Pushing the Limit

15326588 (1)Detail Buku:
Judul: Pushing the Limit
Penulis: Katie McGarry
Format: e-book
Tebal: 329 hlm

Sinopsis:
https://www.goodreads.com/book/show/10194514-pushing-the-limits

Resensi:
20627436Kehidupan Echo Emerson sebagai remaja populer di SMA hancur lebur ketika sebuah kejadian membuatnya terluka parah, meninggalkan bekas jelek pada tubuh dan juga jiwanya. Echo yang beberapa waktu sebelumnya kehilangan sang Kakak, Aires yang bertugas di Afghanistan, menjadi semakin terpuruk. Bahkan dia mengalami kesulitan untuk tidur di malam hari, efek dari kejadian yang tidak bisa dia ingat detailonya tersebut, yang dia ingat hanya ibunya yang bipolar dilarang mendekatinya. Echo pun semakin membenci ayahnya da Ashley, mantan pengasuhnya yang kemudian menikah dengan ayahnya. Kehidupan yang

Perjuangan Echo untuk kembali ke kehidupan lamanya yang sempurna, dikelilingi para sahabat, dan juga mantan kekasihnya, Luke, terasa berat karena sekolah bukan lagi nyaman untuknya. Berbagai isu menyeruak terkait kehiasaan barunya mengenakan baju lengan panjang untuk menutupi luka di lengannya. Mereka diam-diam membicarakan Echo, mengasingkannya, dan menghakimi Echo yang berubah menjadi tertutup dan harus bergelut mengembalikan ingatannya melalui sesi terapi dengan pembimbingnya di sekolah, Mrs. Colins.

Ketika Echo harus memberi les pelajaran kepada Noah Hutchins untuk mendapatkan uang tambahan sehingga dia bisa memperbaiki mobil peninggalan Aires, dunia Echo berubah. Dia merasa nyaman dengan Noah yang tidak mempedulikan bekas lukanya, merasa tertarik dengan karakternya yang bukan remaja populer, dan merasakan penderitaan yang sama karena orang dewasa mengabaikan mereka. Echo dan Noah pun akhirnya bersekongkol untuk mencuri informasi dari arsip Mrs. Colins dengan berbagai cara. Hal itu mendekatkan keduanya terutama setelah Noah meminta Isaiah, sahabatnya untuk memperbaiki mobil Aires, satu-satunya hal yang menguatkan Echo selepas kepergian kakaknya dan pengabaian ibu kandungnya yang menderita bipolar.

19213071Sementara Echo masih terus berjuang untuk kembali ke kehidupan ‘normal’nya, Noah berjuang untuk bertahan hidup bersama kedua sahabatnya, Isaiah dan Beth di rumah orang tua angkat mereka yang juga paman dan bibi Beth. Isaiah dengan badan penuh tato dan tertarik dengan mobil, diam-diam menyukai Beth yang selalu berusaha memabukkan diri dengan minuman keras ataupun obat-obatan untuk melupakan segala masalah keluarga yang dihadapinya. Beth pun menganggap Echo sebagai ratu drama yang akan membuat Noah terluka dengan segala permasalahannya yang Beth anggap sepele.

Dalam usahanya menjadi ‘normal, Echo menyadari siapa sebenarnya sahabatnya yang sejati dan siapa yang sesungguhnya menyayanginya tanpa syarat. Dengan keberadaan Noah yang menjadi orang yang dipercayai, Echo menemukan kebenaran yang selama ini terkubur dalam ingatannya. Noah pun demikian, dia bertahan hidup untuk membahagiakan kedua adik kadungnya yang karena kebijakan pemerintah harus memisahkan mereka terkait kesejahteraan anak-anak di bawah 18 tahun. Noah dianggap membahayakan keselamatan adiknya karena kasus kekerasan yang dilakukannya kepada orang tua angkat pertamanya sebelum akhirnya dia berpindah-pindah ke beberapa keluarga angkat lainnya sebelum akhirnya bertahan dengan keluarga paman dan bibi Beth.

Selain perkembangan kisah cinta Echo dan Noah yang berjalan tidak terlalu mulus karena berbagai konflik yang mereka hadapi, yang membuatku trenyuh tentu saja kisah perjuangan Noah untuk mendapatkan hak asuh kedua adiknya, Jacob dan Tyler. Sebagai kakak tertua, Noah merasa bertanggungjawab untuk menyatukan keluarganya kembali setelah kebakaran yang menyebabkan kedua orang tuanya meninggal. Dia selalu merasa orang tua angkat kedua adiknya membahayakan mereka. Sampai pada suatu titik Noah akhirnya harus menyerah pada sistem dan kenyataan hidup yang tidak bisa dia hindari semata-mata untuk kebahagiaan adiknya.

13560086Di luar begitu bebasnya pergaulan yang dijalani para remaja yang dikisahkan dalam buku ini masih terlihat pemikiran polos mereka yang merasa dunia luar kejam terhadap mereka. Bagi mereka orang dewasa tidak bisa mereka percayai karena selalu berbohong dan menentang segala keinginan mereka. Meskipun terkadang memang kenyataan tersebut adalah kebenaran yang tidak bisa mereka hindari.

Sementara itu kisah masa lalu Echo dengan kedua orang tuanya dan Aires sekilas diceritakan, memberikan sedikit gambaran tentang bagaimana konflik-konflik kehidupan Echo terjadi. Cerita tentang ibunya yang bipolar dan ketakutan Echo mewarisi kelainan itu menjadi hal yang membayangi segala tindakan Echo, termasuk ketika gadis itu tanpa sengaja melupakan bakat seninya karena tidak ingin menjadi seperti ibunya. Sebuah pemikiran yang beralasan sejalan dengan semakin terungkapnya kebenaran masa lalu yang terpendam, yang tentu saja tidak seperti yang Echo bayangkan selama ini. Well, once again reality strike back and you have to deal with it.

Buku ini aku rekomendasikan untuk pembaca setia kisah young adult yang menginginkan cerita pencarian jati diri remaja yang dibumbui konflik keluarga dan permasalahan khas remaja lainnya, tidak semata-mata menjual kisah cinta segi tiga ala kadarnya. Semoga ada penerbit lokal yang menerjemahkan buku ini karena aku berpikir untuk mengoleksinya.

Sensasi rasa seusai baca: 4/5

One thought on “Pushing the Limit

  1. Pingback: [Wrap Up Post] Lucky No.15 Reading Challenge 2015 | Melihat Kembali

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s