The Chronicles of Audy: 4R

18080500Detail buku:
Penulis: Orizuka
Penyunting: Tia Widiana
Cover desainer dan ilustrator: Bambang ‘ Bambi’ Gunawan
Proofreader: Yuli yono
Penerbit: Penerbit Haru
Cetakan: Juli, 2013
Tebal: 320 hlm
ISBN: 978-602-7742-21-5

Sinopsis:

Hai. Namaku Audy. Umurku 22 tahun.
Hidupku tadinya biasa-biasa saja, sampai kedua orangtuaku jatuh bangkrut karena ditipu.

Aku hanya tinggal selangkah lagi menuju gelar sarjanaku. Selangkah lagi!

Tapi kedua orangtuaku rupanya tega merusak momen itu. Jadi sekarang, di sinilah aku berada. Di rumah aneh yang dihuni oleh 4 bersaudara yang sama anehnya: Regan, Romeo, Rex, dan Rafael.

Aku, yang awalnya berpikir akan bekerja sebagai babysitter, dijebak oleh kontrak sepihak dan malah dijadikan pembantu!

Terdengar klise?
Mungkin, bagimu. Bagiku? Musibah!
Ini, adalah kronik dari kehidupanku yang mendadak jadi ribet. Kronik dari seorang Audy.

Resensi:
Kehidupan seorang Audy, mahasiswi semester akhir jurusan Hubungan Internasional di UGM, berubah 180 derajat karena kecerobohan ayahnya dalam berinvestasi menyebabkan uang kuliah Audy lenyap dalam sekejap. Padahal dia hanya tinggal mengerjakan skripsi sebelum nantinya lulus menjadi sarjana. Tidak ingin diusir dari kosnya bernaung selama ini karena tidak bisa membayar uang kos, Audy melamar sebagai baby sitter di rumah keluarga Rashad. Setelah bertemu dengan Regan, putera sulung keluarga tersebut, dia langsung diterima dan bekerja hari itu.

Tidak Audy sangka, pekerjaan menjaga bayi yang dibayangkannya ternyata cukup jauh dari kenyataan. Bayi yang harus dia jaga adalah seorang balita bernama Rafael yang gaya bicara dan tingkah lakunya jauh dari bayi molek dalam bayangannya. Sebagai anak bungsu dari empat bersaudara dan kehilangan kedua orang tuanya, Rafael seperti mefotokopi tingkah laku seenaknya kakak keduanya, Romeo yang hobi bermain game strategi, malas-malasan, dan jarang mandi. Namun dalam hal kecerdasan, Rafael mirip dengan Rex, anak ketiga keluarga Rashad yang pendiam, sinis, dan berprestasi di bangku SMA. Sedangkan keberadaan Regan sebagai anak pertama yang mengepalai keluarga Rashad cukup disegani Rafael.

Karena sebuah kesalahpahaman, Audy tetap terusir dari kos sehingga terpaksa menempati paviliun di rumah keluarga Rashad. Tidak punya pilihan lain dan demi kelangsungan hidupnya, Audy menahan diri dan berusaha beradaptasi dengan pekerjaan mengurus rumah layaknya pembantu rumah tangga di keluarga Rashad. Hal ini tidak mudah dilakukan karena tingkah laku keempat orang penghuni rumah tersebut sangat jauh dari harapannya. Audy pun masih harus menahan perasaan sukanya terhadap Regan yang sejak pertama telah mempesonanya.

Keberadaan Audy di rumah keluarga Rashad tentu saja membawa pengaruh yang tidak bisa ditolak oleh para penghuninya. Walaupun Audy tidak becus masak-masih kalah jago daripada Rex-, mudah dibuat emosi oleh kelakuan seenaknya Romeo dan Rafael, namun karena Audy-lah rumah mereka terawat dengan baik. Rumah mereka kembali layak disebut rumah setelah selama ini keadaannya kacau balau sepeninggal kedua orang tua mereka.

Beberapa pemikiran dan pendapat Audy tentang keempat lelaki keluarga Rashad tidak benar 100% sehingga tidak jarang kebenaran tersebut terungkap dengan kocak. Namun ada juga kebenaran yang menyesakkan hati Audy, termasuk kebenaran tentang Regan yang mematahkan hatinya. Hempasan kenyataan yang harus dihadapinya di kemudian hari membuat Audy harus bepikir ulang dengan keputusannya tinggal di rumah yang berisi empat orang laki-laki tersebut. Terlebih lagi ada beberapa kejadian yang dipicu olehnya yang salah satunya menyebabkan Rex dan Rafael dalam bahaya.

Kisah Audy bersama 4R, julukannya kepada empat bersaudara di rumah keluarga Rashad ini merupakan bacaan ringan yang enak dibaca ketika kita tidak banyak pikiran. Alur ceritanya memang mudah ditebak namun penceritaannya yang khas dengan balutan humor dialog dan tingkah laku para tokohnya membuat buku ini banyak digemari oleh anak muda.

Perkembangan karakter para tokohnya cukup terlihat, terutama pada diri Rafael yang sebagai anak kecil yang terlampau cerdas dipaksa tunduk terhadap aturan hidup para orang dewasa. Usaha Audy untuk menjadikan Rafael berkelakuan sebagai bocah seumurannya pantas diacungi jempol. Dia mengajarkan bersikap sopan kepada orang dewasa. Keterikatan Rafael pada Audy yang cukup kuat pun menjadi nilai lebih buku ini.

Meskipun peran keluarga inti Audy yang sebenarnya sedikit terkaburkan karena tuntutan jalan cerita, namun karakter mereka telah tergambarkan di awal cerita. Ayah yang tertipu investasi bodong berkali-kali pun mengalami perkembangan karakter dan berubah tegas menyangkut kehormatan puteri satu-satunya. Ya, walaupun tetap saja keputusan-keputusan keluarga inti Audy masih tetap didasari pada pilihan yang menguntungkan mereka. Namanya juga cerita drama keluarga komedi, he he.

Karakter Regan, Romeo, dan Rex yang loveable, dengan segala kekurangan dan kelebihan masing-masing membuat para pembaca menebak-nebak, dengan siapakah Audy akan mengalami kisah cinta yang berbunga-bunga. Well, for me, I think I already know where Audy will end up with, the feeling is so strong because, hey, it’s Korean drama’s story looks alike, ㅋㅋㅋ

Sensasi rasa seusai baca: 3/5

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s