Stay with Me Tonight

25707298Detail buku:
Penulis: Sofi Meloni
Editor: Afrianty P. Pardede
Penerbit: PT. Elex Media Komputindo
Tebal: 280 hlm
Cetakan Juni 2015
ISBN: 978-602-02-6646-6
Pinjam baca ebook di Ijak: 30 April-1 Mei 2016

Blurb:

Mereka bilang hubungan di atas tempat tidur dan cinta itu dua yang berbeda. Katanya lagi hubungan intim bisa dilakukan dengan ataupun tanpa cinta. Dengan cinta? Bullshits..! Cinta itu hanya ada di cerita dongeng belaka, setidaknya itu yang kupercaya sampai aku bertemu dengannya…

Mungkin pertemuan kami diawali dengan cara yang salah dan mungkin juga pada dasarnya dua orang yang sama-sama terluka tidak seharusnya bersama.

Pada akhirnya kami harus mengakui kalau kami adalah dua orang yang salah untuk satu sama lain.

-Ayu-

Resensi:
Kisah cinta para orang dewasa coba disajikan dalam novel debut sang penulis ini. Ide ceritanya sendiri terkait isu yang cukup sensitif yang jarang diangkat dalam romance Indonesia: kisah cinta antara seorang wanita penghibur dan pria pemakai jasanya. It sounds interesting enough, hmm?

Sejak bab pertama sudah tersaji adegan dewasa yang mengawali perjalanan Ayu, sang tokoh utama wanita dalam cerita ini. Ketergesaannya untuk segera pulang ke rumah dan menemui ibunya yang sakit-sakitan serta kegalauannya akan perbuatan yang tidak semestinya dilakukannya tidak menghalangi Ayu untuk kembali ke apartemen 1109, tempat tinggal sang pria.

Perlahan terkuak alasan terjalinnya hubungan Ayu dan sang pria yang ternyata berdasarkan kesepakatan yang terjadi karena keterpaksaan. Ayah tiri Ayu ‘menjual’ anak gadisnya tersebut untuk mabuk-mabukan dan menggerogoti kehidupan bahagia Ayu dan sang ibu.

Jalinan hubungan fisik yang terjadi karena terpaksa tersebut kemudian berkembang menjadi lebih personal ketika sang pria yang sejak awal cerita tidak diketahui namanya itu jatuh sakit dan Ayu terpaksa membawanya berobat ke rumah sakit. Benny Kurniawan, nama sang pria yang masih saja bersikukuh mempertahankan Ayu untuk memuaskan nafsunya selepas meninggalkan rumah sakit.

Kemunculan Ditto, pria dari masa lalu Ayu membuat cerita sedikit bergejolak, begitu juga kemunculan Yuana, mantan tunangan Benny yang tidak rela pria tersebut jatuh ke pelukan wanita lain.

Hidup bersamamya seperti bom waktu yang berhenti pada detik 00:01. Tidak ada yang tahu apakah mesin itu sudah berhenti sepenuhnya atau punya kesempatan untuk kembali bekerja dan meledak begitu saja. hlm.155

Memang masih ada beberapa kelemahan dalam ceritanya, seperti ketidakjelasan setting lokasi di awal cerita, kemunculan Ditto sebagai penyelamat Ayu di setiap acara pernikahan yang didatanginya bersama Ben, serta perubahan karakter Yuana di separuh buku terakhir yang seperti terjadi begitu saja.

I heard someone wishper your name, when I turned around to see who it was, I found myself alone then I knew, it was my heart missing you-Anonymous

Salah satu deskripsi lokasi cerita yang membuatku terpaksa membacanya lebih dari sekali adalah ketika Ben mengamati tempat tinggal Ayu dimana disebutkan:

Bangunan dua lantai yang tengah kuamati memiliki design minimalis dengan pilar-pilar putih bergaya Eropa sudah cukup menunjukkan bahwa penghuni rumah ini punya cita rasa. hlm.228

Sebagai mantan mahasiswi asitektur, setahuku gaya minimalis itu bersih tanpa ornamen dengan prinsip form following function. Hal ini tentu saja bertolak belakang dengan gaya klasik Eropa yang tidak jarang ukuran pilarnya mendominasi ruang dan penuh detail ornamen yang sering berlebihan. Jadi penjelasan gaya minimalis dengan pilar putih bergaya Eropa itu sangat kurang pas ya.

Cerita yg terbagi menjadi dua bagian mencoba memberikan dua sudut pandang dri kedua tokoh utama. Sayangnya bagian kedua terkait sudut pandang Ben pasca perpisahan dengan Ayu kurang tereksplor lebih jauh. Penulis seperti terburu-buru mengantar ke ending cerita yg menjadi kurang greget karenanya.

Semoga penulis bisa menghasilkan karya lain yang lebih rapi lagi di kemudian hari. Atau mungkin sudah ya? Karena kulihat penulis ini telah menelurkan beberapa karya yang masih bergenre romance juga.

Sensasi rasa susai baca: 3/5

Sekilas kata:
Iseng meminjam versi ebooknya di aplikasi Ijak yang sedang ngetop tanpa tahu buku ini tentang apa, selain ini novel romance tentu saja.

Saat pertama membaca bab-bab awal novel ini, entah kenapa aku langsung teringat cerita FSoG. Mungkin karena Ayu yang mau saja diperlakukan seenaknya oleh sang pria pemakai jasanya. Selebihnya sih sudah beda alur ceritanya sama sekali sehingga aku melupakan ingatan sesaatku itu. Nah, sewaktu aku mampir ke Kubikel Romance-nya Sulis yang juga meresensi buku ini, trailler buku ini ternyata menggunakan lagu ost dan beberapa degan dari FSoG! Kebetulan sekali ya ^^

2 thoughts on “Stay with Me Tonight

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s