Farewell Secret Santa: Reveal My Own Riddle

SS2015-1-300x300Setelah menunggu selama 1 bulan kurang 1 hari sejak jadwal Posbar Secret Santa di akhir januari 2016 dan tidak ada gelagat sang X untuk menebak identitasku bahkan setelah kunci siapa SS dan siapa target terkuak, kuputuskan untuk membuat post ini sekaligus sebagai salam perpisahan kepada event yang membawaku menjadi seorang BBIers ini.

Seperti diketahui pada post ini bahwa targetku adalah Hanum, si pemilik blog Buchtopia. Untuk membuat riddle untuknya kuakui cukup sulit karena walaupun kami sama-sama berada di grup WhatsApp Joglosemar, targetku ini sangat jarang muncul di grup tersebut. Bahkan ketika dia mendadak berkomentar sudah tahu siapa SS-nya tepat di hari pengumuman SS dan target masing-masing, aku heran dengan kemunculannya. Kebetulan saat itu aku yang pertama mengomentari tentang pengumuman tersebut di grup WA Joglosemar. Dan segera setelah membuka notifikasi yang dikirimkan oleh Chei, aku cuma bisa bengong. Why?

Targetku (X) tidak lain adalah Hanum sendiri. Kenapa dia mengaku sudah tahu siapa SS-nya? Panik dong aku. Mengirim buku saja belum kok sudah ketahuan identitasku. Nggak seru ah. Karena khawatir Chei tanpa sengaja mengirim email pemberitahuan targetku pada sang target, aku segera mencari info dan mendapat konfirmasi kalau tidak terjadi kesalahan dan mungkin targetku hanya iseng berkata sudah tahu identitas SS untuk membuat gentar sang SS.

Well, actually pada Event SS 2014, aku dan X sempat terhubung karena Teh Peni sebagai SS Hanum saat itu menggunakan riddle yang berbau Yong Hwa Oppa, vokalis band Korea CN Blue yang sama-sama kami favoritkan. Tanpa sengaja aku nyamber obrolan curhat Hanum yang mencari bantuan kepada beberapa orang untuk membongkar identitas SS-nya. Hanum langsung ‘nemplok’ padaku saat tahu aku mengaku fans Yong Hwa dan kebetulan memasang gambarnya di header twitterku, membuatnya memaksaku mengaku sebagai SS yang hampir tak tertebak sampai menjelang akhir event.

Saat mengunjungi blog X, aku cukup terkejut karena post terakhir sebelum wishlist SS 2015-nya adalah post review buku dan tebakan evetn SS 2014. Well, ‘pertanda’ tersebut kuabaikan dan aku malah jadi kalap ikut memborong buku dari periplus saat mencari buku yang ada di dalam wishlist targetku tersebut #tutupmuka.

Riddle yang menjadi ‘roh’ event SS sangat krusial untuk membantu para target mencari tahu siapa SS-nya. Jika menggunakan nama blog atau nomor member BBI jelas akan gampang tertebak sehingga harus pandai-pandai membuat riddle yang simpel namun misterius, ha ha ha.

Kuputuskan menggunakan sandi morse sederhana untuk mengungkapkan satu kata yang jelas akan mengungkap identitasku yang sebenarnya karena itulah satu-satunya penghubung kami berdua. Riddle-ku seperti apa sih? Dan apa penjelasan riddle-ku itu? Yuk mari kita lihat bersama:

CRACK THE RIDDLE

See, how easy to cracked my riddle right? Sebenarnya riddle-ku sudah tertebak oleh X ketika kode termudahnya, sebagai 1st hint, terkuak seperti yang terbaca di bawah gambar Baymax favoritnya. Namun X panik sendiri dan terlihat tidak yakin sehingga merayuku dan sang kurir pengirim kado SS untuk membantunya memecahkan riddle. Dia bingung dengan 4 digit angka di kaki Baymax dan juga arti kata di atas karakter animasi yang terlihat enak dipeluk ini.

8144 sebagai 2nd hint adalah selisih nomor member BBI kami. Sementara kalimat U say anything adalah anagram nama belakangku. Well, jujur sebenarnya aku melakukan kesalahan kecil ketika membuat 3rd hint ini. Kalimat di atas Baymax itu adalah arti nama belakangku. But I didn’t write my last name when I registered for the event and also when I joined BBI for the first time, so just a few BBIers knew about my last name #tertawasetanmerah #dikeplakberjamaah I totally forgot about it so when the gift already sent to my X, I just laughed bitterly. Sorry, X!

Sayangnya targetku ini tidak membuat review buku yang kukirim pada waktu yang telah ditentukan. Bahkan sampai hari ini pun tidak ada kabar darinya setelah mendapat warning dari Divisi Event sebagai konsekuensi ketidakdisiplinannya dalam mengikuti event SS. Sedih sih karena ada cukup banyak BBIers yang juga mengalami hal serupa denganku sementara yang lain melakukan hal yang sama dengan yang dilakukan targetku. Bahkan targetku sebagai SS sukses membuat targetnya merasa putus asa karena buku yang dikirimnya tidak kunjung datang. Riddle-nya yang segambreng itu pun tidak terpecahkan oleh sang target dengan jelas #pukpukRen

Kurangnya rasa tanggungjawab, komitmen kuat, dan rasa saling menghargai beberapa orang peserta event SS seperti yang kualami kali ini tentu saja merugikan para BBIers yang aktif mengikuti event khas BBI ini. Kerugian terbesar adalah keputusan Divisi Event untuk menghentikan event SS hanya sampai di tahun 2015 saja.

Sedih? Tentu saja, karena aku bergabung dengan BBI karena tertarik dengan konsep event SS yang di awal keikutsertaanku berjalan dengan cukup lancar dan berhasil mendekatkan para BBIers lama. Di tahun pertama keikutsertaanku itu pula aku menghadiri event IRF 2013 yang menjadi ajang kopdar para BBIers di Museum Bank Mandiri. Sebuah pengalaman berkesan yang tidak terlupakan.

Dalam hati aku masih berharap Event Secret Santa akan muncul kembali di masa mendatang. Sebuah harapan yang mustahil kah dengan kondisi semakin berkurangnya BBIers yang mengikuti event tersebut? Haruskah BBIers regional mengadakan event semacam itu sendiri demi keberlangsungan tradisi khas BBI yang tetap terjaga kesolid-annya?

Well, I don’t have satisfied answer. But for now, goodbye, Secret Santa. Hope we’ll meet again in the future soon #handkerchief.

3 thoughts on “Farewell Secret Santa: Reveal My Own Riddle

  1. Jadi ikut sedih😦

    Yang nakal tuh emang merugikan orang lain dan juga dirinya sendiri. Tapi terutama ke banyak orang lain sih, kan jadinya gini deh hiks

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s