Scene on Three #5

scene-on-threeMasih dalam suasana hujan di bulan Januari yang setia mengguyur kota Solo, Scene on Three (SoT) kali ini juga masih aku ambil dari buku yang sama dari SoT yang lalu.

Ini bukan kamar mayat pertama yang dikunjungi Strike, dan bukan mayat pertama yang dilihatnya. Dia sudah nyaris imun pada kerusakan luka tembak; tubuh yang cabik, koyak, dan robek, jerohan terbuka seperti yang dipajang di toko daging, mengilat dan berdarah-darah. Strike tidak pernah merasa jijik; bahkan mayat yang dimutilasi, putih dan dingin di laci lemari pendingin menjadi steril dan standar bagi orang dengan profesinya. Namun, mayat yang mentah, belum diproses dan belum terlindung di balik prosedur resmi, itulah yang kerap muncul lagi dan merayap ke dalam mimpi-mimpinya. The Cuckoo’s Calling. hlm. 417.

Deskripsi yang singkat namun cukup detail dari Robert Galbraith tentang bagaimana mayat yang apa adanya itu menghantui Strike ikut membuatku merinding. Kubayangkan bagaimana para tentara harus menyaksikan korban perang berjatuhan di sekitar mereka setiap harinya. Bahkan tidak jarang mereka harus berdekatan dengan mayat-mayat tersebut dalam jangka waktu lama.

Para tentara dipaksa melihat, membaui, dan berteman dengan mayat sepanjang waktu, memberikan rekaman visual yang abadi di kepala mereka. Hal ini tentu saja membawa tekanan psikologis tersendiri bagi para tentara dan tidak akan pernah sembuh sepenuhnya. Sebuah kutukan abadi bahkan setelah perang itu sendiri berakhir.

Let’s share your favorite description with us!

  1. Tuliskan suatu adegan atau deskripsi pemandangan/manusia/situasi/kota dan sebagainya ke dalam suatu post.
  2. Jelaskan mengapa adegan atau deskripsi itu menarik, menurut versi kalian masing-masing.
  3. Jangan lupa cantumkan button Scene on Three di dalam post dengan link menuju blog Bacaan B.Zee.
  4. Masukkan link post kalian ke link tools yang ada di bawah post Bacaan B.Zee, sekalian saling mengunjungi sesama peserta Scene on Three.
  5. Meme ini diadakan setiap tanggal yang mengandung angka tiga, sesuai dengan ketersediaan tanggal di bulan tersebut (tanggal 3, 13, 23, 30, dan 31).

One thought on “Scene on Three #5

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s