Melihat Kembali My Reading in 2018 & What’s New in 2019?

pic_1

Source: pexels.com, edited by Daneeollie

Halo, selamat tahun baru 2019!

Lagi-lagi kita bertemu di post awal tahun seperti biasanya. Kali ini rasanya malu sekali untuk mengakui bahwa di tahun 2018 lalu, produktivitas bacaku semakin menukik turun dan menulis di blog ini pun bisa dikatakan mati suri. Bayangkan, di tahun 2018 aku hanya menulis satu post saja dan itu adalah review Reading Challenger di 2017 yang selalu aku lakukan di awal tahun berikutnya! *tutupmuka

Memang di awal 2018 kemarin ada perubahan signifikan dalam kehidupanku, dimana alhamdulillah aku mendapat kesempatan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi dan meninggalkan rutinitas pekerjaan di kantor. Perubahan rutinitas ini tentu saja berdampak pada ritme kegiatanku sehari-hari. Kalau dulu kecapekan lembur di kantor, sekarang berubah menjadi kecapekan duduk mendengarkan dosen mengajar seharian. Walaupun tugas kuliah di semester satu lalu belum terlalu banyak tugas, namun energi yang terkuras selama lima hari di kampus untuk mempelajari kembali cukup banyak material, membuatku tepar di akhir minggu. Jadi saat mudik ke Solo aku sudah tak berdaya dan hanya mager di kamar. Recovery energi-nya sih ya liat drakor di tab atau baca ebook di tab juga, tetapi kecepatannya baca seperti layaknya siput, dan tak kuasa untuk membuka laptop di akhir minggu untuk menulis post di blog. *nangis sesenggukan di pojokan.

Walau tidak ada resensi buku sama sekali di blog ini, namun hampir setiap buku yang aku baca aq beri sedikit komentar di akun Goodreads-ku. Jadi, yang kangen ingin melihat buku apa saja yang aku baca selama tahun 2018, bisa mampir ke Goodreads ya. *iklan

GOODREADS READING CHALLENGE 2018

Seperti biasa di awal tahun kupasang 100 buku, namun seperti biasa juga aku lagi-lagi gagal melanjutkan kecepatan baca di awal tahun yang langsung sikat beberapa buku  dalam waktu singkat. Alhasil di pertengahan tahun aku terpaksa menurunkan target baca menjadi hanya 50 buku saja. Kucoba menambah bacaan yang ringan-ringan saja karena setelah menjalani rutinitas baru di 2018, aku mulai kehilangan gairah baca. Lagi-lagi di akhir tahun aku terpaksa menurunkan target baca menjadi 45 buku dan alhamdulillah masih bisa terkejar di detik-detik akhir pergantian tahun baru, ha3.

Berikut My Year in Books 2018:
screenshot_2019-01-08-16-11-50-626_com.android.browser

 

 

 

 

Like the previous years, most of books I read in 2018 were romance ebook followed by some comics series which I regularly read when they were published. Such a light reading year, right?


So, what’s New in 2019?
Untuk 2019 ini aku hanya ingin mengikuti satu Reading Challenge saja, yaitu Goodreads Reading Challenge 2019 dengan target baca 36 buku saja. Kali ini aku tidak akan muluk-muluk karena jadwal kalender akademik di tahun 2019 untuk mahasiswa Linkage sangatlah padat. Kuharapkan dalam sebulan aku bisa membaca setidaknya Tiga buku, terutama dari timbunan yang tiada habisnya di rak bukuku.

2019 rc

Nah, untuk mendukung Goodreads Reading Challenge 2019 ini, aku mencoba untuk menantang diriku membaca sesuai tema dan jadwal dari Goodreads Indonesia, yaitu:

dv05tliu0aa1thx.jpg large

Semoga rencana sederhana ini bisa lancar ya. Tiga buku per bulan dan setidaknya satu buku sesuai tema dari Goodreads di 2019. Mari mulai kembali membaca, Teman-teman semuanya ^0^!

 

4 thoughts on “Melihat Kembali My Reading in 2018 & What’s New in 2019?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s