Safe Haven – Suaka Cinta

21536163

Indonesian edition

Detail buku:
Judul asli: Safe Haven
Penulis: Nicholas Sparks
Penerjemah: Rosemary Kesauly
Desain sampul: Eduard Iwan Mangopang
Penerbit: PT. Gramedia Pustaka Utama
Tebal: 480 hlm
Cetakan 2014
ISBN: 978-602-03-0369-7

Blurb:

Ketika seorang perempuan muda bernama Katie muncul di Southport, kota kecil di Carolina Utara, kedatangannya menimbulkan pertanyaan tentang masa lalunya. Katie yang cantik tampak menutup diri, walaupun beberapa peristiwa akhirnya mendekatkannya pada Alex, duda pemilik toko yang memiliki dua anak, dan pada Jo, wanita lajang yang menjadi tetangganya.

Tetapi ketika Katie mulai jatuh cinta, masa lalunya yang gelap masih terus menghantuinya. Masa lalu yang membuatnya melarikan diri ke Southport. Dengan dukungan Jo yang gigih, lambat laun Katie menyadari dia harus memilih antara kehidupan aman yang hanya sementara, atau kehidupan yang lebih berisiko namun membahagiakan, dan pada saat-saat demikian, cinta menjadi satu-satunya tempat berlindung yang aman.

Resensi:
Kehidupan baru yang aman dan damai ditemukan Katie di Southport. Menempati sebuah pondok mungil di pinggiran kota tersebut, Katie menata kembali hidupnya dengan bekerja sebagai pelayan di Resto Ivan yang harus ditempuhnya dengan berjalan kaki sejauh 3 kilometer. Keberadaan Katie yang menutup diri menarik perhatian Alex, duda beranak dua yang menjalankan sebuah toko kelontong tempat wanita itu berbelanja kebutuhan sehari-harinya.

Sebuah peristiwa kecelakaan yang melibatkan Josh, anak pertama Alex, mendekatkan Katie dengan keluarga pria tersebut. Bahkan anak kedua Alex, Kristen, sudah beberapa waktu sebelumnya selalu berinteraksi dan menyukai wanita yang dipanggilnya Miss Katie setiap datang ke toko ayahnya. Alex yang melihat cara Katie dalam berinteraksi dengan puterinya tersebut merasa bahwa wanita itulah yang pantas menjadi pengganti Carly, istrinya yang meninggal karena tumor otak.

Kehidupan Katie yang menyendiri di pondok Mr. Benson berakhir dengan kedatangan seorang penyewa baru pondok di sebelah. Wanita bernama Jo memasuki kehidupan Katie dan kedekatan mereka membuat Katie menguak sedikit masa lalunya yang kelam kepadanya. Bahkan Jo pula yang mulai menjodoh-jodohkan Katie dengan Alex dengan caranya sendiri meskipun Katie selalu enggan mengakui rasa ketertarikannya kepada pria tersebut.

“Cinta tidak berarti apa-apa kalau kau tidak bersedia membuat komitmen.” Jo, hlm. 276.

Safe_Haven_Cover

Original cover

Alex sendiri menunjukkan ketertarikannya kepada Katie dengan cukup jelas. Dengan dalih ucapan terima kasih atas andil wanita itu dalam menyelamatkan Josh, Alex memberikan harga murah untuk barang yang dibeli Katie, memberikan sebotol anggur bagus, dan juga sepeda untuknya sehingga Katie bisa mengunjungi berbagai tempat di kota tempat tinggal mereka dengan lebih leluasa. Meski awalnya menolak, namun perlahan tapi pasti Alex berhasil memasuki kehidupan Katie. Bahkan dengan tepat dia menebak masa lalu wanita itu dengan latar belakangnya sebagai tentara sebelum akhirnya menjalankan usaha toko kelontong milik keluarga Carly. Hal yang sempat membuat Katie galau karena merasa terancam oleh intuisi tajam Alex.

Ketika kedekatannya dengan Alex semakin nyata, Katie pun mulai menceritakan kisah masa lalunya dengan cukup detail kepada Alex.  Mulai dari kondisi keluarganya dimana kedua orang tuanya adalah pemabuk yang sering bertengkar dan mengusirnya keluar rumah saat dia lulus sekolah. Karena tidak bisa kuliah, Katie menghidupi dirinya dengan bekerja di sebuah bar, tempat dimana dia akhirnya berkenalan dengan suamiya, Kevin Tierney.

“Kurasa tidak seorang pun menjalani kehidupan yang persis dengan yang mereka bayangkan. Kita hanya bisa melakukan yang terbaik, bahkan saat semua terasa mustahil.” Alex, hlm. 298.

Katie merasa menemukan seorang pria yang membuatnya bahagia dan memberinya rasa aman saat perjumpaan pertama mareka. Namun di balik semua itu, setelah menikah dengan Kevin, Katie melihat sosok sebenarnya dari sang suami yang bekerja sebagai penegak hukum tersebut. Kevin yang posesif membatasi pergaulan Katie dengan tetangga di sekitar rumah mereka dan selalu menelepon istirnya tersebut di waktu-waktu yang tertentu. Katie tidak mempunyai ponsel, tidak bisa menyetir mobil, dan hanya mengurus kebutuhan rumah tangga saja. Bahkan Kevin memukulinya saat Katie dirasa melakukan kesalahan. Dan seperti pola yang biasa terjadi dalam kasus KDRT, Kevin selalu meminta maaf setelah melakukan kekerasan kepada Katie, dan masalah selesai.

Sebenarnya Katie tidak diam saja menerima perlakuan suaminya tersebut, dia sudah beberapa kali mencoba melarikan diri namun selalu gagal dan berakhir dengan kemarahan Kevin yang lagi-lagi berujung pada pemukulannya. Untunglah Katie belajar dari pengalaman sehingga diam-diam dia menyusun rencana untuk kabur dari sang suami dengan sangat hari-hati. Ketika pelariannya berhasil, Katie memutuskan untuk meninggalkan semua masa lalunya walaupun sempat beberapa kali nyaris berhasil ditemukan oleh suaminya tersebut.

Dalam ketakutan dan kekhawatiran akan munculnya Kevin di kehidupan barunya, Katie semakin berani membuka diri kepada Alex dan mengambil setiap kesempatan yang ditawarkan pria itu kepadanya. Katie semakin mempercayainya karena pria itu berhasil meyakinkannya bahwa dia mampu meraih mimpinya untuk hidup dengan damai dan tidak dibayangi masa lalunya kembali. Dan ketika Kevin muncul untuk mencari istrinya yang hilang, Katie sudah siap mempertaruhkan nyawanya untuk kebahagiaannya yang baru.


15789401

Movie cover edition

Karakter Katie sebagai korban KDRT terlihat sejak awal cerita, dimana dia terlihat tertutup dan trauma setekah mengalami siksaan lahir batin. Sejalan dengan perkembangan cerita, karakter wanita ini pun berkembang dimana dia bertekad sangat kuat untuk hidup mandiri, menabung untuk bertahan hidup, dan akhirnya memberi kesempatan dirinya untuk bahagia.

Masa lalu Alex yang mengecap kebahagiaan dengan almarhumah istrinya terdeskripsikan dengan gaya khas Nicholas Sparks yang mengagungkan cinta. Carly berpesan kepada Alex untuk mencari melanjutkan hidup dan berupaya berbahagia dengan pengganti dirinya. Usaha keras Alex untuk membersarkan kedua anaknya dengan bantuan beberapa orang terdekatnya berhasil tergambar dengan baik.

Karakter Kevin sebagai suami pelaku KDRT dipicu oleh kebiasaannya mabuk dengan alasan tekanan pekerjan. Namun kepribadian Kevin memang sudah tidak stabil dimana di dalam kepalanya dia selalu mengutip ayat Alkitab untuk membenarkan segala tindakannya. Kevin seperti hidup dalam dunianya sendiri sehingga dia selalu menganggap dirinya benar dan lebih baik dari orang-orang di sekitarnya. Khas para pengidap gangguan jiwa yang tidak mengenal salah untuk segala tindakannya.

Cara Katie melarikan diri berhasil tergambarkan dengan cukup detail setelah beberapa kali tindak kekerasan Kevin kepadanya sukses membuatku ngilu. Sungguh sebuah tindakan kejam atas nama cinta dari sudut pandangnya sendiri, it’s a big no no to KDRT!

Interaksi Katie dengan kedua anak Alex tergambar dengan mulus, bahkan nyaris tanpa masalah karena memang sepeninggal istrinya, baru kali ini Alex dekat dengan wanita lain. Bahkan kekuatan tekad Katie untuk melindungi kedua anak Alex semakin membuat mereka bertiga menjadi dekat.

Sementara itu sebuah rahasia lain terungkap di akhir cerita, membuat Katie seakan mempertanyakan sendiri kewarasannya. Namun wanita itu teringat bahwa kadang-kadang cinta melampaui kemustahilan. Salah satu ide cerita yang tidak biasa aku temukan dalam karya Nicholas Sparks yang selama ini aku baca.

Sayangnya ada beberapa hal yang menurutku kurang pas. Status Katie dengan identitasnya yang baru seharusnya bermasalah setelah masa lalunya yang sebenarnya terbongkar dengan kemunculan Kevin, namun hal ini tidak terjelaskan. Padahal tindakan tersebut menurutku termasuk tindak kriminal juga meskipun perbuatan Kevin terhadap Katie tidak bisa juga dimaklumi.

Terjemahan judul Safe Haven menjadi Suaka Cinta jujur saja langsung membuatku mengernyit heran, karena kata suaka identik dengan dunia flora dan fauna. Walaupun ketika membuka kamus, arti kata suaka sendiri adalah tempat mengungsi (berlindung), menumpang (pada), menumpang hidup (pada); dan ternyata memang itulah terjemahan asli dari arti kata Safe Haven itu sendiri. Namun, mungkin ada pilihan terjemahan yang terasa lebih pas untuk merangkum kisah romantis ini?

Kover yang memperlihatkan pemandangan sebuah pondok beratap merah dikelilingi pepohonan berbalut salju dengan latar belakang langit biru ini memberi kesan damai dan nyaman. Kover ini cukup merangkum isi cerita buku ini dimana akhirnya Katie menemukan kedamaian dan kenyamanan di pondok mungilnya yang cukup terpencil.

Membaca karya Nicholas Sparks selalu membuatku menemukan pesan bahwa kekuatan cinta yang sangat besar mampu mengubah jalan hidup seseorang. Tidak lupa kehadiran beberapa surat penuh ungkapan perasaan salah satu tokoh cerita yang sepertinya menjadi ciri khas Sparks pun tersaji di dalam buku ini. Bagi yang ingin menemukan kisah romantis yang mengagungkan keberadaan cinta dan melalmpaui kemustahilan, silakan baca buku ini.

Sensasi rasa seusai baca: 3,5/5

Sekilas kata:
Aku punya dua versi buku ini, yang pertama versi asli dengan kover versi filmnya, edisi yang sebenarnya salah kubeli di opentrolley karena gambar yang ditampilkan adalah kover yang sebenarnya aku incar, sebuah sepeda dengan keranjang berisi bunga teronggok di sudut kover. Tahun 2014 terbit terjemahannya dan langsung kubeli karena karya Nicholas Sparks selalu merupakan guilty pleasure untukku, Ceritanya selalu romance yang kadar keromantisannya tidak jarang membuat bergidik, namun tetap saja aku mengoleksinya ^^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s