Kyoko Hikawa and Her Romantic Works

Bagi para penggemar komik Generasi 90-an pasti sangat mengenal nama Kyoko Hikawa. Mangaka kelahiran Osaka, Jepang ini terkenal dengan beberapa karya fenomenalnya seperti Dunia Mimpi dan Miriam yang semuanya telah terbit di Indonesia.

Saat masih sekolah dulu aku selalu membaca karya Hikawa Sensei dengan meminjam komik-komik cantik a.k.a shoujo manga di persewaan buku langganan. Namun saat itu belum terpikir untuk mengoleksi komiknya karena keterbatasan uang saku, hu hu hu.

Setelah sekian tahun berlalu, aku memutuskan untuk mengoleksi komik-komik karyanya ketika telah terbit versi deluxe-nya di Indonesia. Hitung-hitung mengenang kembali kisah cinta manis dan romantis yang sempat kubaca di masa lalu #eaaa

Ciri khas karya Hikawa sensei adalah ceritanya yang smooth, romantis, gambar yang halus, tokoh pria yang tipe Alpha Male dengan tampilan cool di luar namun berhati lembut, dan tokoh wanita yang kebanyakan cenderung mungil dan ceroboh. Satu lagi, karya Hikawa sensei cukup bebas adegan dewasa, tidak seperti kebanyakan shoujo manga sekarang yang bertebaran adegan percintaan di mana-mana. Mungkin inilah yang menjadikan karya-karya Hikawa Sensei klasik dan pantas dikoleksi.

Kebetulan 15 Februari 2016 adalah hari ulang tahun Hikawa sensei yang ke-59. Ya, beliau sudah cukup berumur namun masih tetap aktif berkarya. Sebuah kebetulan yang membuatku senang karena sejak Divisi Event mengumumkan untuk membuat post kreatif dengan betema romantis, aku tidak ada ide sama sekali harus membuat apa.

Ketika secara tidak sengaja kulihat timbunan koleksi komikku dan melihat sederetan komik Dunia Mimpi deluxe edition koleksiku, kuputuskan untuk membuat sebuah post khusus untuk merangkum beberapa manga beliau yang tentu saja mengedepankan kisah cinta yang manis khas shoujo manga pada umumnya. Saat mencari info tentang Hikawa Sensei inilah aku baru tahu bahwa hari ini adalah hari ulang tahunnya #fansgagal

Nah, mari diintip beberapa karyanya yang sebagian besar ada di rak bukuku dalam versi deluxe-nya ini.

Chizomi & Fujiomi Series (1979)
93760079862884Kisah cinta Chizumi si ceroboh dan Fujiomi yang idaman para gadis di sekolah terdiri dari tiga buku pada edisi awal yang diterbitkan di Indonesia, yaitu: Angin Musim gugur, Pastel Mood, dan Golden Book.

Untuk versi deluxe-nya hanya terbagi menjadi dua buku saja, Angin Musim Gugur dan Golden Book.

Pakem karakter khas karya Hikawa Sensei mulai terlihat di sini dimana tokoh pria selalu bertubuh atletis dan cenderung pendiam bahkan dingin terhadap ornag-orang di sekitarnya, namun bertekuk lutut pada gadis biasa yang seringkali ceroboh. Di balik sikap dingin tersebut, tokoh pria selalu memiliki soft spot di hatinya yang hanya dimiliki oleh si gadis ceroboh tersebut #awww Jujur, pada iri kan dengan karakter Chuziomi itu? Cowoknya ganteng, atletis pula, huahaha

10484761Harmoni – Hoshi no Harmony (1979)
Terdapat dua kisah romantis di dalam komik ini: Wada dan Yukiko dimana cowoknya tegas dan tidak sabaran sedangkan si cewek-lagi-lagi- ceroboh dan tidak bisa bilang tidak.

Sementara pada kisah Sugikake dan Mayuko, karakternya berkebalikan. Mayuko yang perasa dan pernah patah hati harus berhubungan dengan cowok yang aktif dan cenderung terbuka.

Banyak adegan komedi dalam kisah romantis ini, salah satu hal yang juga menjadi ciri khas Hikawa Sensei. Love it as always ^^.

Di Balik Jendela Putih (Shiroi Mado no Mukougawa) (1980)
12915304Kisah cinta dua sahabat sejak kecil, Seiko dan Yoshito tergambar dengan penuh kepolosan. Terlihat perkembangan hubungan mereka yang semula sebagai sahabat menajdi saling suka namun dengan cara mereka masing-masing. Seiko merasa menjadi tidak mengenal lagi sosok Yoshito yang berubah secara fisik menjadi lebih tinggi dan kuat darinya. Sementara Yoshito mulai merasa cemburu melihat gadis itu dekat dengan pria lain.

Duh, gemas membaca dua jilid buku ini yang terangkum menjadi satu jilid saja pada versi deluxe-nya. Walaupun kisah cintanya tipikal cerita di shoujo manga, namun sisi romantisku selalu menyukai kisah cinta manis tanpa banyak konflik seperti ini #lopelope

Mr. Friday (1982)
2116133 (1)Jatuh cinta hanya pada suara? Ide ini berhasil dirangkai dengan ciamik oleh Hikawa Sensei. Yayoi yang kacamatanya mengalami kerusakan harus berjuang keras untuk menuju optik karena minusnya yang cukup parah. Pria penolongnya saat itu jelas tidak terlihat wajahnya karena pandangan yang kabur diperparah dengan turunnya hujan. Yang dia ingat hanya suaranya yang berkharisma #ahoy.

Coba saat aku tidak pakai kaca mata aku bisa bertemu my own Mr. Friday #sigh #berkhayalmodeon

Girls
16226151Kisah cinta tiga orang gadis remaja sukses diolah Hikawa Sensei dengan membuat hubungan antar karakter dan tingkah laku para tokoh yang sering membuat pembaca terhibur. Always love this kind of love story-lah.

Versi deluxe-nya pun sukses aku koleksi saat masih fresh form the oven karena takut kehabisan, he he.

Miriam (1983-1985)

Shoujo manga dengan latar belakang kehidupan Wild West ini terdiri dari 6 jilid. 3 jilid pertama menceritakan latar belakang kehidupan Miriam dan bagaimana dia bisa berada dalam asuhan Grace. Berbagai peristiwa mempertemukan dengan Douglas, pemuda belasan tahun yang di kemudian hari menjadi love crush-nya. Jangan salah, walaupun masih anak-anak, namun Miriam punya karakter unik, pemberani, tomboy, dan kadang kala bertindak lebih dewasa daripada usianya yang sebenarnya.

3 jilid terakhir dalam Miriam aslinya berjudul Jikan wo Tomete Matteite, yang menceritakan tentang kisah Miriam-Douglas dibumbui dengan berbagai konflik khas dunia Wild West yang tentu saja membawa gadis tomboy itu dalam berbagai masalah karena kenekatannya tesebut.

As I said before in another post, I always have a thing with cowboys! So, I fell really hard on this series even before I realize it. Sayangnya dulu aku tidak rajin menabung karena uang sakuku terbatas. Dan sampai saat ini belum ada deluxe version dari Miriam sehingga mau tidak mau aku harus bersabar kembali untuk melengkapi koleksi komik karya Hikawa Sensei ini, hu hu hu.

16147323Romantic Dream – Sorenari ni Romantic (1989)
Kisah cinta dengan perbedaan usia yang cukup jauh dan terasa janggal di Miriam, berlanjut di manga ini. Walaupun akhirnya Miriam dan Douglas bersatu, namun ketidakromantisan cowok itu membuat Miriam kesal. Mungkinkah akan ada keromantisan di kisah cinta mereka berdua? Bahkan ketika bahaya dari masa lalu masih menghantui kehidupan tenang Miriam dan Douglas.

Give me more of western romance love story like this, please ^^

Dunia Mimpi/From Far away – Kanata Kara (1991)
Dunia Mimpi 1 Dunia Mimpi 2 Dunia Mimpi 3 Dunia Mimpi 4 Dunia Mimpi 5 Dunia Mimpi 6 Dunia Mimpi 7
Kisah cinta beda dunia karya Hikawa sensei yang fenomenal ini kukenal saat masih duduk di sekolah menengah. Walau sempat vakum terbit beberapa waktu di beberapa jilid terakhirnya, kisah tentang Noriko, seorang siswi sekolah yang terlempar ke djunia lain saat sedang terjebak dalam sebuah serangan teroris ini tetap aku tunggu-tunggu.

Pertemuan Noriko dengan Izaku/Izark membawanya berpetualang di dunia baru itu dan membuatnya harus belajar bahasa baru untuk berkomunikasi dengan love interestnya di kemudian hari tersebut. Petualang penuh pertarungan yang membuka rahasia besar tentang kehadiran Noriko di dunia baru tersebut semakin terkuak seiring perkembangan cerita yang juga mempertemukan mereka berdua dengan banyak karakter lain.

Sosok Izaku yang so manly dengan sebuah rahasia besar di pundaknya sanggup membuatku terpesona setengah mati dengan karakter fiksi ini. Bahkan style gambar manga cowok-cowok yang kugambar saat itu sangat Izaku sekali, ha ha ha. Oh ya, kalau versi aslinya ada 14 jilid, untuk versi deluxe hanya ada 7 jilid. Oh ya, komik ini memenangkan 35th annual Seiun Award untuk best science fiction comic di tahun 2004.

Fairy Tale Motif Brocade – Otogimoyou Ayanishiki (2005)
2013-01-13 15.17.12
Kisah ‘father complex’ love story tersaji di sini. Suzu, seorang gadis biasa dengan kekuatan supranatural dapat mengendalikan iblis. Sosok yang dipanggilnya ‘ayah’ menghilang dan hanya meninggalkan sebuah seruling yang dihuni sesosok roh yang melindunginya saat dia dalam bahaya. Petualangan Suzu pun berlanjut dengan dan semakin menguak misteri keberadaan sang ‘ayah’. Unsur fantasi lebih terasa di komik ini, bahkan saat membacanya akan membuat sedikit teringat dengan certa Dunia Mimpi dengan setting di Jepang. Walau kisah romantis Suzu dan ‘ayah’ tidak terlalu, namun perlahan tapi pasti keduanya saling menemukan dibumbui kehadiran roh yang menghuni seruling tadi.

Koleksiku untuk serial ini terpaksa tidak lengkap karena jilid 1-nya sudah out of stock saat aku menyadari ada versi original komik ini. Well, it’s better have uncomplete series than have nothing at all #nyesekjugasebenarnya

Fairy Tale Motif Brocade Return – Otogimoyou Ayanishiki Futatabi (2009)
24947362 25053195 204716947
Kelanjutan kisah cinta Suzu dan Shinkurou yang selama ini dipanggilnya ‘ayah’ kembali berlanjut di sini. Selepas buku pertama, keduanya hidup dama sebagai pengikut sebuah keluarga bangsawan Ima. Namun petualangan penuh misteri dan iblis masih saja membayangi keduanya dan kembali berhadapan dengan dunia supranatural yang masih sangat kental di zaman Jepang kuno tersebut.

Untuk yang satu ini aku tidak mau ketinggalan sehingga memutuskan mengoleksinya sejak pertama melihat dua jilid pertamanya di toko buku langganan ^^.


Yak, demikian sekilas info tentang beberapa karya Hikawa sensei yang berhasil aku rangkum dari berbagai sumber. Sayang sekali, seperti kebanyakan para mangka di Jepang pada umumnya, tidak kutermukan foto diri beliau, yang beredar di media online hanyalah gambar chibi version beliau seperti terlihat di bagian awal post ini. Tetapi tidak mengapa, sosoknya yang masih menjadi misteri bagiku ini telah menghiasi masa remajaku dengan karya-karya shoujo manga yang penuh kisah romantis.

Once again, Selamat ulang tahun Hikawa sensei! Semoga sehat selalu dan tetap berkarya!


Post ini dibuat dalam rangka Posbar BBI Bulan Februari 2016 dengan Tema Valentine’s Day.22x4qx

8 thoughts on “Kyoko Hikawa and Her Romantic Works

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s