Alur Cerita Seperti Apa yang Kau Pilih?

Banner_OpiniBareng2015-300x187Sebagai penikmat buku dan film, kita tidak bisa lepas dari yang namanya alur cerita. Bahkan meskipun kita tidak menyadarinya, kehidupan kita ini juga ada alur ceritanya lho. Namun tahukah kamu apa itu sebenarnya alur cerita? Dan apakah alur cerita itu sama dengan plot?

Menurut kateglo.com, alur cerita adalah:

  • Alur cerita-Nomina (n): jalinan peristiwa dalam cerita untuk memperoleh efek tertentu

sedangkan arti kata plot menurut website yang sama artinya:

  • Plot-Nomina (n): jalan (alur) cerita (dalam novel, sandiwara, dsb)

Masih pusing? Berikut ini sedikit penjelasan tentang beberapa perbedaan antara alur dan plot:

  1. Alur berisi kronologis cerita, walau susunannya bisa maju, kilas balik atau gabungan. Alur hanya rangkaian cerita dari awal sampai akhir.
  2. Alur bisa dijabarkan dengan gaya narasi, deskripsi, eksposisi dan narasi. Sedangkan plot sebagian besar dengan narasi dan dialog.
  3. Plot adalah pergerakan cerita dari satu kejadian demi kejadian yang saling berkaitan, bahkan terkadang sengaja dibenturkan untuk menimbulkan adanya ketegangan, klimaks (puncak konflik), antiklimak (penurunan konflik) sampai ending.
  4. Alur adalah badan cerita sedangkan plot adalah roh yang menggerakan cerita. Alur ada pada jenis tulisan lain seperti feature dan esai. Sedangkan plot khusus ditemukan dalam cerpen dan novel.

 (sumber: https://www.goodreads.com/topic/show/1247450-alur-dan-plot-dalam-cerita)

Nah, sesuai dengan tema Opini Bareng di bulan Maret ini, aku akan sedikit membahas tentang jenis alur cerita:

  1. Alur maju –> alur cerita jenis ini memiliki tahapan seperti garis lurus, mulai dari perkenalan, pembeberan mula, konflik, klimaks, antiklimaks, dan penyelasaian. Alur cerita jenis ini banyak digunakan pada film dan novel karena cenderung lebih mudah ditulis dan disajikan kepada pembaca. Pembaca juga cenderung tidak terlalu kesulitan dalam mengikuti cerita yang disajikan karena timeline yang jelas dan tidak membingungkan. Bridge to Terabithia merupakan salah satu novel dengan alur maju dengan akhir kisah yang menginspirasi pembacanya.
  2. Alur kilas balik –> alur jenis ini menempatkan penyelesaian di awal cerita lalu merunut kisah masa lalu yang menyebabkan terjadinya peristiwa tersebut. The Notebook menggunakan alur kilas balik yang menceritakan bagaimana kisah cinta kedua tokoh utama di masa remaja mereka.
  3. Alur gabungan –> alur cerita jenis ini menggabungkan alur maju dan alus kilas balik. Alur ini adalah alur yang diawali dengan klimaks, kemudian melihat lagi masa lampau dan diakhiri dengan penyelesaian. Pembaca membutuhkan konsentrasi tinggi untuk mengetahui perbedaan waktu atau setting cerita yang berlangsung karena bisa saja alurnya meloncat-loncat dari masa lalu ke masa depan ataupun sebaliknya. Menurutku 9 dari Nadira adalah salah satu cerita yang mengadopsi jenis alur gabungan. Membaca buku ini membuatku harus berkonsentrasi dan mengingat-ingat segala peristiwa yang telah terjalin sebelumnya. Namun tipe buku page turner karya Leila S. Chudori ini sukses membuatku cukup terhenyak saat menutup halaman terakhirnya.

Ketika harus memilih di antara ketiga jenis alur cerita di atas, aku tidak punya pilihan pasti karena pada dasarnya aku suka dengan cerita dengan unpredictable ending, baik untuk buku maupun film. Aku akan senang sekali menemukan buku dengan alur cerita gabungan mampu yang menenggelamkanku ke dalam ceritanya. Namun tidak menutup kemungkinan jika cerita dengan alur maju ataupun kilas balik akan dapat menawan hatiku jika penulisnya mampu menyajikannya dengan baik dan tentu saja, unpredictable ending required!🙂

Jadi alur cerita seperti apa yang menjadi favorit kalian?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s