Lakeshore Christmas – Butiran Salju Pertama di Avalon

18681576Detail buku:
Judul asli: Lakeshore Christmas (Lakeshore Chronicles #6)
Penulis: Susan Wiggs
Penerbit: PT. Gramedia Pustaka Utama
Tebal: 440 hlm
Cetakan I, October 2013
ISBN: 978-979-22-9248-0

Sinopsis:

Di tengah rencana penutupan perpustakaan yang membuat Maureen Davenport terancam kehilangan pekerjaan, sang pustakawan itu akhirnya berkesempatan menyutradarai acara Natal tahunan di Avalon, dan ia bertekad menghadirkan pertunjukan yang spektakuler.

Eddie Haven, mantan artis cilik yang membintangi film Natal terlaris ternyata diam-diam membenci Natal, tetapi pengadilan telah menjatuhkan hukuman pelayanan masyarakat sepanjang Natal kepadanya akibat ulahnya berkendara dalam keadaan mabuk dan menghancurkan diorama Natal di Avalon beberapa tahun silam.

Eddie dan Maureen pun terpaksa bekerja sama menyiapkan acara Natal, mulai dari menyeleksi pemain drama hingga menyiapkan lagu pengiring yang Eddie ciptakan sendiri. Sayangnya, kerja sama itu tak selalu berjalan mulus dan mereka nyaris mengacaukan segalanya.

Natal menjanjikan cinta, kehangatan keluarga, dan sejuta keajaiban. Akankah janji itu nyata atau tersapu butiran salju pertama?

Resensi:

Seorang pustakawati yang pendiam dengan seorang mantan aktor cilik yang menjadi pemain band lokal? Sebuah kombinasi pasangan yang cukup unik namun itulah yang terjadi ketika Eddie Haven dan Maureen Davenport bertemu. Keajaiban dalam film natal yang diperankan Eddie di masa lalu ternyata tidak berlanjut dalam kehidupan nyata dan diam-diam membuatnya benci dengan natal.

Sebuah peristiwa di malam natal beberapa tahun sebelumnya mengubah hidup Eddie selamanya karena sejak saat itu dia harus melakukan kerja sosial termasuk membantu Maureen menyiapkan pertunjukan natal tahun ini. Rencana penutupan perpustakaan kota membuat Maureen bertekad untuk menyukseskan acara natal yang disutradarainya sebelum pensiun dari tempatnya melarikan diri dari dunia luar tersebut.

Meskipun awalnya sering berselisih paham, namun Maureen dan Eddie mulai mengenal dan mulai membuka diri satu sama lain ketika keduanya harus bekerja sama untuk menyeleksi para penyanyi anak-anak yang akan tampil dalam pertunjukan natal. Obsesi Maureen terhadap keajaiban natal tentu saja bertolak belakang dengn kesinisan Eddie terhadap hari yang diyakini sebagian besar orang sebagai malam penuh berkah itu. Namun ketika kenyataan mencengangkan mereka temukan menjelang akhir cerita, Eddie akhirnya sadar bahwa masih ada keajaiban natal untuknya. Bahkan keajaiban itu telah datang padanya tanpa dia sadari sebelumnya.

Mengambil tema natal, buku kelima dari seri Lakeshore Chronicles ini sedikit memasukkan unsur mistis sebagai salah satu bentuk keajaiban yang dihadirkan oleh malam suci bagi umat kristiani tersebut. Unsur mistis inilah yang menautkan takdir Maureen, Eddie dan juga orang-orang dalam kehidupan mereka di Avalon. Tipikal tokoh geek dengan tokoh populer terwujud dalam diri Maureen dan Eddie dimana Maureen sebagai seorang pustakawati cenderung pendiam dan merasa tidak percaya diri ketika mulai menyadari perasaannya kepada sang Pria populer tersebut.

Sementara itu Daisy Bellamy yang selalu muncul di buku-buku sebelumnya kali ini mendapat kejutan dari dua orang lelaki yang berperan penting dalam kehidupannya. Akhir bahagia untuk semua orang di hari natal?

Sensasi rasa yang tertinggal: 4/5

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s