Fall

25507676Detail Buku:
Penulis: Carramella
Penyelarasan akhir: Lia Linawati
Pemeriksa aksara: Dyah Sulistya
Ilustrasi, perancang sampul, dan isi: LL
Penerbit: Crimson
Tebal: 225 hlm
Cetakan: Mei 2015
ISBN: 978-602-72394-0-1

Sinopsis:
https://www.goodreads.com/book/show/25507676-fall

Resensi:
Sebenarnya ide dasar ceritanya cukup menjanjikan: batas tipis antara benci dan cinta yang melahirkan rasa takut dan obsesi. Sayang sekali ide tersebut kurang dapat dieksekusi dengan baik oleh Penulis.

Marianka dan Rem bertemu kembali setelah enam tahun berlalu sejak terjadi peristiwa traumatis yang mengubah hidup Marianka untuk selamanya. Sayangnya Rem sendiri seperti tidak menyadari masa lalu mereka walaupun alam bawah sadarnya menuntunnya untuk mendekati Marianka kembali.

Flashback cerita pun diselipkan untuk sedikit memberi gambaran bagaimana keduanya bisa terhubung. Trauma Marianka datang dan pergi setiap saat dia berada di dekat Rem. Bahkan ketika pola yang sama terulang kembali, entah kenapa gadis itu tidak dapat menghindarinya.

Latar belakang peristiwa yang membawa petaka di kehidupan Sang tokoh utama terkesan terjadi tiba-tiba tanpa ada satu proses pendahuluan. Bahkan karakter dasar para tokohnya tidak terjelaskan dimana segalanya terkesan sudah dari sananya. Penyebab Rem menjadi sosok yang posesif sejak kecil tidak diketahui. Pun demikian kelabilan sikap Marianka terhadap perlakuan Rem.

Keberadaan dua tokoh pendukung, Ameria dan Alex tidak banyak membantu perkembangan cerita. Walaupun memang Ameria yang menolong Marianka saat dia terpuruk, namun keterkaitannya dengan Alex terasa sangat kebetulan. Yang patut dipertanyakan adalah peran keluarga Marianka yang tidak disinggung selama proses penyembuhan trauma gadis tersebut. Alasan Marianka hidup terpisah dari kedua orang tuanya pun juga tidak diketahui.

Setting cerita ini tidak dijelaskan, apakah di Indonesia atau di luar negeri. Tidak ada deskispsi tempat-tempat yang khas, hanya nama yang tentu saja fiksi. Memang secara fisik diceritakan bahwa Rem bermata violet dengan nama yang asing, bukan nama tokoh Indonesia, dan ada deksipsi tokoh berambut kemerahan, sehingga kemungkinan settingnya berada di luar negeri, entah di Amerika ataupun Eropa.

Satu hal yang cukup menggangguku terkait profesi psikiater dan lulusan psikologi yang disinggung di dalam buku ini. Terkesan bahwa psikiater itu lulusan psikologi, padahal sebenarnya tidak. Lulusan S1 psikologi adalah seorang sarjana psikologi yang jika meneruskan pendidikan profesi akan menjadi seorang psikolog. Psikiater itu sendiri adalah dokter spesialis yang telah menyelesaikan pendidikan sarjana strata satu (sarjana kedokteran) dan mengambil pendidikan profesi sebagai dokter dengan pendidikan spesialisasi kedokteran jiwa.

25533476Dalam paket buku Fall ini ada sisipan Vice Versa yang berupa cerita pendek yang menceritakan sekilas kebisaan Rem sejak kecil yang selalu merusak barang kesayangannya agar tidak ada orang lain yang memintanya. Sekali lagi tanpa alasan yang jelas, atau mungkin aku yang terlewat membacanya?

Sekiranya Penulis bisa kebih menggali karakter para tokoh utama dan memberi pondasi lebih kuat dengan memberikan kisah masa lalu yang sedikit panjang, tentu pembaca akan merasa lebih terkoneksi dengan alur cerita para tokoh tersebut. Terutama perkembangan karakter Marianka yang tidak bisa lepas dari Rem, mengapa dan bagaimana, sampai akhir pun tidak bisa kutemukan jawabannya.

Over all buku ini cukup mudah dibaca, pemilihan kata dan penyusunan kalimatnya pun cukup mudah dipahami. Aku sendiri menyukai gambar sampul buku ini yang menampilkan sketsa bunga kamelia yang juga menghiasi pergantian bab dan juga tercetak di setiap sudut halaman buku ini. Semoga sang Penulis menghasilkan karya lain yang lebih baik dari buku ini.

Sensasi rasa seusai baca: 2,5/5

2 thoughts on “Fall

  1. Pingback: [Wrap Up Post] Lucky No.15 Reading Challenge 2015 | Melihat Kembali

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s