Anti-Stress: Coloring Book For Adults – Fantasia

anti-stress-coloring-book-for-adults---fantasiaDetail buku:
Ilustrasi: Nicholas F. Chandrawienata
Penerbit: PT. Gramedia Pustaka Utama
Tebal: 64 hlm
Cetakan: Desember, 2015
ISBN: 978-602-03244-2-5

Deskripsi:

Semua perkembangan dan kemajuan yang dialami umat manusia berawal dari fantasi. Fantasi adalah berkat yang diberikan Yang di Atas untuk semua umat manusia.

Sejak kecil kita berfantasi tentang makhluk – makhluk khayalan. Sampai akhirnya makhluk fantasi manusia seperti unicorn, peri, dan naga mendunia dan dikenal banyak orang.

Di dalam buku ini bisa Anda temukan berbagai makhluk fantasi seperti burung phoenix, chimaera, sampai kurcaci. Saya berharap buku ini bisa membantu untuk melepas stres, juga memberikan inspirasi kepada Anda.

Mari kita bersama membangkitkan lagi naluri untuk berfantasi seperti anak kecil. Karena dengan berfantasilah kita sebagai manusia bisa terus berkembang. Mari berfantasi dan mewarnai!

Resensi:

Well, it’s my first coloring book I bought as an adult, so, here comes the review of this cool book.

Jujur, saat booming buku mewarnai untuk orang dewasa sejak tahun lalu, aku tidak terlalu tertarik. Mungkin karena aku sudah biasa melepas stress dengan urek-urek buku catatan ya? He he.. Memang aku sempat dua kali tergoda membeli Anti Stress Bali dan Batik, namun entah kenapa kok rasanya masih kurang sreg. Mungkin karena ilustrasi yang disajikan terlalu detail ya, ha ha ha.

Namun ketika kulihat buku ini di akhir tahun 2015 lalu, aku langsung tergugah. Kovernya mantap bergambar makhluk fantasi, Barong mungkin? Gahar saja melihat. Tidak lama Ika pamer di grup wassap Joglosemar kalau dia akhirnya kepincut membeli Anti Stress: Fantasia karena ilustrasi di dalamnya keren-keren, sesuai tema bukunya, penuh makhluk fantasi.

Di awal Januari 2016, saat hendak membeli kado buku untuk bapak, aku mampir ke Gramedia Solo. Karena buku yang diinginkan bapak tidak ada, aku berubah haluan membeli buku ini. So, technically buku ini memang adalah buku yang pertama aku beli di tahun 2016 ini, he he.

Mari kita intip ilustrasi-ilustrasi di dalam Anti Stress Fantasia ini:

20160130_222325Look at the fabulous cover, how can you not fall in love with this book, GAHAR! Kover depan dan belakang hanya menyajikan 3 warna, hitam, putih, dan merah. Ketiga warna ini pilihan yang tepat karena sudah cukup eye catchy sehingga huruf judul bukunya dicetak mencolok dan mengkilap jika tertimpa cahaya. 20160130_222300

20160130_222335Di halaman pertama buku mewarnai ini ada versi berwarna dari ilustrasi halaman kover dengan kombinasi warna gelap untuk tubuhnya dan mencolok untuk detail-detailnya. Sangat menonjolkan karakter kuat dan seram dari makhluk yang bermahkota tengkorak ini. Are you affraid of him? Me too, Hiii…

Nah, ini halaman detail bukunya. Cukup informatif dituliskan di bagian bawah halaman. Ilustrasi di tengah halaman bagus juga kalo diwarnai ya, he he he. Tetapi kalau merasa ilustrasi ini terlalu kecil untuk diwarnai, tenang saja, ada versi satu halaman penuh di dalam buku ini kok ^^.

20160130_222403

Halaman berikutnya adalah deskripsi buku seperti yang aku cantumkan di atas. Sementara di sampingnya langsung berisi ilustrasi seorang wanita dengan burung merak di belakangnya. Hmm, apakah dia jelmaan merak tersebut? Sepertinya warna khas burung merak akan sangat mendominasi ilustrasi ini saat nanti kuwarnai.

20160130_222429Ilustrasi selanjutnya: Naga dan Kesatria! Well, dunia fantasi tidak akan lengkap rasanya tanpa keberadaan mereka berdua. Oh ya, masing-masing ada dua gambar naga dan kesatria di dalam buku ini, namun sengaja kutampilkan yang ini karena keduanya ada di dalam bukaan halaman yang sama, he he

20160130_222518 20160130_222540 Ada juga ilustrasi dewa, entah dari Yunani atau romawi, but you can imagine who he really is freely as you color it, right? Di bukaan halaman yang sama juga ada ilustrasi yang aku anggap sebagai kesatria kegelapan. Berwajah tengkorak dengan baju zirah, dengan latar berapi-api, warna merah-oranye-kuning akan cocok di gambar ini: PANAS!

DNah, selain hanya diminta mewarnai, ada juga beberapa gambar dengan instruksi untuk memberikan detail pada bagian tertentu ilustrasinya. Seperti terlihat pada halaman di samping, pada ilustrasi rusa jantan bertanduk lebar itu ada instruksi untuk memberikan detail pada hiasan tanduknya. Detailnya apa? Tentu saja terserah pada kita yang akan mengembangkan imajinasi kita saat memberi warna ilustrasi tersebut.

Ketebalan kertas di buku mewarnai ini menurutku sudah cukup pas sehingga kita bisa mewarnai menggunakan pensil warna, spidol, crayon, dan mungkin juga cat air. Khusus untuk cat air aku kurang yakin hasilnya akan bagus karena biasanya mewarnai dengan cat air itu sebaiknya menggunakan kertas khusus.

Oh iya, setiap halaman ilustrasi di buku mewarnai ini sudah diberi pattern untuk memudahkan kita melepas halamannnya. Mungkin ini dimaksudkan untuk menyimpan hasil mewarnai kita di file folder khusus mungkin? Namun bagi yang tidak ingin melepasi satu persatu ilustrasi di buku ini, pattern ini cukup mengganggu karena membuat halamannya mudah lepas, bahkan saat kita mewarnanyainya. Aku tidak tahu apakah begitu juga di buku mewarnai lainnya karena aku hanya punya satu buku ini saja.


Nah, itu tadi sedikit kilasan isi buku Anti Stress: Fantasia ini. Sudah cukup menarik minat kalian untuk ikut membeli dan melepaskan stress dengan berimajinasi? Well, tentu tidak afdol jika aku belum menyajikan ilustrasi yang sudah aku warnai ya. Jujur, baru satu ilustrasi yang aku beri warna dan belum sepenuhnya selesai. Here comes the result of last night coloring…20160130_222249

Warnanya memang cenderung tipis karena aku menggunakan pensil warna, tapi aku suka hasilnya karena memberi kesan soft namun bisa ditegaskan pada beberapa detail yang ada. Rencananya warna rambutnya akan aku pertebal, karena aku membayangkan peri bunga berambut merah saat mewarnainya. FYI, pensil warna merk Faber Castle yang kugunakan itu sudah berusia 11 tahun karena kubeli pertama kali tahun 20015 saat aku masih kuliah di jurusan Arsitektur. Untunglah masih bisa dipakai sehingga ke depannya aku masih bisa bermain warna di buku ini ^^.

Sungguh menyenangkan memulai lagi mewarnai ilustrasi-ilustrasi di buku ini. Ingin ikut melepaskan stress dengan mewarnai juga? Silakan beli buku mewarnai yang sudah banyak beredar di toko-toko buku ini ya ^^

Sensasi rasa yang tertinggal: 4/5

7 thoughts on “Anti-Stress: Coloring Book For Adults – Fantasia

  1. Horeeee….komporku berhasil juga, ngahahahahaaaa….
    Padahal aku pengen lihat yang sudah diwarnai full. Ada nggak mbak? Japri wassap ya, heheheee…

  2. Googling review Fantasia karena aku juga ingin nulis review buat buku ini, eh ternyata MbaDan udah pernah review, hihihi. Ini buku mewarnai favoritku so far ♥

Leave a Reply

