Melihat Kembali My Reading in 2020 & What’s New in 2021?

Halo, Selamat Tahun Baru 2021!

Tepat 9 tahun lebih sehari berlalu sejak post pertamaku di blog ini dan aku kembali datang untuk membuat rekap apa saja yang terjadi dengan tantangan bacaku di tahun 2020. Sounds too familiar? Tentu saja, karena setiap awal tahun aku selalu melakukan hal yang sama, namun dengan absen tidak membuat resensi untuk melaporkan progress bacaku setiap bulan, hahahah #plak *tutupmuka

Namun, aku tetap rajin memberi komentar-komentar singkat setiap usai menyelesaikan satu buku kok. Bisa ditengok di akun Goodreadsku di  sini, ya.

My Year in Books 2020 summarised by Goodreads:

Tahun 2020, buku yang aku baca sangat sedikit sehingga menjelang akhir tahun aku menurunkan target menjadi hanya 15 buku saja. Total aku berhasil menyelesaikan 17 buku, turun 7 buku dari target awal sebanyak 24 buku. Dari 17 buku tersebut, 16 buku dalam format ebook, dan hanya satu yang buku fisik. Ini terjadi karena selama 9 bulan pertama aku berada di luar Indonesia sehingga lebih mudah mengakses bacaan melalui aplikasi Gramedia Digital (GiDi) yang aku langgan bersama beberapa orang teman.

9 seri komik Candy-Candy yang kubaca ulang versi digitalnya mendominasi bacaanku di awal tahun. Usaha untuk mengenang kembali bacaan semasa kecil ini memberi kepuasan tersendiri, terlebih akhirnya aku juga bisa mengunjungi Museum Candy-Candy secara langsung pada Summer Vacation 2020. Tahun 2020 kulengkapi dengan 1 seri terupdate Hai Miiko yang menjadi salah satu komik yang aku koleksi. Disusul dengan 7 novel bergenre romance dan 1 buku dengan tema perempuan depresi yang cukup memberi pandangaan tentang masih kentalnya budaya patriaki di Korea Selatan. Tidak ada variasi genre bacaan? Well, nowadays, I just want to read everything I want since reading is one way for me to escape from the real world, so I have to find it as a fun activity, not the burdensome one.


What’s New in 2021?
Untuk 2021 ini akan mengikuti Goodreads Reading Challenge 2021 dengan target baca 60 buku. Walau nggak yakin juga sebulan bisa baca 5 buku sih. Tapi, bismillah saja, hehe.

Tantangan baca GRI sepertinya menarik, jadi kumasukkan saja ke dalam targetku tahun ini. Siapa tahu bisa sejalan, hehe.

Dan yang terakhir aku akan ikut Joglosemar Reading Challenge 2021 yang gagal aku lakukan di 2020. Just have fun saja bersama teman-teman BBI Joglosemar yang masih saja tinggi semangat baca dan timbunannya, hahahaha.Jadi, sudah mulai membacakah, teman-teman semua? Semangat! ^0^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s