Just So Stories – Sekadar Cerita

re_buku_picture_85301Detail buku:
Judul asli: Just So Stories
Penulis: Rudyard Kipling
Penerjemah: Maggie Tiojakin
Ilustrasi dan desain cover: Staven andersen
Tebal: 160 hlm
Cetakan I, Desember 2011
ISBN: 978-979-22-7803-3

Sinopsis:
https://www.goodreads.com/book/show/13156429-just-so-stories

220px-JustSoStories

Kover edisi pertama

Resensi:
Buku karya Rudyard Kipling ini pada awalnya berjudul Just So Stories For Little Children, diterbitkan pertama kali pada tahun 1902 dan merupakan kumpulan kisah pengantar tidur. Baik versi asli maupun terjemahan, sebagian besar memuat dua belas cerita, kecuali dalam edisi Scribner terbitan Amerika tahun 1903 yang memuat satu cerita tambahan berjudul Tabu Stories.

Dalam versi Indonesia yang diterbitkan dalam seri Klasik oleh Gramedia ini, juga terdapat dua belas cerita pendek tentang asal-usul hewan dan juga keterlibatan manusia di dalamnya. Mulai dari Kenapa Ikan Paus Tidak Bisa Memakan Manusia, Bagaimana Unta Mendapat Punuknya, Kenapa Kulit Badak Penuh Lipatan, Dari Mana Macam Mendapat Tutulnya, Kisah Si Anak Gajah, Tuntutan Seekor Kangguru, Asal-Muasal Armadilo, Surat Bergambar, Bagaimana Alafabet Dirumuskan, Kepiting Dan Lautan Luas, Kucing Penyendiri, sampai dengan Entakan Kaki Kupu-Kupu.

Dari kedua belas cerita tersebut, cerita Bagaimana Alfabet Dirumuskan merupakan salah satu favoritku. Seorang gadis kecil bernama Taffy dan ayahnya, Tegumai, mulai merumuskan satu demi satu alfabet/huruf setelah sebuah peristiwa di cerita sebelumnya-Surat Bergambar-nyaris membuat mereka melakukan kesalahan fatal karena tidak bisa berkomunikasi dengan suku lain yang tidak berbahasa yang sama dengan mereka. Berbagai simbol sederhana pun dibuat Taffy dan ayahnya dalam upaya mereka menerjemahkan berbagai kata, suara, dan juga tindakan dalam bahasa gambar. Di akhir cerita disebutkan bahwa simbol-simbol yang akhirnya diukir dalam untaian kalung itu adalah asal-muasal alfabet di zaman modern ini.

Untuk ilustrasi versi Indonesia, Gramedia sengaja menggunakan ilustrator lokal yang juga pernah membuat ilustrasi untuk Kisah-Kisah Tengah Malam, Stevan Andersen. Ilustrator yang satu ini menurutku sangat pas menerjemahkan setiap cerita dalam buku ini ke dalam bahasa gambar. Ilustrasi favoritku tentu saja ilustrasi cerita pertama-Kenapa Ikan Paus Tidak Bisa Memakan Manusia-yang sekaligus menjadi gambar sampul Just So Stories versi Indonesia ini.

20140127_213514-copy

Ilustrasi-ilustrasi karya Staven Andersen

Keseluruhan cerita dalam Just So Stories mungkin tidak seratus persen benar karena namanya saja dongeng buatan manusia. Namun kreatifitas Penulis terlihat jelas di keseluruhan cerita karena asal-muasal hewan di dalam buku ini sangat tidak terduga, berunsur magis, dan sekaligus memberi kita sebuah pengetahuan baru. Di akhir setiap cerita selalu ditutup dengan sepenggal puisi yang terkait erat dengan cerita tersebut.

Walalupun aku menikmati cerita yang disajikan dalam buku ini, namun aku sendiri beberapa kali benar-benar tertidur setelah membaca satu sampai dua cerita pendek di dalamnya. Mungkin karena bahasa terjemahan yang digunakan tidak terlalu nyaman untuk kubaca, atau mungkin juga karena dongengnya benar-benar manjur sebagai dongeng pengantar tidur, he he he.

Sensasi rasa seusai baca: 3,5/4

Tentang Penulis:

Rudyard_Kipling

sumber: lookingglassreview.com

Rudyard Kipling adalah seorang penyair, cerpenis, dan novelis Inggris kelahiran Bombay, India, 30 Desember 1865. Walaupun pada usia lima tahun Kipling kembali ke Inggris, namun kecintaannya pada tanah kelahirannya itu membuat Kipling banyak menceritakan kisah yang berlatar belakang negeri tempat Taj Mahal berada tersebut.

Pada tahun 1907, Kipling menjadi penulis berkebangsaan Inggris pertama yang mendapat anugerah Nobel Sastra. Karya-karyanya yang terkenal selain Just So Stories antara lain the Jungle Book, the second Jungle Books, dan the Seven Seas.

Kipling meninggal dunia pada 18 January 1936 di Inggris setelah sebelumnya menetap di Amerika Serikat bersama istri dan anak-anaknya.

Sumber: http://en.wikipedia.org/wiki/Rudyard_Kipling

Sekilas kata: 

posting bareng BBI 2014Resensi ini dibuat dalam rangka:

13 thoughts on “Just So Stories – Sekadar Cerita

  1. Pingback: My List on CLRP 2014-2017 | Melihat Kembali

  2. Pingback: Lucky No.14 Reading Challenge | Melihat Kembali

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s