Playing Around with Romance Day 5: Ekranisasi

banner fixAkhir-akhir ini semakin marak kita jumpai munculnya versi film dari buku-buku populer, terutama buku fantasi yang memang mempunyai basis fans yang luas. Para pencinta buku romance pun tidak ketinggalan menikmati versi film dari buku-buku romance yang beredar. Pemindahan karya tulis ke media audio-visual ini disebut ekranisasi, berasal dari bahasa Perancis écran ‘ yang berarti ‘layar’. Nah, kali ini aku akan membahas satu judul film yang termasuk dalam salah satu bentuk ekranisasi novel Nicholas Sparks, the Best of Me.

Judul film: The Best of Me
Sutradara: Michael hoffman
Pemain: Michelle Monaghan, James Marsden, Luke Bracey, Liana Liberato
Rumah produksi: Di Novi Pictures
Distributor: Relativity
Produksi tahun: 2014

The story
Cerita dalam versi film ini cukup patuh dengan garis besar cerita versi novelnya. Dawson dan Amanda bertemu kembali setelah kematian Tuck membawa mereka ke pengacara yang menyampaikan pesan terakhir sahabat mereka tersebut. Kisah pun flash back ke masa lalu saat mereka berdua bertemu dan menjadi sepasang kekasih yang dibumbui kisah pelarian Dawson ke rumah Tuck setelah melawan ayahnya yang selama ini bertindak kejam kepadanya. Setelah usai menjalankan pesan terakhir Tuck, Dawson dan Amanda harus memilih untuk bersatu atau menjalani kembali hidup mereka masing-masing seperti yang selama ini mereka lakukan.

The difference
Perbedaan dari versi novelnya cukup banyak, seperti Dawson yang dekat dengan sepupunya, Bobby, alasan mengapa Dawson berakhir di penjara, cara pembalasan dendam ayah dan para sepupu Dawson, serta penyebab kejadian yang mengubah kehidupan Amanda selamanya demi keselamatan Jared. Sedikit bumbu supranatural yang ada di buku pun tidak ditemukan dalam versi filmnya ini.

Kehidupan masa remaja Dawson-Amanda lebih dieksplor dan cukup mendominasi di sepanjang film, berselang-seling dengan kisah mereka di masa kini. Keberadaan Tuck yang menjadi benang merah keduanya untuk kembali ke tempat penuh kenangan di masa lalu lebih terasa karena porsi interaksi ketiganya yang cukup banyak. Tempat Tuck memiliki kenangan bersama Clara, istrinya lebih terasa diekplor dan ditampilkan daripada di dalam novelnya,

Konflik keluarga Amanda dan Frank suaminya telah diperlihatkan sejak awal film sementara pertemuan ayah Amanda dengan Dawson sengaja diperlihatkan untuk menimbulkan konflik batin pada pemuda itu. Keberadaan ibu pun Amanda tidak cukup terlihat, bahkan dia hanya muncul di saat-saat terakhir untuk menyampaikan kabar yang melibatkan Dawson. Berbeda dari novelnya dimana ibu Amanda terkesan ikut mengatur kehidupan puterinya dan mengkhawatirkan pandangan orang-orang di tempat mereka tinggal.

 

Di luar berbagai perbedaan yang ada, setidaknya versi film the Best of Me mampu memvisualisasikan novelnya menjadi lebih hidup. Kalimat-kalimat panjang khas Nicholas Sparsk yang memuat latar belakang kehidupan para tokoh utama dan deskrispi adegan tertuang dengan cukup pas dalam versi filmnya.

Di akhir film tetap saja perasaanku langsung suram seperti saat aku selesai membaca novelnya. Saat-saat bersama kembali dengan Amanda merupakan hadiah terindah untuk Dawson yang selama ini merasakan lubang menganga di hidupnya.

Meet the actors

Akting para tokoh utama dan pendukungnya menurutku tidak ada yang terlalu mencolok, semua serba biasa saja namun masih dalam batas mampu menghidupkan cerita. Chemistry James Marsden-Michelle Monaghan sebagai Dawson-Amanda dewasa cukup terasa. Wajah Marsden yang menurutku memang mellow cocok berperan sebagai pria yang tidak bisa move on dari cinta pertamanya itu. Monaghan sendiri cukup pas menampilkan sosok seorang istri yang dibayangi masa lalu, terlihat dingin, dan menjaga jarak di awal pertemuannya dengan Dawson.

Para pemeran Dawson-Amanda di masa remaja adalah Luke Bracey dan Liana Liberato. Untuk Luke Bracey, aktingnya cukup bagus menampilkan sosok Dawson yang sedang dalam masa pemberontakan terhadap ayah dan saudara sepupunya yang berandalan. Sayangnya secara fisik Bracey berbadan tinggi ramping, bermata cokelat, dan wajahnya mirip Joseph Gordon-Levitt dan alm. Heath Ledger sementara Marsden bermata biru tidak terlalu tinggi dan badannya lebih gempal. A little bit miscast I think?

Liberato sendiri dengan wajah manis anak baik-baik dengan percikan mata bandel terlihat pas membawakan karakter Amanda yang keras kepala dan berani flirting duluan kepada Dawson. Sayangnya Bracey yang memang sudah berusia 25 tahun terlihat terlalu dewasa sebagai anak SMA. Entah mengapa chemistry keduanya tidak terlalu kurasakan, mungkin karena Liberato-nya kurang mampu mengekspresikan cinta Amanda ke Dawson? Well, dunno, a romantic movie is all about chemistry but for this couple I just feel..it’s just okay.

The Songs
Kehidupan khas kota kecil dengan rumah-rumah sederhana, danau, pepohonan rimbun, dan musik lembut di sepanjang film ini sangat mendukung suasana romantis film ini. I Did It With You dari Lady Antebellum menjadi salah satu lagu dalam soundtrack film ini yang didominasi oleh lagu-lagu country. Silakan nikmati lagu-lagunya di sini ya🙂

The Score
Cukup 3 pop corn saja untuk the Best of Me yang setia dengan keromantisan novelnya

Temukan juga post dengan tema yang sama dari para anggota grup romance lainnya di linky di bawah ini🙂

2 thoughts on “Playing Around with Romance Day 5: Ekranisasi

  1. Aaaaa!!! suka bangettt sama quotenyaa!! Dalem banget😀 😀 Awalnya aku cuma nntn The Notebook yg NS.. jadi ketagihan semuanya.. kmrin bru siap nntn Dear John.. tapi ttp TBOF lebih seru.. ehh The Notebook dehhh.. wkakka

  2. filmnya bagus sih menurut aku, gak terlalu berekspektasi tinggi karena belum baca bukunya juga… tapi ya… makin penasaran ama bukunya… :d

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s