, sebaiknya menggunakan kata mengamati
  • Di halaman 175 ada kata lengkungkan yang mungkin lebih tepat menjadi melengkungkan
  • Di halamn 190 terdapat kata-kata nikmatnya terseseat, mungkin lebih pas menggunakan kata nikmat menyesatkan
  • Di halaman 359; baby’s breath itu salah satu jenis mawar, bukan nafas bayi🙂
  • Di halaman 388 terdapat kata armageddon, mungkin sebaiknya diganti kiamat?

Semoga sedikit masukan ini dapat memacu penerjemahnya untuk lebih baik lagi🙂 (colek Erdeaka)

Sensasi rasa seusai baca: 4/5
83086Tentang Penulis:
Gaelen Foley adalah seorang penulis novel kelahiran Amerika Serikat. Foley terkenal dengan karya historical romance-nya yang kompleks, menghadirkan tokoh dengan karakter berlapis, dan jalinan cerita yang mengalir.

Dengan latar belakang pendidikan literatur Inggris dan filosofi, Foley mempelajari puisi-puisi romantis karya Wordsworth, Byron, and Keats yang membuatnya jatuh cinta dengan masa Regency dan menjadikannya sebagai setting cerita dalam karya-karyanya.

Serial karya Foley yang terkenal yaitu Knight Miscellany (7 buku), The Inferno Club (7 buku), Ascension Trilogy (3 buku), Spice Trilogy (3 buku). Novel karya Foley telah diterjemahkan ke dalam sebelas bahasa dan memenangkan banyak penghargaan termasuk the National Readers’ Choice Award, the Booksellers’ Best, the Golden Leaf, the Award of Excellence, the Laurie, the Romantic Times Reviewer’s Choice Award for Best First Historical Romance, dan the Holt Medallion.

Saat ini Foley tinggal di dekat Pittsburgh, Pennsylvania bersama suami yang juga merupakan kekasih masa kuliahnya, Eric. Untuk mengenal Foley lebih lanjut, silakan mengunjungi websitenya di sini: http://www.gaelenfoley.com/

Sekilas kata:
Buku ini aku ikutkan dalam Finding New Authors Reading Challenge 2013 yang diadakan oleh Renbutton-copy-3

4 thoughts on “Her Only Desire – Hasrat Terpendam

  1. aduh, makasih lho mbak buat kejeliannya terhadap hasil kerjaku, huhuhu. Eh, tokoh Ravi itu emang ada lho dari awal. buat kata “amati” dan “lengkungkan”, wah kadang2 aku juga diprotes ma mbakku sendiri nih, hehehe. Tapi kadang aku emang punya kebijakan sedikit “melebaykan” kata. Misal begini: “baiklah, akan aku amati lukisan itu sekali lagi”. begitu… buat armageddon, maksudnya tatapan matanya menakutkan, jadi nggak aku artikan. buat baby’s breath, hiyaaaa emang bener salah nih aku. makasih ya mbak buat koreksinya😉 doakan aku bisa lebih baik lagi ^-^V maaf lho kalo beberapa hal emang nggak sesuai dengan harapanmu.

    *terus kabur dari Mas Tezar*

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s