The Last Siege – Pengepungan Terakhir

12798624Detail buku:
Judul asli: The Last Siege
Penulis: Jonathan Stroud
Penerjemah: Ribkah Sukito
Editor: Primadonna Angela
Penerbit: PT.  Gramedia Pustaka Utama
Tebal: 282 hlm
Cetakan: Oktober 2011
ISBN : 978-979-22-7611-4

Sinopsis:
https://www.goodreads.com/book/show/12798624-pengepungan-terakhir—the-last-siege

Resensi:
Apa yang terjadi ketika tiga orang anak yang beranjak remaja merasa bosan dengan kehidupan mereka selama ini dan memutuskan untuk menerobos kastel yang selama ini menjadi bangunan yang terabaikan? Jawabannya adalah sebuah petualangan yang cukup mendebarkan bagi ketiga anak tersebut.

Emily, Simon, dan Marcus bertemu secara tidak sengaja dan menyadari bahwa merea ternyata memiliki kekaguman terhadap kastel yang sempat menjadi objek wisata di masa kanak-kanak mereka di Norfolk, Inggris. Sebagaimana seperti sebuah reruntuhan kastel lainnya, kastel yang mereka kagumi tersebut dijaga oleh seorang penjaga yang melarang mereka memasuki tempat tersebut dengan alasan keamanan dan kelestarian kastel.

Ketika berhasil menyusup ke dalam kastel, ketiga anak tersebut kemudian menjadi tertantang untuk menginap di kastel tersebut. Perbekalan ‘alat perang’ pun telah mereka persiapkan untuk menghabiskan malam di kastel tersebut. Mulai dari tali tambang, snack, makan kaleng, dan juga air. Rencana mereka berjalan mulus dan mereka berhasil bermalam satu kali. Namun ternyata hal itu membaca bencana bagi salah satu dari mereka.

Siapa sangka kepercayaan yang selama ini kokoh di antara mereka bertiga perlahan runtuh setelah salah satu di antara mereka menghadapi masalah dengan anggota keluarganya. Ketiga anak remaja itu pun harus menghadapi ‘para penyusup’ yang ingin menerobos kastel pertahanan terakhir mereka tersebut.

Jonathan Stroud yang terkenal dengan trilogi serial fantasi Bartimaeus berhasil menyajikan sebuah cerita petualangan imajinatif di kehidupan nyata dalam buku ini. Cerita memang hanya terfokus pada ketiga tokoh utama saja sehingga tidak menyisakan perkembangan cerita untuk karakter-karakter di sekeliling mereka kecuali menjelang akhir cerita. Membaca akhir cerita ini sendiri membuatku mengernyitkan dahi dan berpikir kok hanya seperti ini jadinya? Walaupun memang akhir yang sedikit menggantung tersebut merupakan salah satu tipe akhir cerita favoritku.

Sensasi rasa yang tertinggal: 3/5

Tentang Pengarang:
Jonathan Stroud lahir pada 27 October 1970, di Bedford, Inggris. Jonathan StroudStroud tumbuh di St Albans dimana dia bebas membaca buku, menggambar, dan menulis cerita sejak kecil. Hobi membacanya muncul ketika di usia 7-9 tahun dia sering sakit sehingga harus menghabiskan banyak waktunya di rumah sakit atau tempat tidurnya di rumah.

Setelah menyelesaikan kuliah di jurusan sastra Inggris di University of York, Stroud bekerja di London sebagai editor untuk Walker Books store. Sepanjang tahun 1990-an Stroud mulai menerbitkan karyanya sendiri dan meraih sukses dengan cepat. Bukunya yang terkenal tentu saja Trilogi Bartimaeus yang menceritakan cerita fantasi yang penuh unsur magis dari sudut pandang seorang jin bernama Barty.

Saat ini Stroud menetap bersama kedua anaknya, Isabelle dan Arthur, dan istrinya, Gina, seorang ilustrator buku anak di St Albans, Hertfordshire, Inggris.

One thought on “The Last Siege – Pengepungan Terakhir

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s