The Silkworm – Ulat Sutra

23259881Detail Buku:
Judul asli: The Silkworm (Cormoran Strike #2)
Penulis: Robert Galbraith
Penerjemah: Siska Yuanita dan M. Aan Mansur (kutipan)
Penerbit: PT. Gramedia Pustaka Utama
Tebal: 536 hlm
Cetakan: Oktober 2014
ISBN13: 978-602-03-0981-1

Sinopsis:

https://www.goodreads.com/book/show/23259881-the-silkworm—ulat-sutra

Resensi:
Setelah kasus Lula Landry yang fenomenal dan membuat namanya dikenal sebagai detektif yang berhasil mengungkapkan kebenaran di balik kasus yang dianggap bunuh diri oleh kepolisian, Cormoran Strike kembali harus menangani kasus besar lainnya. Awalnya kasusnya terdengar sepele seperti beberapa kasus rumah tangga yang ditangani Strike: seorang istri meminta Strike untuk menemukan suaminya, seorang Penulis yang menghilang beberapa waktu lamanya. Sang Istri tidak melaporkan hilangnya sang Suami ke polisi karena dulu dia pernah melakukannya dan ternyata sang Suami ditemukan dalam keadaan baik-baik saja. Namun kali ini peristiwa menghilangnya sang Suami menjadi awal kasus yang cukup rumit yang ditangani Strike.

Sang Penulis ditemukan meninggal karena dibunuh dengan cara yang sangat sadis, seperti kematian tokoh utama yang diceritakan dalam buku terakhir yang tengah ditulisnya. Naskah buku tersebut ternyata diketahui telah menyinggung banyak pihak dengan penggambaran sifat para tokoh yang mirip dengan orang-orang dekat sang Penulis di dunia nyata. Deskripsi visual para tokohnya pun merupakan citra sifat dan rahasia-rahasia mereka dengan bumbu cerita erotis dan sadis.

Berbagai pihak, mulai dari editor, agen, dan juga teman-teman sang Penulis dan juga kekasihnya menjadi pihak yang dicurigai oleh Strike karena mereka semua mempunyai motif untuk melakukan pembunuhan. Kecurigaan-kecurigaan yang timbul didukung oleh kesaksian para saksi satu persatu mulai terungkap. Bahkan dalam kisah kali ini, nyawa Strike terancam oleh orang-orang yang tidak ingin kasus pembunuhan itu terungkap.

Buku kedua dalam saga Cormoran Strike ini lebih mampu membuatku penasaran dan mulai kutemukan gaya penulisan penuh deskripsi khas Rowling yang menulis buku ini dalam pseudonim Robert Galbraith. Misteri yang harus dipecahkan pun meningkat kadarnya dan berhasil mengajak pembaca untuk ikut menebak-nebak siapa pelaku pembunuhan sadis sang Penulis. Berbagai detail kecil dan fakta yang ditemukan Strike di sepanjang cerita lebih mulai terbaca sehingga aku sendiri mampu menebak kemana arah cerita akan dibawa, terutama tempat petunjuk utama itu berada.

Ingin mengetahui kasus terbaru yang ditangani Strike dan juga akhir dari rasa frustasinya karena ditinggalkan oleh sang tunangan? Atau ingin tahu bagaiman kelanjutan hubungan Robin dengan sang Tunangan yang selama ini kurang menyetujuinya bekerja di kantor Strike? Atau penasaran dengan hubungan atasan-bawahan antara Strike dan Robin di buku kedua ini? Jika ya, aku sarankan untuk segera membaca buku ini.

Sensasi rasa seusai baca: 4/5

Sekilas kata:

Banner_BacaBareng2015-300x187

  • Resensi ini dibuat dalam rangka posbar BBI dengan tema Profesi di bulan Februari 2015, dimana kali ini aku memilih untuk menuliskan resensi The Silkworm yang tokoh utamanya adalah seorang detektif. Walaupun banyak diceritakan dalam berbagai kisah fiksi, menurutku profesi detektif sangat jarang ditemukan dalam kehidupan nyata, terutama di Indonesia. Aku sendiri sejak kecil telah membaca banyak buku dengan tema detektif, mulai dari Lima Sekawan, STOP, Trio Detektif, hingga serial detektif karya Agatha Christie. Jadi tidak heran kan ketika J.K. Rowling sebagai Robert Galbraith menulis buku detektif aku pun mengikuti novel serialnya^^v
  • Jadi adakah di antara kalian yang pernah bercita-cita menjadi seorang detektif saat masih kecil dulu?

9 thoughts on “The Silkworm – Ulat Sutra

  1. Pingback: [Wrap Up Post] Read Big 2015 | Melihat Kembali

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s