Sunshine Becomes You

135x200Detail buku:
Penulis: Ilana Tan
Penerjemah: Gita Yuliani K.
Ilustrasi sampul: Satya Utama Jadi
Penerbit: PT. Gramedia Pustaka Utama
Tebal: 568 hlm
Cetakan Oktober 2008
ISBN: 978-979-22-4142-6

Sinopsis:
“Walaupun tidak ada hal lain di dunia ini yang bisa kaupercayai, percayalah bahwa aku mencintaimu. Sepenuh hatiku.”

Ini adalah salah satu kisah yang terjadi di bawah langit kota New York…
Ini kisah tentang harapan yang muncul di tengah keputusasaan…
Tentang impian yang bertahan di antara keraguan…
Dan tentang cinta yang memberikan alasan untuk bertahan hidup.

Awalnya Alex Hirano lebih memilih jauh-jauh dari gadis itu—malaikat kegelapannya yang sudah membuatnya cacat.
Kemudian Mia Clark tertawa dan Alex bertanya-tanya bagaimana ia dulu bisa berpikir gadis yang memiliki tawa secerah matahari itu adalah malaikat kegelapannya.

Awalnya mata hitam yang menatapnya dengan tajam dan dingin itu membuat Mia gemetar ketakutan dan berharap bumi menelannya detik itu juga.

Kemudian Alex Hirano tersenyum dan jantung Mia yang malang melonjak dan berdebar begitu keras sampai Mia takut Alex bisa mendengarnya.

Resensi:
Pertemuan Alex Hirano dan Mia Clark terjadi dengan menyakitkan. Setidaknya untuk Alex yang harus mengalami patah tangan karena tertimpa Mia dari tangga tempat gadis itu mengajar tari. Padahal Alex sedang mempersiapkan konser tunggal di berbagai tempat.

Mia yang merasa bersalah menawarkan diri untuk menjadi pendamping Alex selama masa penyembuhan. Ide tersebut disetujui oleh Alex dan menjadikan gadis itu sebagai pesuruh sekaligus pengurus apartemennya.

Perlahan Mia menyusup ke kehidupan Alex, membuat pria itu menjadi cukup tergantung dengan gadis yang semula dianggapnya sebagai malaikat kegelapan penyebab kesialannya tersebut. Alex jatuh cinta pada kopi buatan Mia. Pun terhadap kegairahan Mia terhadap tarian setelah menyaksikannya menari di sekolah seni pertunjukan yang ternyata sama-sama mereka datangi di New York, Juilliard School of Performace.

Karakter Alex yang dingin, tidak mau didekati, dan susah mengungkapkan perasaan memang berbanding terbalik dengan karakter Ray, adiknya yang ceria, aktif, dan terang-terangan mengaku telah jatuh cinta kepada Mia sejak awal cerita. Bahkan kejadian tertimpanya Alex oleh Mia itu terjadi karena awalnya Ray ingin memperkenalkan gadis yang telah mencuri hatinya itu kepada sang kakak. Namun takdir menyebabkan Ray harus menyaksikan kakak kandungnya itu meraih cinta gadis impiannya.

Pertemuan Alex dengan Mia memang mengubah segalanya, termasuk perasaan Alex yang kemudian tertambat kepada gadis itu. Alex tidak ingin bersaing dengan Ray, namun ketika perasaannya tidak bisa dikendalikan, pria pendiam itu akhirnya menyerah. Dia berusaha mendapatkan Mia.

Sebuah rahasia yang disimpan Mia terbongkar ketika dalam suatu pesta, Alex menemukannya sedang kesakitan. Ternyata alasan mundurnya Mia dari kelompok tari kenamaan yang diikutinya adalah karena alasan kesehatan. Kinerja jantung Mia mengalami kemunduran yang membuatnya cepat lelah dan pingsan mendadak.

Alex sempat merasa bersalah karena memiliki andil membuat Mia cepat lelah dengan bekerja di apartemennya, namun Mia tidak keberatan karena diam-diam gadis itu menikmati kebersamaan mereka.

Hubungan Alex dan Mia yang semakin akrab tidak menyurutkan keinginan Mia untuk melakukan satu hal yang selama ini menjadi impiannya, tampil dalam sebuah pertunjukan tari. Apapun risikonya Mia tetap bersikeras berlatih kembali dengan kelompok tari yang sempat dia tinggalkan. Untuk yang satu ini, bahkan kedua orang tua Mia pun tidak bisa mencegahya. Meskipun mereka bukan orang tua kandung Mia, namun segala usaha telah dilakukan, termasuk mencari donor jatung bagi puteri tunggal mereka tersebut.

Akhir bahagia kah untuk Alex dan Mia?

Seperti biasa karya Ilana Tan selalu mengalir rapi mulai dari, dialognya, karakter para tokohnya, dan tentu saja ide sederhana tentang bagaimana kisah cinta menautkan dua hati manusia dalam berbagai keadaan.

Sayang sekali memang endingnya terkesan terburu-buru. Bagaimana Mia harus menyerah dari segala impiannya, termasuk tidak mengungkapkan secara blak-blakan perasaannya kepada Alex, dan… akhir kisahnya hanya dirangkum dalam beberapa paragraf saja. Sudah, begitu saja.

Buku ini tetap saja menjadi bacaan wajib bagi para fans Ilana Tan dan para pencinta kisah romance lainnya. Setidaknya mereka akan mendapatkan kisah romance manis khas sang Penulis.

Sensasi rasa seusai baca: 3/5

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s